Biaya Suntik Varises di Puskesmas & Rumah Sakit 2021

Biaya Suntik Varises – Penyakit varises adalah kondisi pelebaran pembuluh darah vena yang bisa terjadi dibagian tubuh mana saja, namun umumnya sering terjadi pada bagian tungkai bawah. Untuk mengobatinya bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya yakni dengan metode skleroterapi.

Penanganan varises sebenarnya disesuaikan berdasarkan tingkat keparahannya. Injeksi skleroterapi atau suntik varises menjadi salah satu pilihan terapi varises yang merupakan tindakan menginjeksi larutan sclerosing langsung pada vena yang melebar akibat varises.

Larutan sclerosing akan mengiritasi dinding vena, akibatnya vena yang melebar akan bengkak dan menempel satu sama lain, yang lama kelamaan akan berubah menjadi jaringan perut (scar tissue) yang hilang dari penglihatan. Lama prosedur suntik varises kurang lebih 30-45 menit.

Lantas, berapa biaya yang dibutuhkan untuk suntik varises? Nah, bagi Anda yang penasaran dengan biaya untuk suntik varises, berikut ini kami akan berikan penjelasan lengkapnya. Maka dari itu, agar lebih jelasnya silahkan simak ulasan mendalam di bawah ini hingga akhir.

Apa Itu Suntik Varises (Skleroterapi) ?

Apa Itu Suntik Varises Skleroterapi

Skleoterapi adalah prosedur medis berbantu ultrasoun untuk menyuntikan larutan sclerosing ke dalam vena agar menyusut. Seperti halnya radiofrekuensi dan ablasi laser, skleroterapi digunakan untuk mengobati malformasi vaskular dan limfatik seperti vena vanula dan verikose.

Lama prosedur suntik varises ini kurang lebihnya sekitar 30-45 menit. Pada saat menjalani terapi skleroterapi pasien akan mengalami sensasi kram 1-2 menit saat varises diinjeksi.

Setelah skleroterapi, pasien bisa mengalami efek samping seperti vena yang diinjeksi menjadi agak mengeras beberapa bulan sebelum bener-benar hilang. Peninggian kemerahan dapat timbul di sekitar area injeksi.

Umumnya bekas suntik varises akan hilang dalam kurun waktu 3-6 bulan, akan tetapi pada 5% kasus bisa menjadi permanen. Memar disekitar suntik dapat hilang dalam beberapa hari atau minggu.

Siapa Yang Perlu Menjalani Skleroterapi ?

Siapa Yang Perlu Menjalani Skleroterapi

Suntik varises atau skleroterapi seringkali dilakukan jika pasien mengalami gejala seperti bengkak, sensasi terbakar dan kram di malam hari. Prosedur ini sangat direkomendasikan dokter untuk pasien yang merasa terganggu dengan adanya vena venula atau varises.

Pada prosedur ini, larutan sklerosan dimanfaatkan untuk mengecilkan vena yang membengkak serta menutup vena retikuler secara berkala, sehingga bisa meminimalisir kecenderungan untuk kambuh. Oleh sebab itu prosedur ini sangat  diutamakan dibandingkan terapi laser.

Biaya Suntik Varises

Biaya Suntik Varises

Sementara untuk penentuan harga sangat tergantung dari derajat keparahan dan luasnya varises yang dialami. Secara umum biaya yang dibutuhkan untuk suntik varises di Puskesmas maupun rumah sakit sekitar Rp. 100.000 – Rp. 200.000 per suntikan.

Jika membutuhkan 5 kali suntikan, maka biaya yang dibutuhkan sekitar 500 ribu hingga 1 juta. Pada dasarnya bisa suntik varises di rumah sakit terbilang sangat bervariasi dan setiap rumah sakit menetapkan biaya yang berbeda-beda.

Maka dari itu sebelum melakukan suntik varises, sebaiknya konsultasi kepada dokter spesialis kulit dan kelamin terlebih dahulu. Namun, sebagai acuan kira-kira segini biaya suntik varises di beberapa rumah sakit.

Rumah SakitBiaya Suntik Varises
Primaya Hospital TangerangRp. 2.340.000
Mayapada Hospital TangerangRp. 2.369.000
Sloam Hospitals YogyakartaRp. 2.537.000
Sloam Hospitals BalikpapanRp. 3.552.000
Sloam Hospitals BogorRp. 3.382.000
RS Mitra Keluarga SurabayaRp. 3.850.000
RS Brawijaya Suharjo JakartaRp. 6.000.000

Apakah Suntik Varises Ditanggung BPJS Kesehatan ?

Apakah Suntik Varises Ditanggung BPJS Kesehatan

Lalu, apakah biaya suntik varises ditanggung BPJS? Untuk saat ini hampir semua PENYAKIT DITANGGUNG OLEH BPJS, kecuali penanganan yang sifatnya kosmetik misalnya terapi untuk menghilangkan bekas luka (keloid).

Itu artinya penyembuhan varises juga ditanggung oleh BPJS. Akan tetapi untuk penggunaan asuransi BPJS, sebaiknya tanyakan terlebih dahulu ke bagian administrasi tentang penyakit varises, karena tidak semua fasilitas kesehatan menerima BPJS.

Ada beberapa RUMAH SAKIT YANG TIDAK MENERIMA BPJS, sehingga Anda perlu menanyakannya kepada bagian administrasi perihal biaya pemeriksaan varises apakah ditanggung BPJS atau tidak agar mendapatkan informasi lebih akurat.

Nah, itulah penjelasan lengkap dari kodebpjs.com terkait biaya operasi varises lengkap beserta penjelasan terkait penanggungan biaya oleh BPJS. Dengan suntik varises, maka penyakit yang Anda derita akan cepat teratasi.

Karena prosedur ini paling diutamakan oleh dokter, maka sudah pasti ini aman meskipun terdapat efek samping. Sekiranya cukup sekian informasi dari kami dan semoga artikel di atas bisa bermanfaat untuk Anda semua.