√ Biaya Operasi Mata Juling 2022 : BPJS & Non-BPJS

Advertisements

Biaya Operasi Mata Juling – Sebagai penderita mata Juling tentu kalian kerap mengalami berbagai masalah dalam penglihatan. Bagi yang belum tahu, mata Juling merupakan kondisi dimana kedua mata memiliki posisi tidak sejajar sehingga mengakibatkan penglihatan tidak searah.

Mata Juling (Strabismus) sebenarnya bukan gangguan medis yang fatal, sebab penderita mata Juling bisa disembuhkan dengan jalur Operasi. Jika demikian, berapa sih biaya Operasi mata Juling? Apakah mencapai puluhan juta rupiah?

Mengenai pertanyaan seputar biaya Operasi mata Juling, jawaban selengkapnya telah kami siapkan pada artikel berikut. Jadi bagi kalian yang membutuhkan informasi biaya menjalani Operasi mata Juling wajib simak pembahasan kali ini sampai akhir.

Advertisements

Selain itu kami juga punya penjelasan seputar ketentuan biaya Operasi tersebut untuk pasien peserta BPJS dan pasien Umum. Baiklah, daripada semakin penasaran langsung saja simak penjelasan selengkapnya dibawah ini.

Gejala Penderita Mata Juling

Gejala Penderita Mata Juling

Advertisements

Seperti kami sebutkan diatas bahwa mata Juling atau Strabismus merupakan salah satu gangguan medis berupa posisi kedua mata tidak sejajar sehingga menyebabkan gangguan penglihatan. Sementara itu, berdasarkan informasi yang kami peroleh, ada beberapa indikasi atau gejala orang menderita mata Juling, antara lain :

  • Posisi bola mata terlihat tidak sejajar
  • Kesulitan saat memperkirakan jarak suatu benda
  • Penglihatan kabur / Blur untuk jarak tertentu
  • Memandang ke arah yang tidak sesuai saat berbicara berhadapan
  • Cenderung memiringkan kepala ketika melihat suatu benda
  • Sering menyipitkan mata ketika terkena sinar matahari
  • Mata cepat lelah
  • Sering merasa sakit kepala

Jika kalian mengalami salah satu gejala diatas, kami sarankan untuk segera melakukan periksa mata di Puskesmas, Klinik atau Dokter mata di Rumah Sakit. Dengan begitu, penyakit mata Juling bisa langsung ditangani sebelum kondisinya memburuk.

Faktor Penyebab Strabismus

Kemudian sama seperti Katarak dan penyakit mata lainnya, mata Juling juga memiliki beberapa faktor yang menjadi penyebab. Nah, apa saja penyebab mata Juling? Simak informasi selengkapnya dibawah ini :

  • Faktor keturunan
  • Mengidap Rabun Jauh / Rabun Dekat
  • Mata terlalu lelah karena sering menonton video di HP / TV dalam waktu lama (khusus anak-anak dibawah 5 tahun)
  • Terkena Infeksi Campak
  • Menderita penyakit Diabetes

Cara Mengobati Mata Juling

Setelah mengetahui beberapa gejala sekaligus penyebab mata Juling, sekarang mari kita lanjut ke metode pengobatan yang diterapkan untuk gangguan medis tersebut. Bagi kalian yang mungkin merupakan salah satu penderita mata Juling mau tidak mau harus melakukan Operasi untuk mengobati nya.

Untuk menjalani Operasi mata Juling kalian perlu menyiapkan biaya sesuai ketentuan yang berlaku di Rumah Sakit tempat Operasi mata Juling. Biaya menjalani Operasi ini juga beragam, tergantung metode yang digunakan, fasilitas hingga status pasien (BPJS atau Non-BPJS).

Sebenarnya penderita mata Juling bisa kembali memperoleh penglihatan normal dengan cara mengkonsumsi obat khusus penderita mata Juling atau menggunakan alat bantu berupa Kacamata. Namun cara ini tentu saja hanya berlaku sementara, bahkan Kacamata yang digunakan harus selalu ganti jika pengguna sudah merasa tidak nyaman.

Hal-Hal yang Perlu Disiapkan Sebelum Menjalani Operasi Strabismus

Hal Hal yang Perlu Disiapkan Sebelum Menjalani Operasi Strabismus

Jika sudah memikirkan matang-matang untuk menyembuhkan mata Juling lewat jalur operasi, maka kalian harus tahu beberapa hal yang perlu disiapkan sebelum menjalani Operasi Strabismus, antara lain :

  • Memilih lokasi Operasi mata Juling (Rumah Sakit, Klinik Mata dan sejenisnya) terbaik dan sudah berlisensi tentunya
  • Menyiapkan kondisi fisik dan mental
  • Melakukan Konsultasi ke Dokter Spesialis Mata
  • Puasa minimal 1 hari sebelum Operasi dilakukan
  • Menyiapkan semua berkas persyaratan menjalani pengobatan tersebut sesuai peraturan Rumah Sakit
  • Menyiapkan biaya Operasi

Biaya Operasi Mata Juling

Biaya Operasi Mata Juling

Kemudian untuk kalian yang belum tahu berapa besar biaya yang diperlukan untuk melakukan Operasi mata Juling, disini bakal kami jelaskan secara lengkap. Jadi seperti kami singgung diatas bahwa biaya menjalani Operasi ditentukan dari status pasien, yaitu pasien BPJS dan pasien Non-BPJS.

Dari kedua status pasien tersebut mempunyai perbedaan biaya yang cukup besar, yaitu antara 80% – 100%. Selain itu, biaya operasi mata Juling juga ditentukan dari kebijakan Rumah Sakit hingga fasilitas dan pelayanan yang diberikan. Supaya lebih jelas, silahkan simak informasi selengkapnya dibawah ini :

1. Pasien BPJS

Untuk pasien penderita mata Juling yang terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan, seluruh biaya Operasi nantinya bakal menjadi tanggung jawab pihak BPJS Kesehatan. Hal ini dikarenakan mata Juling masuk dalam daftar penyakit yang ditanggung BPJS Kesehatan.

Bahkan pasien juga bisa klaim Kacamata untuk kebutuhan Pasca Operasi tanpa biaya sepeserpun alias Gratis. Namun ingat, dalam menggunakan BPJS Kesehatan untuk keperluan Operasi mata Juling, setiap peserta wajib memenuhi segala syarat dan ketentuan yang berlaku.

2. Pasien Non-BPJS

Lalu untuk pasien penderita mata Juling yang tidak terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan (Pasien Umum / Pasien Non-BPJS) wajib menyiapkan biaya untuk melakukan Operasi tersebut. Biaya yang diperlukan antara 2.5 juta sampai dengan 30 juta rupiah. Sekali lagi, besaran biaya disesuaikan dengan fasilitas pelayanan, metode Operasi dan lain sebagainya.

Demikianlah penjelasan dari kodebpjs.com mengenai tarif Operasi mata Juling untuk pasien BPJS maupun pasien Umum (Non-BPJS). Selain itu, diatas kami juga menyebutkan informasi soal gejala, penyebab hingga hal-hal yang harus disiapkan sebelum melakukan pengobatan mata Juling melalui jalur Operasi. Semoga ulasan kali ini bermanfaat bagi kalian penderita mata Juling yang belum tahu seputar biaya Operasi dari penyakit tersebut.

Advertisements