√ Biaya Tes Buta Warna di Puskesmas 2022 : Gejala & Penyebab

Biaya Tes Buta Warna di Puskesmas – Buta warna tentu bagi sebagian masyarakat sudah menjadi hal umum dan tentunya sudah tidak asing lagi. Di mana buta warna adalah suatu kondisi berupa kelainan akibat tidak mampunya sebuah sel-sel kerucut mata dalam menangkap sebuah spektrum warna tertentu akibat faktor genetis.

Dari banyaknya penderita buta warna, kebanyakan penderita alami akibat faktor keturunan. Nantinya hal ini akan terjadi para keturunannya seperti dari anak bahkan sampai cucunya. Di dunia medis, kelainan ini kerap disebut sebagai genetik, akibat kelainan yang di bawa oleh kromosom X.

Dengan begitu, guna mengetahui apakan Anda merupakan penderita buta warna atau tidak maka perlu lakukan pemeriksaan. Pemeriksaan ini sendiri bisa dilakukan dengan menjalani serangkaian tes buta warna. Dalam hal ini ada beberapa tempat yang bisa digunakan beberapa untuk tes buta warna.

Seperti misalnya di klinik, rumah sakit, puskesmas atau tempat lainnya. Mengenai tes buta warna, pada pembahasan kali ini kodebpjs.com akan sajikan informasi mengenai biaya yang yang dibutuhkan untuk tes buta warna. Di mana akan sajikan lengkap biaya tes buta warna di layanan puskesmas.

Biaya Tes Buta Warna di Puskesmas

Gejala Buta Warna

Namun sebelum lanjut ke pembahasan biaya tes buta warna di puskesmas, alangkah baiknya Anda mengetahui dahulu apa saja gejala-gejala dari buta warna. Di mana gejala buta warna pada penderita bisa dikategorikan menjadi dua, yaitu gejala ringan serta berat. Namun secara umum gejala buta warna yang muncul antara lain:

  • Sulit bedakan atas kecerahan warna.
  • Sulit bedakan sebuah warna.
  • Sulit membedakan bayangan warna serupa, seperti merah dengan hijau atau pun biru dengan kuning.

Penyebab Buta Warna

Lalu apa penyebab dari kelainan mata ini? Sudah disinggung sedikit di atas jika penderita buta warna adalah seseorang yang mengalami kerusakan sel pigmen sehingga tidak berfungsi dengan baik. Hal ini terjadi akibat adanya kelainan gen dikarenakan oleh keturunan.

Tidak hanya datang dari keturunan, buta warna juga bisa dikarenakan oleh faktor susah untuk mengenali warna. Diantara lain penyebab buta warna pada seseorang tersebut misalnya seperti:

  • Cedera pada mata akibat pernah alami sebuah kecelakaan.
  • Efek samping dari pengonsumsian obat ethambutol, phenytoin, digoxin, chloroquine dan sildenafil.
  • Menderita penyakit glaukoma, diabetes atau multiple sclerosis.
  • Terpapar zat kimia seperti carbon disulfide dalam industri rayon dan styrene.

Jenis Buta Warna

Selain gejala dan penyebab buta warna, Anda juga perlu tahu jenis-jenis buta warna yang dialami oleh para penderita. Di mana jenis atau tipe buta warna terbagi 3 yaitu merah-hijau, biru-kuning dan buta warna total.

1. Buta Warna Merah Hijau

Buta warna ini biasanya disebabkan karena kehilangan atau keterbatasan dari fungsi kerucut merah (protan) maupun foto pigmen kerucut hijau (deutran). Penderita buta warna jenis ini secara umum memiliki ciri seperti warna kuning dan hijau terlihat merah ataupun warna merah terlihat seperti hitam.

2. Buta Warna Biru Kuning

Sementara buta warna biru-kuning lebih jarang dibandingkan kebutaan sebelumnya. Karena dalam beberapa kasus foto pigmen kerucut penderita hilang atau hanya memiliki fungsi terbatas. Biasanya penderita buta warna biru-kuning akan sulit membedakan warna merah muda dengan kuning dan merah.

3. Buta Warna Total

Lalu untuk buta warna total terbilang cukup berbeda dengan kedua jenis buta warna di atas, karena seorang penderita buta warna ini akan kesulitan dalam membedakan semua warna. Bahkan penderita hanya bisa melihat warna putih, abu-abu serta hitam saja.

Biaya Tes Buta Warna di Puskesmas

Biaya Tes Buta Warna di Puskesmas Administrasi dan Tes

Jika sudah tahu sekilas terkait buta warna di atas, maka mari lanjut ke pembahasan mengenai biaya tes buta warna di puskesmas. Mengenai biaya tes buta warna di puskesmas terdiri dari dua macam yaitu biaya administrasi dan biaya proses pengecekannya.

Biaya Administrasi Tes Buta Warna

Tentu saja ini sama halnya dengan biaya medical check up, di mana nantinya Anda harus membayar biaya administrasi ketika lakukan pengecekan buta warna. Untuk besaran biaya administrasi tes buta warna di puskesmas adalah Rp 10.000 – Rp 20.000, dengan catatan berbeda untuk setiap wilayah.

Selain itu biaya tes buta warna ini berbeda dengan biaya pemeriksaan mata akibat beberapa kelainan kondisi yang dialami penderita. Di mana untuk biaya tes buta warna tidak bisa memanfaatkan kepesertaan BPJS Kesehatan, sedangkan untuk kondisi atau gangguan tertentu bisa gunakan kepesertaan BPJS.

Biaya Tes Buta warna

Sedangkan untuk biaya tes buta warnanya tidak jauh berbeda dengan biaya administrasinya, secara umum puskesmas memberi tarif atau pelayanan tes buta warna mulai dari Rp 15.000-Rp 25.000.

Jika sudah berhasil lakukan serangkaian tes buta warna, maka penderita akan dapatkan surat keterangan tidak buta warna. Secara umum surat keterangan ini digunakan oleh penderita untuk melamar kerja, masuk perguruan tinggi atau keperluan lain.

Jadi dengan melihat dua biaya di atas, bisa menarik kesimpulan jika ingin lakukan tes buta warna di puskesmas Anda bisa menyiapkan uang tunai sebesar Rp 50.000 saja. tentu saja biaya ini akan jauh lebih murah dibanding dengan biaya tes buta warna di rumah sakit dan klinik.

Tips Atasi Buta Warna

Tips Atasi Buta Warna

Apakah ada cara mengatasi buta warna? Untuk hal itu, seseorang bisa melakukan beberapa upaya gun melatih diri agar terbiasa dengan buta warna yang diderita. Diantara lain beberapa tips yang bisa dilakukan seperti:

  • Meminta bantuan keluarga dan orang terdekat saat mengalami kesulitan dalam pemahaman warna.
  • Menggunakan lensa mata khusus untuk membantu seseorang bisa mendeteksi warna tertentu.
  • Selalu memanfaatkan teknologi pendukung seperti aplikasi khusus pendeteksi warna pada suatu objek.
  • Selalu menggunakan lampu terang di dalam ruangan agar membantu memperjelas warna yang nampak.

Lalu jika buta warna diakibatkan suatu penyakit atau efek samping obat-obatan, maka dokter akan memberikan sebuah arahan terkait tindakan yang perlu dilakukan. Namun perlu diskusikan terlebih dahulu dengan dokter mata atas kelainan tersebut tidak mengganggu aktivitas sehari-hari.

FAQ

Apakah tes buta warna bisa di Puskesmas?

Bisa, silakan datangi puskesmas terdekat.

Syarat tes buta warna di puskesmas?

Ikuti serangkaian ketentuan dan memiliki uang sebagai pembayaran.

Apakah tes buta warna bisa pakai BPJS?

Tes buta warna tidak bisa menggunakan BPJS.

Itulah informasi terkait seputar rincian biaya tes buta warna di puskesmas dan pembahasan terkait lainnya yang dapat kodebpjs.com disajikan. Semoga adanya pembahasan tes buta warna di atas bisa bermanfaat bagi semua yang membutuhkan.