15 Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat m Banking BCA (BCA Mobile) 2022

Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat m Banking BCA – Setiap peserta BPJS Kesehatan Mandiri, maka perlu bayar iuran bulanan kepada semua anggota yang terdaftar. Semisal dalam Kartu Keluarga 2 orang maka harus dibayar semuanya.

Dengan membayar iuran tersebut, nantinya peserta akan selalu aktif dan bermanfaat ketika digunakan untuk berobat di fasilitas kesehatan terdaftar. Sehingga tidak ada kendala yang membuat proses berobat Anda dengan BPJS.

Jadi pastikan selalu membayar iuran atau tagihan BPJS Kesehatan setiap bulannya secara rutin. Apalagi kini kemudahan pembayaran tagihan BPJS Kesehatan sudah dapat dirasakan oleh semua peserta yang terdaftar.

Karena pembayaran bisa dilakukan dari ATM dan Mobile Banking semua bank, dompet digital (OVO, DANA, GoPay, LinkAja), e-commerce Tokopedia, Shopee, Bukalapak dan lainnya. Namun kali ini kami akan bahas cara bayar BPJS Kesehatan secara online lewat m Banking BCA.

Citayam

Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat m Banking BCA

Syarat Bayar BPJS Kesehatan Lewat m Banking BCA

Sebelum lanjut ke pembahasan mengenai cara bayar iuran BPJS lewat m-Banking atau Mobile BCA, alangkah baiknya Anda mengetahui dahulu apa saja syarat ketentuan yang dibutuhkan. Di mana ada beberapa syarat harus dilengkapi, antara lainnya seperti:

  • Perangkat HP untuk akses aplikasi m Banking / BCA Mobile.
  • Koneksi internet lancar yang terhubung dengan perangkat.
  • Sudah instal aplikasi m Banking BCA / BCA Mobile.
  • Sudah memiliki akses login m Banking BCA.
  • Saldo di m Banking BCA cukup untuk bayar tagihan BPJS.
  • Mengetahui nomor kepesertaan BPJS Kesehatan.

Jika semua syarat di atas sudah dilengkapi maka selanjutnya Anda sudah bisa memulai proses pembayaran iuran BPJS Kesehatan.

Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat m Banking BCA

Terkait cara bayar tagihan BPJS Kesehatan secara online lewat m Banking BCA sendiri bisa dikatakan mudah, di mana Anda hanya perlu memilih menu-menu yang ada di dalam aplikasi BCA Mobile untuk menyelesaikannya. Jika belum paham, kami akan sampaikan secara lengkap langkahnya:

1. Buka Aplikasi BCA Mobile

Langkah pertama silakan buka aplikasi BCA Mobile di perangkat HP / smartphone Anda.

1. Buka Aplikasi BCA Mobile

2. Klik m-BCA

Saat di halaman awal aplikasi BCA Mobile silakan Anda lanjut pilih menu “m-BCA”.

2. Klik m BCA

3. Masukkan Kode Akses Mobile BCA

Kemudian lanjut dengan masukkan kode akses untuk bisa login ke layanan m Banking BCA. Jika sudah klik “Login”.

3. Masukkan Kode Akses Mobile BCA

4. Klik m-Payment

Lalu akan muncul pilihan menu baru, di bagian ini silakan pilih dan klik menu “m-Payment”.

4. Klik m Payment

5. Klik BPJS

Setelah itu layar akan munculkan opsi menu baru, di sini peserta BPJS / pengguna m Banking BCA tinggal pilih menu “BPJS”.

5. Klik BPJS

6. Input No. Bayar BPJS

Kemudian dilanjutkan dengan masukkan / input no. bayar BPJS Kesehatan BCA yaitu dengan memasukkan kode angka 88888+10 digit akhir nomor kepesertaan BPJS Kesehatan.

  • Contoh : 888881234567891

Jika sudah klik “OK” > “Send” dibagian pojok kanan atas layar tampilan.

6. Input No. Bayar BPJS

7. Konfirmasi Pembayaran

Dengan begitu, maka akan muncul konfirmasi pembayaran iuran BPJS Kesehatan yang dimaksud. Cek dan pastikan semua sudah sesuai, jika benar maka klik “OK”.

7. Konfirmasi Pembayaran

8. Masukan PIN BCA Mobile

Langkah berikutnya Anda akan diminta untuk input PIN m-BCA / m Banking BCA untuk selesaikan pembayaran iuran. Setelah berhasil input PIN klik “OK”.

8. Masukan PIN BCA Mobile / m Banking BCA Untuk Selesaikan Bayar Iuran BPJS Kesehatan

9. Bayar Iuran BPJS lewat M Banking BCA Berhasil

Dengan begitu maka proses atau langkah bayar iuran BPJS Kesehatan lewat m-Banking BCA / BCA Mobile sudah berhasil. Anda juga akan dapatkan bukti transaksi seperti di bawah ini.

9. Cara Bayar Iuran BPJS Kesehatan lewat M Banking BCA Berhasil

Selain cara bayar BPJS Kesehatan, Anda bisa manfaatkan layanan m Banking BCA untuk bayar denda BPJS. Sehingga bagi Anda yang pernah telat atau tunggak bayar iuran, bisa manfaatkan layanan m Banking ini untuk pembayaran dendanya.

Biaya Admin Bayar Iuran BPJS Kesehatan Lewat m Banking BCA

Lantas berapa biaya admin bayar BPJS Kesehatan lewat Mobile Banking BCA? Mengenai biaya sendiri, bagi peserta yang melakukan pembayaran iuran BPJS Kesehatan lewat layanan m Banking BCA akan dikenai biaya admin sebesar Rp 2.500.

Hal ini sama seperti saat melakukan bayar iuran BPJS Kesehatan lewat ATM BCA. Di mana saldo pada rekening BCA Anda akan terpotong sejumlah nilai iuran yang harus dibayarkan dan tambahan biaya administrasi.

Keuntungan Bayar BPJS Kesehatan Lewat BCA Mobile

Selain mengetahui cara bayar iuran BPJS kesehatan di atas, Anda juga perlu mengetahui keuntungan apa saja yang dapat dapatkan oleh peserta. Antara lain keuntungan pembayaran BPJS pakai m Banking BCA sendiri seperti misalnya:

  • Bayar iuran BPJS Kesehatan bisa dilakukan tanpa keluar rumah.
  • Bayar iuran BPJS Kesehatan bisa dilakukan kapan dan dimana saja.
  • Proses pembayaran BPJS jauh lebih cepat, mudah dan praktis.
  • dan biaya admin murah.

Jadi bagi Anda para peserta BPJS Kesehatan dan merupakan nasabah bank BCA kemudian sudah aktivasi m Banking BCA, maka bisa memanfaatkannya untuk bayar iuran. Apalagi seperti sudah disampaikan jika cara bayar cukup mudah.

Melihat cara bayar BPJS pakai M-Banking BCA yang kodebpjs.com sampaikan di atas, bisa dikatakan langkah sangat praktis. Tanpa perlu datang ke kantor, ATM, Indomaret, Alfamart Anda sudah bisa melakukan pembayaran iuran BPJS. Hal inilah yang menjadikan keuntungan saat Anda membayar lewat BCA Mobile.

Selain itu, bagi peserta BPJS Kesehatan dan merupakan nasabah bank lain maka bisa manfaatkan layanan m Banking dari setiap bank yang ditawarkan. Karena cara bayar BPJS Kesehatan bisa dilakukan juga lewat layanan m-Banking Mandiri, m Banking BNI, m Banking BRI dan lainnya.