√ Tidak Bisa Bayar BPJS Kesehatan? Ini 10 Penyebab & Cara Mengatasi

Tidak Bisa Bayar BPJS Kesehatan – Wajib bagi peserta BPJS Kesehatan Mandiri untuk melakukan pembayaran iuran setiap bulan sesuai dengan kelas dan jumlah anggota yang didaftarkan. Tujuannya agar kepesertaan tetap aktif dan bisa dapatkan manfaatnya.

Dalam proses pembayaran iuran BPJS Kesehatan ini ada banyak cara yang bisa dilakukan, baik itu cara offline maupun online. Untuk cara offline seperti bayar lewat ATM, kantor cabang, Alfamart, Indomaret atau lainnya.

Sedangkan cara bayar iuran BPJS online bisa melalui via Mobile Banking, dompet digital (OVO, DANA dan lainnya) atau melalui e-commerce Tokopedia, Shopee, Bukalapak dan lainnya. Kemudahan tersebut dirasakan hanya dengan memilih menu pada aplikasi.

Namun terkadang peserta BPJS menjumpai masalah yang akibatkan tidak bisa bayar BPJS Kesehatan. Lantas apa penyebab dan kenapa tidak bisa lakukan bayar iuran BPJS Kesehatan? Dengan begitu, kami akan sampaikan secara lengkap di bawah ini.

Citayam

Tidak Bisa Bayar BPJS Kesehatan

Tidak Bisa Bayar BPJS Kesehatan

Membahas tidak bisa bayar BPJS sendiri merupakan hal umum yang terjadi dan banyak dialami oleh para peserta. Hal ini juga yang menjadikan peserta BPJS Kesehatan bertanya-tanya kenapa tidak bisa bayar BPJS Kesehatan dan bagaimana cara untuk mengatasinya.

Penyebab Tidak Bisa Bayar BPJS Kesehatan

Penyebab Tidak Bisa Bayar BPJS Kesehatan

Untuk penyebab peserta gagal membayar iuran BPJS Kesehatan sendiri ada beberapa masalah. Namun secara umum permasalahan tersebut datang akibat dari hal-hal ini, diantara lainnya seperti:

1. Nomor Kepesertaan Salah

Pertama, tidak bisa bayar BPJS dikarenakan peserta salah dalam memasukkan nomor kepesertaan BPJS Kesehatan. Dengan begitu akan otomatis, pembayaran tidak akan bisa dilanjutkan karena tidak ada konfirmasi nama peserta dan nominal yang harus dibayar.

2. Tagihan Bulan Periode Sudah Dibayar

Kedua, tidak bisa bayar BPJS juga dikarenakan periode bulan tagihan sudah dibayarkan. Hal ini mengakibatkan pembayaran akan dengan sendirinya gagal. Mungkin Anda hanya bisa melakukan bayar iuran BPJS untuk bulan-bulan berikutnya.

3. Proses Pembayaran Gagal

Ketiga, tidak bisa bayar BPJS dikarenakan proses pembayaran yang dilakukan alami kegagalan. Seperti contohnya saat Anda melakukan proses bayar lewat aplikasi online (m Banking, dompet digital, e-commerce) dengan sendirinya koneksi internet terputus. Dengan begitu maka pembayaran akan otomatis gagal.

4. Gangguan Pihak Layanan

Keempat, tidak bisa bayar BPJS disebabkan oleh adanya gangguan server / sistem pada layanan yang digunakan untuk melakukan pembayan iuran BPJS. Seperti misalnya saat Anda melakukan bayar lewat m Banking bank, ternyata server / sistem sedang ada pemeliharaan / maintenance.

Cara Mengatasi Tidak Bisa Bayar BPJS Kesehatan

Cara Mengatasi Tidak Bisa Bayar BPJS Kesehatan

Lantas bagaimana cara mengatasi untuk masalah tidak bisa membayar BPJS Kesehatan tersebut?. Membahas terkait masalah gagal bayar BPJS kesehatan, bisa dilakukan dengan memperhatikan faktor penyebab dari masalah gagal membayar iuran BPJS Kesehatan.

1. Pastikan Nomor Kepesertaan Benar

Jika masalah karena kesalahan peserta dalam input nomor kepesertaan BPJS Kesehatan, maka solusinya adalah dengan cek dan memastikan jika nomor kepesertaan sudah benar. Hal inilah yang wajib peserta teliti saat input data nomor BPJS Kesehatan.

2. Pastikan Bulan Periode Belum Dibayar

Lalu saat masalah tidak bisa bayar BPJS akibat periode bulan sudah dibayar, maka tidak ada cara untuk mengatasinya. Namun Anda bisa melakukan pembayaran iuran BPJS Kesehatan untuk bulan depannya. Karena untuk pembayaran bulan depan masih bisa dilakukan.

3. Coba Lakukan Ulang Pembayaran

Kemudian tidak bisa bayar BPJS akibat proses pembayaran berstatus gagal, maka cara mengatasinya adalah dengan lakukan pembayaran secara ulang. Namun dengan memastikan dua hal di atas yaitu nomor kepesertaan benar dan periode bulan memang belum terbayarkan.

4. Tunggu Pulih & Normal

Namun saat masalah tidak bisa bayar BPJS akibat server atau sistem layanan yang digunakan sedang mengalami gangguan, error atau maintenance maka tidak ada cara selain menunggu pulih. Anda bisa menunggu beberapa menit dan membuka secara berkala untuk memastikan jika layanan kembali normal.

5. Hubungi Pihak Penyedia Layanan

Jika beberapa cara mengatasi tidak bisa bayar iuran BPJS di atas tetap bisa dilakukan dan tetap alami kegagalan maka bisa coba untuk menghubungi CS pihak penyedia layanan untuk meminta penjelasan. Contoh saat Anda bayar BPJS Kesehatan lewat OVO namun gagal dan tidak masuk, silakan hubungi call center OVO.

Demikian kiranya pembahasan terkait penyebab dan cara mengatasi tidak bisa bayar iuran BPJS Kesehatan yang kodebpjs.com bisa sampaikan. Semoga adanya masalah tidak bisa membayar BPJS Kesehatan di atas bisa bermanfaat untuk semua yang membutuhkan.

Sumber Gambar : kompasiana.com, sepulsa.com, serambinews.com