√ Biaya Periksa Mata di Puskesmas 2021 : BPJS & Tanpa BPJS

Biaya Periksa Mata di Puskesmas – Mata yang menjadi salah satu indera pada tubuh manusia, fungsi dan peran mata memang sangat penting. Dengan begitu, menjaga dan merawat mata menjadi salah satu keharusan yang perlu bagi setiap orang.

Dalam menjaga apakah mata selalu sehat tersebut ada beberapa cara, salah satunya yaitu dengan melakukan periksa mata di dokter maupun layanan kesehatan. Seperti misalnya melakukan periksa mata di RS, puskesmas, klinik dan optik.

Namun pada pembahasan ini kodebpjs.com akan menyampaikan informasi mengenai biaya periksa kesehatan mata di puskesmas. Karena banyak orang yang bertanya mengenai biaya atau tarif yang di perlukan saat menjalani pemeriksaan.

Mengenai biaya sendiri hampir sama seperti kebanyakan periksa penyakit lainnya, seperti misalnya biaya BIAYA PERIKSA THT, USG dan lainnya. Di mana nantinya biaya akan tergantung dengan jenis penanganan apa yang nantinya akan dilakukan.

Biaya Periksa Mata di Puskesmas BPJS Tanpa BPJS

Untuk lebih jelas mengenai biaya periksa mata tersebut dan menjawab rasa penasaran Anda, berikut akan disampaikan secara jelas di bawah ini. Jadi, terus ikuti pembahasan ini sampai akhir agar nantinya rasa penasaran akan biaya dan tarif bisa terjawabkan.

Tujuan Periksa Mata

Tujuan Periksa Mata

Untuk tujuan pemeriksaan mata sendiri yaitu mengetahui dan memantau kondisi kesehatan mata agar terhindar dari penyakit mata yang bisa menyerang. Dengan begitu, jika ada kondisi gangguan mata bisa langsung di ketahui dan langsung di tangani.

Tidak hanya itu saja, periksa mata juga memiliki tujuan untuk membuat resep lensa kontak atau kacamata jika pasien mengalami gangguan penglihatan dan membutuhkan bantuan kacamata. Di mana nantinya Anda hanya konsultasikan saja dengan dokternya.

Jenis Pemeriksaan Mata

Jenis Pemeriksaan Mata

Dalam pemeriksaan mata sendiri, bisa dibilang ada beberapa jenis pemeriksaan yang nantinya bisa dilakukan oleh tenaga medis atau dokter. Di mana jenis tersebut akan tergantung dengan indikasi penyakit mata yang dialami pasien. Berikut beberapa jenis periksaan mata yang umum dilakukan di puskesmas.

  • Periksa fisik mata.
  • Periksa gerakan otot mata.
  • Periksa lapang pandang.
  • Tes buta warna.
  • Tes ketajaman penglihatan.
  • Tonometri (intraocullar pressure).

Langkah Pemeriksaan Mata

Langkah Pemeriksaan Mata

Selain tujuan dan beberapa jenis pemeriksaan mata yang bisa dilakukan di puskesmas di atas. Anda juga perlu tahu mengenai langkah atau prosedur yang perlu dilakukan untuk melakukan periksa mata di puskesmas, adapun prosedur tersebut seperti misalnya:

1. Langkah Awal

Pasien yang akan melakukan periksa mata akan terlebih dahulu diminta berkonsultasi dengan dokter spesialis mata yang ada di puskesmas. Tujuannya agar informasi dan keluhan apa yang sedang dirasakan tersampaikan secara jelas pada dokter.

2. Langkah Pemeriksaan

Jika sudah berkonsultasi, mala dokter akan mulai menjalankan prosedur periksa mata dengan mengamati adanya kemungkinan kelainan. Baik itu dari kelopak mata, lapisan transparan penutup bagian depan mata (konjungtiva), selaput bening mata (kornea), dan bagian lainnya.

Proses atau langkah periksa mata ini akan membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 30 menit – 1 jam, tergantung dengan keseriusan mata pada mata. Semakin serius masalah mata, maka pemeriksaan akan membutuhkan waktu cukup lama.

3. Langkah Akhir

Terakhir, dokter akan menjelaskan tentang kondisi kesehatan mata dari si pasien dan menyampaikan apakah diperlukan tindakan lebih lanjut. Biasanya dokter akan menyarankan langkah terbaik untuk untuk masalah kesehatan mata pasien.

Biaya Periksa Mata di Puskesmas

Biaya Periksa Mata di Puskesmas

Kembali ke pembahasan mengenai biaya atau tarif melakukan periksa mata di layanan kesehatan bernama puskesmas. Bisa dibilang biaya nantinya akan terbagi menjadi dua, yaitu biaya periksa mata yang dilakukan dengan kepesertaan BPJS dan yang tanpa kepesertaan BPJS.

Biaya Periksa Tanpa BPJS

Saat melakukan periksa mata di puskesmas, pasien nantinya akan diharuskan bayar biaya administrasi untuk jasa pelayannya. Nah secara umum biaya administrasi berkisar Rp 10.000 – Rp 20.000, di mana akan tergantung dari kebijakan puskesmas.

Selain besaran biaya administrasi di atas, para pasien yang bukan peserta BPJS atau pasien mandiri akan dikenakan biaya berbeda sesuai dengan jenis pemeriksaannya. Adapun biaya pemeriksaan tersebut seperti misalnya:

JENIS PEMERIKSAANBIAYA
Periksa iritasi mataRp 45.000
Periksa entraksi corpal mataRp 35.000
Periksa entraksi corpus alienum mata (per mata)Rp 22.500
Periksa visus mataRp 13.000

Biaya Periksa dengan BPJS

Sedangkan untuk para Anda yang berkeinginan periksa mata di puskesmas dan merupakan peserta BPJS Kesehatan. Maka bisa nantinya tidak akan dikenai biaya sepeser pun alias gratis, mungkin ini salah satu keuntungan ikut serta program BPJS Kesehatan.

Dengan catatan, pasien BPJS harus sudah memenuhi semua syarat beserta ketentuan periksa mata di puskesmas. Seperti misalnya lokasi puskesmas tempat berobat harus sama dengan rujukan yang terdapat di kartu BPJS Kesehatan.

Tips Rawat Mata

Tips Rawat Mata

Setelah tahu mengenai biaya periksa mata, Anda juga perlu tahu mengenai tips atau cara merawat mata agar nantinya kondisi mata selalu dan tetap terjaga.  Berikut beberapa tips menjaga atau merawat mata agar tetap selalu terjaga:

  • Atur waktu istirahat jika bekerja di depan komputer, seperti alihkan pandangan setiap 20 menit sekali.
  • Batasi waktu saat menggunakan/melihat laptop, gadget dan perangkat elektronik lain.
  • Gunakan alat pelindung mata pada saat melakukan pekerjaan tertentu.
  • Gunakan kacamata, terutama jika sedang melakukan aktivitas di luar ruangan dan di depan komputer.
  • Hentikan kebiasaan merokok.
  • Rajin konsumsi makanan di mana mengandung vitamin C dan E, asam lemak omega-3 dan zinc.
  • Rutin periksa kondisi mata (minimal 2 tahun sekali).

Catatan : Biaya akan tergantung dengan jenis pemeriksaan dan ketentuan dari pihak puskesmas. Selain periksa di puskesmas, Anda juga bisa periksa di klinik, optik atau bahkan rumah sakit langsung.

Itulah informasi mengenai biaya periksa mata di puskesmas yang bisa kodebpjs.com sampaikan di atas. Semoga dengan adanya informasi biaya periksa mata di atas bisa bermanfaat dan berguna bagi semua yang membutuhkan.