Biaya Operasi Bariatrik (Pengecilan Lambung) 2022

Biaya Operasi Bariatrik – Memiliki berat badan yang ideal tentu menjadi impian setiap orang. Oleh karena itu, banyak penderita Overweigh maupun Obesitas menjalani aktivitas Olahraga ekstra guna membakar lemak-lemak jahat dan mencapai berat badan ideal.

Sementara itu, untuk yang ingin menurunkan berat badan secara cepat, kalian bisa menjalani Operasi Bariatrik atau pengecilan lambung. Proses ini sempat dilakukan oleh penyanyi terkenal, Melly Goeslaw dan hasilnya memuaskan, dia berhasil menurunkan berat badang sampai dengan 25 kg.

Kendati demikian, banyak orang yang bertanya-tanya berapa biaya Operasi Bariatrik di Indonesia? Jika ternyata biaya nya terjangkau, mungkin banyak orang Obesitas yang memilih melakukan Operasi pengecilan lambung.

Bagi kalian yang juga penasaran dengan biaya untuk menjalani Operasi ini, silahkan simak informasi selengkapnya di bawah ini. Kami juga bakal menyertakan manfaat lain dari Operasi ini hingga dimana saja kalian dapat menjalani Operasi Bariatrik di Indonesia.

Citayam

Biaya Operasi Bariatrik

Biaya Operasi Bariatrik

Seperti kita tahu bahwa penderita Obesitas atau kelebihan berat badan lebih rentan terkena penyakit, terutama penyakit Gula, Stroke hingga Jantung. Bagi kalian yang saat ini memiliki berat badan tidak ideal, tentu saja wajib memperhatikan kesehatan dengan cara Olahraga rutin, makan secara teratur dan mengkonsumsi makanan sehat.

Sementara itu, untuk orang-orang yang sudah terlanjur mencapai berat badan berlebih dan sudah menurunkan nya, terkadang memilih melakukan Operasi Sedot Lemak. Namun perlu diketahui bahwa metode seperti itu biasanya menimbulkan efek samping yang bisa berakibat buruk bagi kesehatan.

Daripada melakukan Operasi Sedot Lemak, lebih baik kalian menjalani Operasi Bariatrik. Apa itu Operasi Bariatrik? Operasi ini merupakan proses pengecilan lambung atau pembedahan khusus di sistem pencernaan dengan tujuan mengecilkan berat badan.

Selain itu, Operasi Bariatrik juga bermanfaat untuk mengurangi kadar gula darah sehingga dapat mencegah penyakit Diabetes Tipe 2. Bahkan proses medis tersebut juga bisa meningkatkan kesehatan Jantung, khususnya untuk para penderita Obesitas.

Operasi Bariatrik atau pengecilan lambung saat ini sudah dilakukan banyak orang untuk memiliki berat badan ideal, tak terkecuali penyanyi Melly Goeslaw yang belum lama ini sukses mencapai berat badan ideal nya setelah melakukan Operasi Bariatrik.

Apakah kalian ada yang tertarik memilih metode tersebut untuk mengurangi berat badan? Jika demikian, perlu diketahui bahwa tidak semua orang memenuhi kriteria untuk menjalani Operasi Bariatrik.

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi pasien sebelum menjalani Operasi pengecilan lambung, diantaranya :

  • BMI lebih dari 35 dengan penyakit penyerta.
  • Mengalami dua atau lebih penyakit kronis.
  • Tidak dalam kondisi hamil.
  • Berat badan tetap, meski telah menjalani diet dan olahraga ekstra
  • Tidak sedang mengkonsumsi obat yang berpotensi menghambat Operasi Bariatrik.

Jika sudah memenuhi semua syarat diatas, kami tetap menganjurkan untuk konsultasi dengan Dokter terlebih dahulu sebelum menjalani Operasi tersebut. Setelah memperoleh konfirmasi dari Dokter terkait dan dinyatakan aman untuk menjalani proses Operasi pengecilan lambung, barulah kalian memilih Dokter atau Rumah Sakit yang menyediakan layanan medis tersebut.

Tapi, terlepas dari segala prosedur, syarat hingga manfaat Operasi Bariatrik, ada hal yang sangat penting untuk diketahui oleh calon pasien Operasi Bariatrik, yaitu berapa biaya yang dibebankan untuk menjalani Operasi pengecilan lambung.

Berdasarkan informasi yang kami peroleh dari website resmi Rumah Sakit EMC Alam Sutera, biaya yang berlaku untuk Operasi Bariatrik kurang lebih Rp. 49.999.000. Biaya tersebut sudah mencakup biaya perawatan, ruang inap, tindakan bedah dan obat-obatan.

Memang biaya Operasi ini tidaklah murah, oleh karena itu proses ini lebih banyak dilakukan oleh pasien yang memiliki budget cukup alias dari kalangan orang-orang kaya. Lalu, apakah Operasi Bariatrik merupakan salah satu Operasi ditanggung oleh BPJS Kesehatan?

Sayangnya Operasi ini belum bisa ditanggung oleh pihak BPJS Kesehatan. Artinya, mau tidak mau kalian harus menyiapkan dana kurang lebih Rp. 50.000.000 jika ingin menjalani Operasi pengecilan lambung.

Sementara itu untuk Rumah Sakit yang sudah mendukung layanan Operasi pengecilan lambung di Indonesia mungkin belum banyak. Berikut adalah daftar beberapa Rumah Sakit yang siap melayani pasien bedah Bariatrik :

  • Rumah Sakit EMC
  • Rumah Sakit Siloam
  • Rumah Sakit Columbia Asia
  • Rumah Sakit Hermina
  • Rumah Sakit Telogorejo

Informasi biaya Operasi Bariatrik yang kami sebutkan berlaku untuk Rumah Sakit EMC Alam Sutera. Tidak menutup kemungkinan, biaya Operasi pengecilan lambung di Rumah Sakit lain berbeda, bisa lebih mahal dan bisa juga lebih murah.

KESIMPULAN

Demikianlah pembahasan dari Kodebpjs.com mengenai biaya Operasi Bariatrik atau pengecilan lambung. Operasi ini bertujuan untuk mengurangi berat badan hingga puluhan kg dalam waktu singkat. Tapi perlu diketahui bahwa pasca Operasi Bariatrik biasanya terdapat efek samping seperti Sembelit, Diare, Batu Empedu Kerontokan Rambut sementara.

Bagi kalian yang mengalami kelebihan berat badan alias Overweigh hingga Obesitas, maka tindakan medis diatas bisa jadi alternatif. Namun kalian harus siap dengan biaya Operasi Bariatrik yang tidak murah dan Operasi ini juga masuk dalam daftar Operasi yang tidak ditanggung BPJS Kesehatan.

sumber gambar :

  • beritadiy.pikiran-rakyat.com
  • news.unair.ac.id