√ Biaya Operasi Sedot Lemak 2021 : BPJS & Non BPJS

Biaya Operasi Sedot Lemak – Operasi sedot lemak adalah prosedur yang dilakukan untuk menghilangkan lemak tubuh yang tidak diinginkan. Operasi ini berguna untuk memperbaiki bentuk wajah maupun tubuh.

Selain itu, sedot lemak juga bisa dilakukan untuk menangani kondisi kesehatan tertentu. Operasi ini hanya boleh dilakukan selama kondisi pasien sehat secara umum ataupun tidak memiliki penyakit dan tidak merokok.

Sedangkan, untuk biaya yang dibutuhkan sangat bervariasi, tergantung beberapa hal seperti dokter bedah plastik yang melakukan, klinik atau rumah sakit yang menyelenggarakan, serta metode sedot lemak yang digunakan.

Lantas, berapa kira-kira biaya yang dibutuhkan untuk melakukan operasi sedot lemak? Adapun untuk informasi biaya operasi dan ketentuan lainnya, silahkan langsung saja simak ulasan selengkapnya pada artikel di bawah ini.

Biaya Operasi Sedot Lemak

Biaya Operasi Sedot Lemak

Di Indonesia sendiri, biaya operasi sedot lemak yaitu sekitar Rp. 40.000.000 – Rp. 70.000.000. Dianjurkan juga untuk mempersiapkan dana lebih untuk kebutuhan tambahan yang tidak terduga, sekitar 20-30% dari biaya yang diperkirakan, misalnya saja untuk kebutuhan rawat inap.

Sedangkan untuk biaya operasi sedot lemak di beberapa rumah sakit yaitu sebagai berikut :

Rumah Sakit / KlinikKotaBiaya Operasi
Rumah Sakit Khusus Bedah Bina EstetikaJakartaRp. 60.968.000
RS EMC SentulBogorRp. 65.000.000
Mayapada HospitalJakarta SelatanRp. 8.500.000
Euroskinlab IskandarsyahJakarta SelatanRp. 1.600.000
European Slimming Centre Puri IndahJakarta BaratRp. 1.600.000
Euroskinlab Puri IndahJakarta BaratRp. 1.600.000
Rumah Sakit Premier JatinegaraJakarta TimurRp. 25.000.000
European Slimming CentreJakarta UtaraRp. 1.600.000
EuroskinlabJakarta UtaraRp. 1.600.000
Rumah Sakit Umum YASRIJakarta PusatRp. 15.950.000
RSU Royal PrimaMedanRp. 6.200.000
European Slimming CentreMedanRp. 1.600.000
EuroskinlaMedanRp. 1.600.000
RSAL Dr. Ramelan SurabayaSurabayaRp. 25.000.000
European Slimming CentreSurabayaRp. 1.600.000
EuroskinlabSurabayaRp. 1.600.000
Rumah Sakit Premier BintaroTangerang SelatanRp. 30.000.000

Itulah kisaran biaya operasi sedot lemak di beberapa rumah sakit. Jadi biaya yang dibutuhkan terbilang bervariasi.

Operasi Sedot Lemak Pakai BPJS

Operasi Sedot Lemak Pakai BPJS

Lantas apakah biaya operasi sedot lemak bisa pakai BPJS? Nah, mengingat sedot lemak merupakan proses bedah yang bersifat estetika, jadi tidak ada penanggungan biaya dengan BPJS.

Hal ini dikarenakan, sedot lemak merupakan metode pengobatan bersifat estetika yang merupakan salah satu kriteria PENYAKIT YANG TIDAK DITANGGUNG BPJS. Jadi operasi sedot lemak tidak bisa pakai BPJS Kesehatan.

Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Sedot Lemak

Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Sedot Lemak

Sebelum melakukan operasi sedot lemak, ada baiknya Anda tahu beberapa hal penting berikut ini.

  • Kegunaan sedot lemak yaitu untuk memperbaiki bentuk wajah dan tubuh, seperti leher, perut, paha, pinggul, lutut, bokong dan pergelangan kaki.
  • Sedot lemak bukan prosesdur untuk menurunkan berat badan dan tidak dianjurkan untuk penanganan utama obesitas.
  • Sedot lemak hanya boleh dilakukan selama kondisi Anda sehat dan tidak memiliki riwayat penyakit seperti penyakit jantung, diabetes atau gangguan sistem imunitas.
  • Syarat melakukan sedot lemak yaitu memiliki berat badan normal, tidak merokok, minum minuman beralkohol dan memiliki kulit yang masih kenyal.
  • Metode yang digunakan untuk operasi sedot lemak yaitu tumescent liposuction, ultrasound-assisted liposuction, laser-assisted liposuction, power-assisted liposuction dan super-wet technique.
  • Proses operasi membutuhkan waktu 1-3 jam, tergantung metode yang digunakan.
  • Setelah melakukan sedot lemak Anda akan merasa nyeri, kesemutan, mati rasa, bengkak, dan memar di area tindakan sedot lemak selama 5-10 hari.
  • Waktu yang dibutuhkan agar kondisi pulih total sekitar 2 minggu, namun Anda tidak boleh melakukan aktivitas selama 4 minggu.
  • Sedot lemak bisa menimbulkan risiko seperti infeksi bakteri streptococcus atau Staphylococcus, pendarahan, syok, kantong cairan yang terbentuk dibawah kulit, emboli lemak, kulit tidak rata, efek samping dan reaksi alergi obat bius, mati rasa di sekitar kulit, kerusakan saraf, pembuluh darah, otot, paru-paru dan perut.

Nah, itulah informasi biaya operasi sedot lemak yang dapat kodebpjs.com sajikan. Jadi intinya, operasi sedot lemak tidak bisa menggunakan BPJS. Demikian informasi biaya operasi dari kami, semoga informasinya bermanfaat.