√ Biaya Tes Mantoux di Puskesmas Pasien Umum & BPJS 2022

Biaya Tes Mantoux di Puskesmas – Tuberkulosis (TB) merupakan salah satu jenis penyakit yang cukup berbahaya apabila tidak segera diobati. Ada beberapa gejala atau indikasi seseorang mengidap penyakit Tuberkulosis.

Secara umum, Tuberkulosis bisa diartikan sebagai penyakit infeksi paru-paru dan bisa berdampak buruk bagi sistem pernafasan manusia. Bahkan TB tercatat dalam 10 besar penyakit paling mematikan yang berasal dari agen infeksi tunggal.

Oleh karena itu, guna mengetahui apakah di dalam tubuh kita terdapat virus TB atau tidak perlu dilakukan yang namanya tes Mantoux. Untuk saat ini proses pemeriksaan Mantoux bisa dilakukan melalui faskes terdekat seperti Puskesmas.

Tapi untuk tes kesehatan yang dilakukan di Puskesmas biasanya terdapat biaya, termasuk untuk tes Mantoux yang kita bahas berikut ini. Penasaran berapa biaya yang harus dikeluarkan jika ingin menjalani tes Mantoux di Puskesmas? Langsung saja simak pembahasannya dibawah ini.

Biaya Tes Mantoux di Puskesmas

Biaya Tes Mantoux di Puskesmas

Diawal pembahasan kami sempat menyebutkan bahwa TB atau Tuberkulosis merupakan satu dari sekian penyakit yang menyebabkan kematian. Dengan begitu, TB termasuk dalam kategori penyakit yang berbahaya.

Kendati demikian, untuk mencegah penyebaran virus TB di dalam tubuh, setiap orang tentu perlu menjalani tes Mantoux. Dengan cara ini, nantinya kalian bisa tahu apakah di dalam tubuh terdapat virus TB atau tidak.

Citayam

Sementara itu, ada beberapa kriteria khusus yang perlu bahkan wajib melakukan tes Mantoux, diantaranya :

  • Orang yang pernah melakukan kontak fisik dengan penderita TB
  • Dada sering terasa sesak
  • Memiliki sistem imun atau kekebalan tubuh yang lemah
  • Mengidap penyakit Kanker atau bahkan HIV / AIDS

Lalu perlu diketahui juga bahwa penyebaran virus TB di dalam tubuh bisa sangat cepat. Sebab, ketika seseorang terinfeksi virus TB, nantinya bakteri lain bakal memiliki sifat yang lebih sensitif sehingga bisa dengan mudah melemahkan sistem imun tubuh.

Apabila ada diantara kalian yang mengalami salah satu gejala atau indikasi diatas, kami sarankan untuk menjalani tes Mantoux. Tes medis ini sekarang bisa dilakukan di Puskesmas dengan ketentuan biaya sebagai berikut :

Pasien Umum

Untuk pasien Umum alias bukan peserta BPJS Kesehatan, biaya tes Mantoux di Puskesmas bekisar antara Rp. 50.000 sampai dengan Rp. 100.000. Perlu diketahui bahwa besaran harga atau biaya yang diterapkan tergantung dari tingkat akurasi hasil pemeriksaan. Semakin akurat hasilnya maka akan semakin mahal juga biaya yang dibebankan untuk pasien.

Pasien BPJS

Sedangkan untuk kalian yang mungkin sudah terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan, kalian tidak akan dikenai biaya ketika menjalani tes pemeriksaan Tuberkulosis di Puskesmas. Hal ini dikarenakan Tuberkulosis masuk ke dalam daftar penyakit yang ditanggung BPJS.

Prosedur Pemeriksaan Mantoux di Puskesmas

Setelah mengetahui informasi biaya pemeriksaan Tuberkulosis di Puskesmas, sekarang kita lanjut ke prosedur tes Mantoux. Jadi, ketika sudah melakukan registrasi atau pendaftaran sebagai peserta tes Mantoux, nantinya kalian akan dipanggil untuk menemui Dokter yang bertugas melakukan pengecekkan tersebut.

Disini kalian bisa menyampaikan kalau sebelumnya sudah pernah melakukan vaksin BCG di Rumah Sakit atau faskes lainnya. Selain itu, sampaikan juga kalau ada indikasi gangguan pada saluran pernafasan.

Jika sudah, kemudian Dokter bakal mengoleskan lengan bagian dalam menggunakan cairan alkohol. Selanjutnya Dokter akan memberi injeksi kecil yang mengandung purified protein derivative (PPD) di bawah lapisan atas kulit.

Sampai disini proses tes Mantoux sudah selesai. Selanjutnya kalian perlu menunggu kurang lebih 48 hingga 72 jam. Setelah melewati masa tersebut, kalian bisa datang lagi ke Puskesmas untuk melihat apakah ada reaksi terhadap PPD dengan cara melihat perubahan ukuran pada benjolan tersebut.

Kapan Hasil Tes Mantoux Keluar ?

Kapan Hasil Tes Mantoux Keluar

Setelah selesai melakukan tes atau pengecekkan Mantoux di Puskesmas dan sudah kembali lagi 3 hari setelahnya, kalian pasti penasaran apakah pada saat kontrol lanjutan akan segera muncul hasil pemeriksannya? Baiklah, jadi untuk hasil tes Mantoux nantinya akan langsung di informasikan oleh Dokter yang menangani.

Disamping itu, hasil pemeriksaan sebenarnya juga bisa dilihat sekilas dari bekas suntikan atau injeks, apabila di sekitar area tersebut tidak terjadi pembengkakan, maka bisa dipastikan hasil tes Mantoux Negatif. Sebaliknya, jika terdapat pembengkakan berukuran 5 sampai  9 milimeter, maka besar kemungkinan terdapat virus TB di dalam tubuh kalian.

Apapun hasilnya, yang jelas Dokter bakal memberikan evaluasi terkait cara pencegahan, pemeriksaan lebih lanjut dan pengobatan Tuberkulosis.

KESIMPULAN

Itu saja pembahasan dari kodebpjs.com mengenai biaya tes Mantoux di Puskesmas untuk pasien Umum dan BPJS. Diatas kami juga menjelaskan sedikit terkait prosedur pengecekkan virus TB di dalam tubuh pasien hingga cara melihat hasil tes Mantoux dari bekas injeksi yang diberikan. Sekian dari kami, semoga bermanfaat untuk kalian yang mungkin sedang merasakan gejala atau pernah melakukan kontak fisik dengan penderita Tuberkulosis dan ingin menjalani tes Mantoux di Puskesmas.

sumber gambar :

  • alodokter.com
  • biaya.info
  • idnmedis.com