√ Biaya Pasang Ring Jantung 2022 : BPJS & Non-BPJS

Advertisements

Biaya Pasang Ring Jantung – Sebagai penderita penyakit Jantung, pastinya kalian harus segera melakukan pengobatan. Sebab Jantung merupakan salah satu organ vital yang kesehatan nya harus tetap terjaga.

Bicara mengenai pengobatan penyakit Jantung, saat ini banyak pasien penderita penyakit tersebut yang memilih untuk pasang Ring Jantung. Cara ini diklaim sangat efektif untuk menjaga maupun mengembalikan kesehatan Jantung seperti sediakala.

Lalu berapa biaya yang diperlukan untuk pasang Ring Jantung? Mengenai biaya tindakan medis tersebut disesuaikan metode dan fasilitas yang diberikan. Selain itu, biaya pasang Ring Jantung juga ditentukan berdasarkan jenis pasien, yaitu pasien Umum maupun pasien yang menggunakan kartu BPJS Kesehatan.

Advertisements

Sementara itu, selain biaya pemasangan, kalian juga harus memikirkan biaya rawat inap dan lain-lain pasca pemasangan Ring Jantung. Baiklah, supaya lebih jelas silahkan simak informasi selengkapnya mengenai biaya-biaya penanganan medis tersebut dibawah ini.

Apa Itu Ring Jantung ?

Apa Itu Ring Jantung

Advertisements

Sebelum kami jelaskan lebih lanjut, terlebih dahulu kami ingin menjelaskan sedikit mengenai apa itu Ring Jantung. Jadi Ring Jantung merupakan merupakan proses memasukkan alat semacam kawat melalui pembuluh darah menggunakan alat bernama Seldinger.

Bahan kawat yang dimasukkan ke pembuluh darah juga pastinya terbuat dari bahan yang tidak sembarangan. Ring Jantung sendiri terbuat dari bahan Logam seperti Pen dengan panjang antara 10 sampai 40 mm serta memiliki diameter 2 sampai 4.5 mm

Kapan Harus Pasang Ring Jantung ?

Proses ini bertujuan agar memperlebar maupun membuka kembali pembuluh darah di Jantung. Tindakan semacam ini juga kerap dipilih oleh para Dokter Spesialis Jantung guna menangani pasien serangan Jantung dan Jantung Koroner. Ada kondisi khusus dimana pasien tersebut perlu bahkan wajib menjalani proses pasang Ring Jantung. Kondisi tersebut, yaitu ketika terjadinya kebocoran atau pecahnya plak sehingga menyumbat pembuluh darah Koroner.

Dengan begitu, pasokan darah yang mengalir ke Jantung semakin berkurang dimana hal tersebut nantinya bisa berdampak kerusakan otot dan serangan Jantung. Apabila hal tersebut tidak segera ditangani, maka bisa menimbulkan risiko berupa komplikasi penyakit, gagal Jantung hingga berujung kematian.

Apa Saja yang Perlu Disiapkan Sebelum Pasang Ring Jantung ?

Apa Saja yang Perlu Disiapkan Sebelum Pasang Ring Jantung

Kemudian bagi kalian yang mungkin sedang mengalami kondisi seperti diatas dan berniat melakukan pasang Ring Jantung, terlebih dahulu kalian perlu mempersiapkan beberapa hal sebagai berikut :

  • Menyiapkan fisik dan mental
  • Mencari Rumah Sakit dengan Dokter Jantung terbaik
  • Melakukan konsultasi dengan Dokter Spesialis Jantung
  • Menyiapkan biaya pasang Ring Jantung
  • Menyiapkan biaya rawat inap dan pelayanan lain pasca pemasangan Ring Jantung

Biaya Pasang Ring Jantung

Biaya Pasang Ring Jantung

Setelah menyimak beberapa informasi diatas, sekarang sampailah kita pada inti pembahasan yaitu mengenai berapa biaya pasang Ring Jantung. Berikut ini telah kami siapkan penjelasan seputar biaya melakukan proses medis tersebut, baik untuk pasien BPJS maupun pasien Umum (Non-BPJS).

Jadi bisa dibilang biaya pasang Ring Jantung ini lebih murah daripada biaya operasi Jantung bengkak dan bocor yang bisa mencapai ratusan juta rupiah. Sedangkan untuk pemasangan Ring Jantung, biaya yang diperlukan kurang lebih sebagai berikut :

Pasien Umum

Bagi kalian para pasien Umum (Non-BPJS) penderita penyakit Jantung yang ingin pasang Ring Jantung, kalian perlu menyiapkan biaya antara 40 sampai dengan 80 juta rupiah. Besar kecilnya biaya yang dikeluarkan menyesuaikan jumlah Ring Jantung yang dipasang, tingkat kesulitan serta fasilitas dari Rumah Sakit tempat menjalani pemasangan Ring Jantung.

Begitu juga untuk biaya pasca pemasangan, masing-masing Rumah Sakit pastinya menerapkan ketentuan biaya rawat inap, obat-obatan dan pelayanan lainnya. Oleh karena itu, kami sarankan untuk menyiapkan budget antara 50 sampai 100 juta rupiah sebagai biaya pasang dan biaya pasca pemasangan.

Pasien BPJS

Sedangkan untuk pasien BPJS, kalian tidak perlu keluar uang sedikitpun jika ingin memasang Ring Jantung. Sebab, tindakan medis ini merupakan salah satu jenis layanan yang ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Namun ingat, dalam  menggunakan layanan ini pastikan kalian sudah memenuhi semua persyaratan operasi menggunakan BPJS Kesehatan.

Selain biaya pasang, nantinya BPJS Kesehatan juga bakal menanggung seluruh biaya rawat inap, obat-obat dan lain sebagainya. Dengan begitu, menjadi peserta BPJS Kesehatan memang memberi banyak manfaat, khususnya bagi masyarakat yang kurang mampu.

Itu saja penjelasan dari kodebpjs.com mengenai biaya pasang Ring Jantung untuk pasien Umum maupun pasien BPJS Kesehatan. Selain itu, diatas kami juga menyematkan informasi seputar apa itu Ring Jantung, manfaat hingga hal-hal yang perlu disiapkan sebelum menjalani pemasangan Ring Jantung.

Advertisements