√ Biaya Periksa THT di Puskesmas 2021 : Sedot Kotoran & Membersihkan

Biaya Periksa THT di Puskesmas – Bermasalah pada panca indra di tubuh tentunya merupakan permasalahan serius. Dengan begitu, penanganan tepat menjadi hal yang harus segera dilakukan.

Seperti misalnya terjadi masalah di indra pendengaran, nantinya akan membuat seorang berubah perilakunya. Dan di masalah indra pendengaran atau telinga sendiri umumnya berupa penumpukan kotoran.

Jika masalah karena kotoran mungkin bisa diatasi sendiri dirumah dengan meminta bantuan kepada keluarga. Biasanya periksa, angkat atau membersihkan kotoran ini menggunakan cotton bud.

Namun, disisi lain banyak orang yang kerap tidak berani dalam membersihkan telinga sendiri dan lebih memilih periksa di dokter spesialis THT, poliklinik, RS atau periksa di puskesmas. Selain itu penanganan akan jauh lebih profesional.

Biaya Periksa THT di Puskesmas Sedot Kotoran Membersihkan

Nah terkadang saat periksa tersebut banyak yang menanyakan seputar biaya atau tarif yang diperlukan. Dengan begitu, pada pembahasan berikut kodebpjs.com akan sampaikan mengenai biaya jika Anda periksa THT di puskesmas.

Apa Itu THT?

Apa Itu THT

Untuk pemahaman, sebelum ke pembahasan mengenai biaya atau tarif diperlukan. Anda terlebih dahulu harus tahu pengertian apa itu THT, sehingga nantinya lebih jelas dan paham lagi.

THT sendiri merupakan singkatan dari Telinga Hidung Tenggorokan. Di mana penyakit THT kerap terjadi di telinga bagian luar, tengah, maupun dalam oleh seseorang yang pernah.

Penyakit THT juga memiliki gejala berupa nyeri, pendengaran berkurang, tubuh demam/panas, bahkan sampai keluar cairan. Nah, untuk bisa mendiagnosis biasanya periksa ke dokter THT, poliklinik THT atau puskesmas.

Sehingga nantinya masalah akan dapat ditangani sesuai prosedur dan standar yang menjadi ketentuan. Selain itu, penggunaan alat medis modern juga akan lebih mempermudah pemeriksaan telinga yang bermasalah.

Biaya Periksa THT di Puskesmas

Biaya Periksa THT di Puskesmas

Untuk biaya umum jika melakukan pemeriksaan THT di dokter spesialis, maka bisa dikenakan biaya kiranya Rp 200.000–Rp 450.000 sekali pertemuan. Itu akan tergantung dengan ketentuan dokter dan setiap dokter berbeda.

Sedangkan untuk periksa THT di puskesmas sendiri tentunya akan jauh lebih terjangkau atau murah dari pada pemeriksaan di dokter spesialis. Bisa saja hanya Rp 50.000 – Rp 200.000 saja.

Selain itu, tarif atau biaya periksa THT di Puskesmas setiap daerah juga akan berbeda. Seperti biaya periksa telinga di Surabaya, Pasundan, Jogja, Malang dan puskesmas terdekat lainnya jelas akan berbeda satu sama lain.

Apakah Biaya Bersihkan Telinga Ditanggung BPJS?

Apakah Biaya Bersihkan Telinga Ditanggung BPJS

Terkadang juga banyak pertanyaan seperti ini muncul, terutama bagi para peserta BPJS yang memiliki masalah di telinganya. Namun saat ingin melakukan pemeriksaan khawatir akan besaran biaya maupun tarifnya.

Tidak perlu khawatir akan hal ini, karena peserta BPJS Kesehatan bisa memanfaatkan kartu kepesertaannya untuk menanggung biaya perawatan THT di puskesmas maupun dokter spesialis THT.

Jadi, jika pemegang kartu BPJS Kesehatan ingin sedot kotoran atau membersihkan telinga bisa digunakan. Karena fasilitas ini ditanggung oleh sistem Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Dengan begitu, biaya atau tarif akan lebih terjangkau. Bahkan bisa saja, gratis jika masalah di telinga tidak terlalu serius. Namun dengan catatan, jika ingin berobat di dokter atau poliklinik spesialis THT, pasien harus telah periksa diri dahulu di dokter umum yang berada di Fasilitas Kesehatan Tingkat I (puskesmas).

Mungkin itu salah satu manfaat yang didapatkan oleh peserta jaminan sosial ini. Di mana ada cukup banyak PENYAKIT YANG DITANGGUNG OLEH BPJS, tidak terkecuali masalah pada THT ini sendiri.

Bahaya atau Risiko Membersihkan Telinga Sendiri

Bahaya atau Risiko Membersihkan Telinga Sendiri

Lalu untuk bahaya atau risiko membersihkan kotoran telinga sendiri tanpa ke dokter THT, besar kemungkinan akan memunculkan beberapa hal yang membahayakan. Di antara lain permasalahan kerap dialami oleh orang yang membersihkan sendiri seperti:

1. Kotoran Menumpuk

Bahaya pertama bisa datang karena kotoran buka terangkat justru masalah menumpuk. Biasanya diakibatkan jika pengorekan dilakukan dengan cotton bud dengan ukuran cukup besar.

2. Cedera

Biasanya ini diakibatkan oleh pengorekan kotoran yang terlalu dalam, sehingga melukai bagian dalam telinga. Permasalahan ini kerap tidak disadari dan ternyata efeknya cukup mengerikan.

3. Infeksi

Masih berkesinambungan dengan hal di atas, jika sampai pembersihan sampai mengalami cedera maka bisa juga menyebabkan infeksi. Dengan begitu, periksa di dokter THT, periksa di poliklinik atau periksa di puskesmas merupakan tindakan yang tepat dan benar.

Kiranya itu saja yang dapat kodebpjs.com sampaikan mengenai informasi biaya, tarif, atau uang diperlukan saat periksa THT di puskesmas. Untuk mengantisipasi pembengkakan biaya, sebelum datang ke puskesmas alangkah baiknya siapkan uang lebih.