3 Penyakit Yang Tidak Ditanggung BPJS Terbaru 2020

Penyakit Yang Tidak Ditanggung BPJS – Setelah membahas mengenai jenis penyakit yang bisa ditanggung BPJS Kesehatan, kali ini kami juga akan membahas mengenai beberapa jenis penyakit dan kasus kesehatan yang tidak bisa ditangani atau ditanggung BPJS Kesehatan. BPJS Kesehatan merupakan badan penyelenggara program JKN atau jaminan kesehatan nasional yang berarti seluruh warga negara Indonesia berhak menikmati layanan ini dengan catatan telah terdaftar menjadi peserta aktif BPJS Kesehatan, dan bagi kalian atau anggota keluarga yang belum tercantum menjadi peserta BPJS, kalian bisa mendaftarkan diri melalui jalur online dengan cara mengakses website resmi BPJS Kesehatan atau bisa datang langsung ke kantor BPJS Kesehatan terdekat.

Disamping itu, dari sekian jenis kasus kesehatan ternyata ada beberapayang tidak bisa ditanggung BPJS, salah satunya adalah Hepatitis yang diakibatkan karena Narkoba, penyakit ini sebenarnya masuk dalam deretan kasus kesehatan yang bisa ditangani BPJS, akan tetapi apabila ketika dilakukan pemeriksaan pasien ternyata pasien terkena virus Hepatitis melalui jarum suntik Narkoba maka pihak BPJS Kesehatan tidak berhak menangani pasien. Disamping itu, penyakit ini harus ditangani secara serius jika tidak, virus Hepatitis yang disebabkan oleh jarum suntik Narkoba bisa menjalar ke bagian tubuh lainnya bahkan bisa mengakibatkan kematian.

BPJS Kesehatan menangani sedikitnya 160 jenis penyakit, salah satunya adalah Kanker. Seperti yang kita ketahui dimana virus ini sangat berbahaya, tidak jarang pengidap kanker yang tidak kuat menjalani pengobatan dan akhirnya meninggal dunia. Kanker merupakan tumbuhnya sel-sel tidak normal pada tubuh manusia dan dengan cepat menggerogoti sel normal lainnya. Kanker juga terbagi menjadi beberapa macam, antara lain Kanker Otak, Kanker Payudara, Kanker Usus dan masih banyak lagi jenis Kanker yang lainnya.

Perlu kalian ketahui, beberapa jenis penyakit dan kasus kesehatan yang tidak ditanggung BPJS ini biasanya disebabkan karena keteledoran atau gaya hidup pengidap, seperti melakukan seks bebas, mengkonsumsi narkoba jenis apapun, dan operasi kecantikan ( estetika ), contohnya melakukan operasi untuk menghilangkan bekas luka, atau trend masa kini yang mana banyak masyarakat khususnya wanita yang melakukan operasi plastik pada salah satu bagian tubuh untuk memperoleh bentuk yang di inginkan, aktivitas medis tersebut sama sekali tidak bisa ditanggung pihak BPJS Kesehatan.

Penyakit Yang Tidak Ditanggung BPJS Dan Kasus Kesehatan Lainnya

Penyakit Yang Tidak Ditanggung BPJS Dan Kasus Kesehatan Lainnya

Penyakit Yang Tidak Ditanggung BPJS Dan Kasus Kesehatan Lainnya

Kemudian BPJS Kesehatan juga tidak bisa menanggung kasus kesehatan yang dikarenakan virus HIV/AIDS yang diakibatkan karena gaya hidup diri sendiri, seperti menerapkan gaya hidup bebas atau sejenisnya, terkecuali penularan HIV/AIDS dikarenakan kejadian lain yang tidak disengaja maka BPJS Kesehatan bisa menangani pasien tersebut. Baiklah, untuk lebih jelasnya langsung saja simak ulasan informasi mengenai Penyakit dan kasus kesehatan lainnya yang tidak ditanggung BPJS dan kasus kesehatan lainnya yang telah kami sajikan dibawah ini.

Penyakit Yang Tidak Ditanggung BPJS

Penyakit Yang Tidak Ditanggung BPJS

Penyakit Yang Tidak Ditanggung BPJS

Seperti yang telah kami singgung diatas, dimana tidak semua kasus kesehatan bisa ditangani atau ditanggung oleh pihak BPJS Kesehatan, pasalnya ada beberapa kasus kesehatan yang memang tidak bisa ditanggung sepenuhnya bahkan sama sekali oleh pihak BPJS Kesehatan. Berikut jenis penyakit dan kasus kesehatan lainnya yang tidak ditanggung BPJS :

  • HIV/ AIDS 

Pertama, pasien penderita HIV/AIDS sebenarnya bisa ditanggung BPJS, dengan catatan orang tersebut terkena virus HIV/AIDS karena tertular atau sejenisnya dan tidak ada unsur kesengajaan, akan tetap jika virus HIV/AIDS diakibatkan karena gaya hidup si pasien yang buruk, seperti gonta-ganti pasangan atau melakukan kehidupan seks bebas maka BPJS Kesehatan tidak berhak menangani pasien tersebut.

  • Hepatitis Yang Diakibatkan Karena Jarum Suntik Narkoba 

Selanjutnya, BPJS juga tidak melayani pasien yang terjangkit virus Hepatitis dimana virus tersebut datang melalui jarum suntik Narkoba, pasalnya hal tersebut merupakan kesalahan dari gaya hidup si pasien, oleh karena pasien yang mengidap virus Hepatitis akibat jarum suntik Narkoba tidak bisa menggunakan layanan BPJS Kesehatan untuk berobat.

  • Operasi Plastik Atau Lainnya Yang Berkaitan Dengan Estetika ( Kecantikan ) 

Segala bentuk operasi yang mengakibatkan si pasien menyakiti diri sendiri juga tidak bisa ditangani melalui layanan BPJS Kesehatan, operasi tersebut contohnya adalah operasi plastik untuk menghilangkan bekas luka atau merubah bagian tubuh untuk memperoleh bentuk yang di inginkan.

  • Gangguan Ginjal Akibat Pengaruh Minuman Keras 

Kemudian bagi pasien yang mengidap gangguan ginjal karena terlalu sering mengkonsumsi minuman keras jenis apapun juga tidak bisa ditangani pihak BPJS Kesehatan, karena lagi-lagi kondisi tersebut dikarenakan keteledoran orang itu sendiri yang menjalani gaya hidup tidak sehat.

  • Infertilitas

Infertilitas merupakan suatu kondisi yang dialami oleh seseorang pada bagian reproduksi, dimana pada organ tersebut mengalami kelemahan alias tidak subur atau secara garis besar Infertilitas berarti Kemandulan, pengidap infertilitas juga bisa dari pihak wanita maupun laki-laki. Disamping itu Infertilitas juga merupakan salah satu kasus kesehatan yang tidak bisa ditanggung BPJS Kesehatan.

  • Pengobatan Alternatif

Terakhir, bagi kalian yang gemar melakukan pengobatan alternatif, kalian harus menanggung seluruh biaya pengobatan dengan biaya pribadi, karena menurut BPJS Kesehatan pengobatan jalur ini dinilai kurang efektif dan tidak menjamin apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada si pasien.

Kasus Kesehatan Yang Tidak Ditanggung BPJS

Kasus Kesehatan Yang Tidak Ditanggung BPJS

Berikut merupakan kasus kesehatan yang bisa tidak ditanggung BPJS, sebenarnya kasus kesehatan diatas ada yang bisa ditanggung oleh BPJS dengan catatan hal tersebut ditimbulkan karena masalah kesehatan bukan karena keteledoran atau gaya hidup orang tersebut yang kurang sehat seperti mengkonsumsi Narkoba atau melakoni seks bebas yang mengakibatkan orang tersebut terjangkit virus berbahaya seperti HIV/AIDS atau Hepatitis. Baiklah, cukup sekian informasi yang bisa kami sajikan semoga bermanfaat sekaligus bisa mengingatkan kalian akan bahaya dari menjalani gaya hidup kurang sehat. Terimakasih.