Biaya Suntik Meningitis, Syarat & Prosedur 2021

Biaya Suntik Meningitis – Meningitis Meningokokus merupakan infeksi pada selaput di area otak dan saraf tulang belakang yang disebabkan oleh virus, namun di beberapa kasus meningitis juga disebabkan oleh jamur dan bakteri.

Gejala penyakit meningitis mirip seperti flu yaitu demam tinggi, menggigil, sakit kepala , leher kaku, sering pingsan, sensitif terhadap cahaya, muntah serta kejang. Diagnosis penyakit ini cukup sulit karena muncul tiba-tiba.

Untuk melindungi diri dari penyakit meningitis meningokokus, suntik vaksin meningitis ini sangat penting. Bahkan suntik atau vaksinasi meningitis wajib dilakukan oleh calon jemaan haji dan umrah karena aturan dari Saudi.

Namun masih banyak yang belum tahu soal suntik meningitis seperti berapa biaya yang dibutuhkan, persyaratan suntik dan bagaimana prosedurnya. Untuk mengetahuinya, silahkan simak penjelasan mendalam di bawah ini.

Biaya Suntik Meningitis

Biaya Suntik Meningitis

Untuk perihal biaya, Anda tak perlu khawatir karena biaya suntik meningitis jauh lebih murah dibandingkan BIAYA SUNTIK VARISES. Berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 21 Tahun 2013, biaya suntik meningitis di puskesmas, rumah sakit dan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) yakni sebesar Rp. 305.000.

Akan tetapi, bagi wanita yang masih produktif ada biaya tambahan untuk tes urine sebesar Rp. 25.000. Hal yang perlu Anda ketahui yaitu harga suntik meningitis bisa berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) setempat.

Orang Yang Tidak Boleh Suntik Meningitis

Perlu diketahui, tidak semua orang bisa mendapatkan vaksin meningitis. Ada beberapa kriteria yang tidak boleh menjalani suntik meningitis karena berisiko menimbulkan dampak atau efek samping serius, diantaranya :

  • Orang yang pernah mengalami alergi berat atau anafilaksis setelah mendapat vaksin meningitis, baik jenis MenACWY atau MenB maupun vaksin lainnya.
  • Orang yang sedang sakit seperti demam. Mereka sebaiknya menunda suntik vaksin meningitis sampai kondisinya benar-benar sehat.
  • Orang yang sedang atau pernah mengalami sindrom Guillain-Barre. Mereka dianjurkan untuk berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter sebelum melakukan vaksinasi meningitis.

Syarat Suntik Meningitis

Setelah mengetahui biaya untuk melakukan vaksin meningitis, Anda juga perlu mengetahui apa saja syarat-syarat untuk melakukan vaksinasi. Adapun syarat-syarat yang diperlukan untuk suntik meningitis yaitu sebagai berikut.

  1. Fotokopi Paspor
  2. Fotokopi KTP
  3. Pas Foto 4 X 6 = 2 Lembar, dengan spesifikasi:
    • Background warna putih
    • Tidak memakai pakaian dinas
    • Tampak wajah 80%
    • Perempuan memakai kerudung
    • Jangan memakai baju atau kerudung berwarna putih
    • Tidak memakai kaca mata

Prosedur Suntik Meningitis

Prosedur Suntik Meningitis

Suntik meningitis bisa dilakukan di Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) yang tersebar di seluruh kota di Indonesia. Jadwal suntik meningitis dilayani setiap hari Senin – Jum’at, mulai pukul 08.00 – 15.00 WIB. Adapun prosedur pendaftarannya yaitu sebagai berikut ini.

  1. Kunjungi Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP).
  2. Ambil nomor antrean serta isi formulir yang telah disediakan.
  3. Lengkapi formulir dengan melampirkan fotokopi paspor sebanyak 1 lembar.
  4. Serahkan formulir kepada petugas dan tunggu antrean pembayaran.
  5. Bagi wanita yang masih produktif akan dilakukan tes urine.
  6. Ketika nama dipanggil oleh petugas, masuklah ke ruangan suntuk untuk dilakukan vaksinasi.
  7. Selesai proses vaksinasi, maka selanjutnya petugas KKP akan melakukan penerbitan dokumen ICV baru, apabila pendaftar sebelumnya memiliki dokumen ICV atau dokumen ICV sebelumnya telah habis masa berlakuknya.
  8. Apabila pasien sudah memiliki ICV sebelumnya makan akan dilakukan pengesahan oleh petugas KKP dengan mengisikan data pelayanan yang telah dilakukan.

Efek Samping Suntik Meningitis

Bagi orang yang menjalani suntik vaksin meningitis biasanya akan mengalami efek samping ringan seperti rasa nyeri dan kulit kemerahan pada daerah bekas suntikan. Efek samping ini biasanya akan hilang dalam jangka waktu 1-2 hari.

Efek samping lainnya yang bisa terjadi yaitu mengalami demam yang akan reda setelah beberapa hari. Sedangkan, bagi sebagian orang yang mendapatkan vaksin jenis MenB bisa mengalami efek samping seperti kelelahan, sakit kepala, nyeri otot, demam, mual dan diare.

Efek samping tersebut biasanya akan membaik dalam 3-7 hari. Selain itu, seperti halnya efek samping vaksin lainnya, terkadang suntik vaksin meningitis juga menimbulkan kejadian ikutan pasca imunisasi atau KIPI, namun reaksi ini tergolong cuku jarang terjadi.

Nah, itulah informasi lengkap dari kodebpjs.com terkait biaya suntik meningitis lengkap beserta syarat dan prosedur pendaftaran. Demikianlah informasi dari kami, semoga ulasan biaya di atas bermanfaat untuk Anda.