Biaya Membersihkan Karang Gigi di Puskesmas 2022 (Scaling)

Biaya Membersihkan Karang Gigi di Puskesmas – Ada berbagai macam orang tidak percaya diri saat berhadapan dengan orang lain di muka umum. Salah satunya saat sedang ada masalah pada mulut seperti bau atau munculnya karang gigi. Selain itu adanya dua permasalahan tersebut akan mengganggu.

Untuk permasalahan tersebut bisa diatasi dengan cara yang berbeda. Mengenai permasalahan munculnya karang gigi, cara ampuh untuk mengatasinya adalah dengan melakukan pembersihan. Di mana membersihkan karang gigi tersebut bisa dilakukan di klinik gigi, puskesmas atau rumah sakit.

Berbicara mengenai membersihkan karang gigi tersebut, tentu para penderita atau Anda yang ingin melakukan pembersihan bertanya akan uang diperlukan guna biaya membersihkan karang gigi. Karena seperti Anda ketahui urusan perawatan dan penjagaan memerlukan sebuah biaya tersendiri.

Nah pada pembahasan kali ini sendiri kodebpjs.com akan sajikan informasi mengenai biaya membersihkan karang gigi di puskesmas baik menggunakan BPJS maupun tanpa BPJS. Jadi, bagi Anda yang penasaran akan biaya membersihkan tersebut, simak dan ikuti pembahasan ini sampai akhir.

Biaya Membersihkan Karang Gigi di Puskesmas Scaling

Penyebab Karang Gigi Muncul

Namun sebelum berlanjut ke pembahasan utama mengenai biaya membersihkannya, alangkah baiknya Anda mengetahui apa penyebab yang menjadikan karang gigi muncul. Penyebab utama timbul karang gigi adalah munculnya plak atau lapisan lengket yang menempel di permukaan gigi. Plak akan terbentuk akibat:

  • Kebersihan gigi dan mulut kurang terjaga akibat jarang gosok gigi.
  • Kebiasaan konsumsi makanan dan minuman mengandung gula berlebih.
  • Kebiasaan merokok dan konsumsi minuman beralkohol.
  • Mulut kering dikarenakan efek samping dari obat-obatan, penyakit automium, gangguan teroid dan gangguan mulut lain.

Biaya Membersihkan Karang Gigi di Puskesmas

Jika sudah tahu apa penyebab yang menjadikan gigi berkarang di atas, selanjutnya Anda tinggal mengetahui biaya membersihkannya. Seperti yang tertera di judul di atas, di mana yang akan di bahas adalah biaya bersihkan karang gigi di puskesmas. Secara umum besaran membersihkan hampir sama di seluruh puskesmas – puskesmas di tanah air.

Membersihkan di puskesmas Jogja, puskesmas Jambi, puskesmas Batam dan puskesmas daerah lain di tanah air hanya berkisar di angka Rp 50.000 – Rp 150.000. Biaya membersihkan tersebut merupakan biaya umum atau biaya membersihkan tanpa menggunakan kepesertaan BPJS Kesehatan. Jika Anda merupakan peserta BPJS Kesehatan maka tidak dikenakan biaya namun 1 tahun 1 kali.

Selain itu, biaya scaling maupun pembersihan karang gigi juga akan dipengaruhi beberapa hal layaknya operasi gigi atau penganan kesehatan lain. Di mana beberapa faktor seperti tingkat kebersihan mulut, jenis fasilitas kesehatan hingga tingkat kesulitan pembersihan juga akan berpengaruh pada biaya.

Namun bisa dipastikan membersihkan karang gigi di puskesmas jauh lebih terjangkau biayanya di bandingkan saat melakukan pembersihan di rumah sakit, klinik, dan dokter praktek gigi. Jadi tidak membebankan maupun memberatkan para pasien saat ingin lakukan pembersihan karang gigi.

Prosedur Membersihkan Karang Gigi

Prosedur Membersihkan Karang Gigi

Jika sudah tahu besaran biaya membersihkan di atas, berikutnya Anda tinggal mengetahui prosedur atau langkah dalam pemprosesan pembersihan karang giginya. Ada beberapa tahapan atau prosedur yang perlu dilewati saat membersihkan karang gigi di puskesmas, ini dia prosedur tersebut.

1. Tahap Pemeriksaan

Tahap awal ialah tahap pemeriksaan, di mana dokter akan mulai melakukan pemeriksaan kondisi rongga mulut pasien secara keseluruhan dan mengamati karang gigi yang akan dibersihkan. Selain itu, dokter akan menanyakan riwayat kesehatan pasien seperti riwayat jenis penyakit atau obat-obatan yang dihindari.

2. Tahap Pembersihan

Jika tahap pemeriksaan dan pasien dinyatakan siap untuk tahap pembersihan karang gigi, maka dokter akan memulainya. Di dalam tahap membersihkan ini dokter akan menggunakan alat ultrasonic scaler yang akan membantu merontokkan karang gigi dengan gaya getaran sehingga membuat karang gigi terlepas.

Mengenai tahap pembersihan karang gigi ini dilakukan secara menyeluruh, dengan artian gigi di rahang atas dan rahang bawah akan dibersihkan. Bahkan bukan tidak mungkin akan melakukan pada area karang gigi yang tersembunyi di sela-sela gigi maupun gusi, itu semua harus dibersihkan.

3. Tahap Akhir

Tahap akhir dalam membersihkan karang gigi yaitu dokter akan mengoleskan sebuah pasta khusus ke gigi dan mulai menyikat secara pelan dengan menggunakan sikat khusus bertujuan menghaluskan permukaan gigi. Selain itu, tahap ini juga jadi salah satu tahap finishing guna membuat gigi dan rongga mulut terasa lebih segar.

Tips Hindari Karang Gigi

Selain mengetahui penyebab, biaya dan prosedur membersihkan karang gigi di atas. Berikutnya Anda perlu untuk mengetahui tips agar terhindar dari munculnya karang gigi. Untuk pencegahan bisa dilakukan secara mandiri sebelum Anda lakukan pembersihan atau scaling di puskesmas.

1. Rajin Sikat Gigi

Selalu rajin sikat gigi, minimal 2 kali sehari dan lakukan penyikatan sampai benar-benar ke celah-celah gigi yang rawan dengan munculnya karang gigi. Selain itu pastikan juga selalu gunakan pasta gigi yang tepat.

2. Gunakan Benang Gigi

Untuk tips menghindari gigi selanjutnya Anda bisa lakukan penggunaan benang gigi dalam proses pembersihannya. karena seperti diketahui sendiri jika penggunaan benang dapat membersihkan sela-sela maupun bagian terpencil di bandingkan karang gigi.

3. Gunakan Obat Kumur

Selain itu Anda juga bisa menggunakan obat kumur setelah melakukan dua hal di atas. Tujuannya agar lebih bersih lagi dalam membasmi atau mencegah karang gigi muncul dan membuat rasa tidak nyaman.

4. Hentikan Kebiasaan Merokok

Disisi lain, tips menghindari lainnya adalah dengan menghentikan kebiasaan merokok. Karena bahan kimia yang terkandung dalam rokok akan membuat karang gigi mudah menempel.

5. Selalu Menjaga Pola Makan

Tips atau cara pencegahan terakhir agar terhindar dari karang gigi, bisa dilakukan dengan selalu menjaga pola makan. Karena dengan makan makanan sembarangan bisa saja membuat karang gigi cepat munculnya.

Jadi guna bisa terhindar dari karang gigi, selalu lakukan beberapa hal di atas agar nantinya terhindar dari munculnya karang gigi yang bisa membuat Anda tidak percaya diri. Jangan anggap sepele karang gigi, karena bisa membuat muncul masalah lain jika diabaikan.

Berapa Kisaran Membersihkan Karang Gigi di Rumah Sakit?

Lalu bagi Anda yang ingin membersihkan karang gigi di rumah sakit atau klinik, perlu untuk menyiapkan biaya lebih. Itu dikarenakan biaya akan jauh lebih mahal dibandingkan dengan membersihkan di puskesmas. Bisa juga simak tabel kisaran membersihkan karang gigi di bawah ini.

FASILITAS KESEHATANKISARAN BIAYA
BPJS KesehatanGratis (1 tahun sekali)
Klinik Gigi SwastaRp 200.000 – Rp 800.000
Rumah SakitRp 80.000 – Rp 800.000

Di setiap rumah sakit nantinya akan memiliki biaya berbeda tergantung dengan kelengkapan peralatan, sulitnya proses pembersihan dan lainnya. Sehingga tidak mungkin membersihkan di rumah sakit akan memberikan biaya membersihkan yang sama.

Demikian kiranya pembahasan terkait biaya, tarif, atau ongkos melakukan pembersihan karang gigi maupun scaling yang dapat kodebpjs.com sajikan. Semoga adanya pembahasan terkait biaya membersihkan karang gigi di atas bisa manfaat bagi semua.