18 Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat BNI Mobile Banking 2022

Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat BNI Mobile Banking – Menjadi peserta BPJS Kesehatan, itu tandanya wajib untuk membayarkan iuran bulanan sesuai kelas yang dipilih yaitu kelas 1, 2 dan 3. Nantinya peserta perorangan/mandiri harus membayarkan sesuai jumlah peserta yang terdaftar di KK.

Dalam metode pembayaran BPJS Kesehatan sendiri cukup banyak layanan yang sudah Anda dapatkan, mulai dari bayar lewat ATM dan m-Banking semua bank, dompet digital, e-commerce, minimarket dan masih banyak cara lain yang bisa peserta dapatkan.

Mungkin cara termudah untuk bisa bayar iuran BPJS Kesehatan adalah melalui layanan Mobile Banking, karena dengan layanan inilah Anda bisa melakukan pembayaran kapan saja dan dimana saja. Apalagi kini berbagai layanan Mobile Banking sudah bisa digunakan untuk membayar BPJS.

Nah pada kesempatan kali ini sendiri kami akan sajikan salah satu cara bayar BPJS Kesehatan lewat layanan Mobile Banking BNI. Mungkin bagi nasabah BNI / pengguna BNI Mobile yang kebetulan merupakan peserta BPJS Kesehatan dan belum tahu cara bayarnya, simak caranya dibawah ini.

Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat BNI Mobile Banking

Syarat Bayar BPJS Kesehatan Via BNI Mobile Banking

Namun sebelum lanjut ke pembahasan mengenai cara bayar iuran BPJS Kesehatan di atas, terlebih dahulu Anda harus apa saja syarat ketentuan yang diperlukan agar proses pembayaran lewat layanan m-Banking BNI ini bisa berjalan lancar. Adapun beberapa syarat ketentuan tersebut seperti misalnya:

  • Perangkat berupa smartphone untuk akses layanan m-Banking BNI.
  • Perangkat terhubung dengan koneksi internet lancar.
  • Sudah daftar atau memiliki akun BNI Mobile Banking.
  • Saldo di dalam BNI Mobile Banking cukup untuk pembayaran.
  • Mengetahui nomor kepesertaan BPJS Kesehatan.
  • Mengetahui besaran iuran kelas BPJS Kesehatan entah itu 1,2 dan 3.
  • Kode pembayaran / nomor VA (88888 + 11 digit nomor kartu BPJS Kesehatan)

Besaran iuran BPJS Kesehatan Terbaru

Untuk kelas BPJS Kesehatan terbaru sebelum rencana diganti menjadi satu kelas saja yaitu kelas standart yaitu masih mengacu pada Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 64 Tahun 2020 Tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2018 Tentang Jaminan Kesehatan. Besaran iuran sendiri seperti:

KELAS BPJS KESEHATANIURAN
Kelas 1Rp 150.000
Kelas 2Rp 100.000
Kelas 3Rp 35.000

Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat BNI Mobile Banking

Jika sudah melengkapi semua syarat ketentuan bayar BPJS lewat BNI Mobile Banking di atas, berikutnya Anda tinggal mengetahui bagaimana cara bayar iuran BPJS Kesehatan lewat m-Banking BNI. Caranya sangat mudah dan tidak kalah mudah dengan cara bayar BPJS lewat ATM BNI, namun untuk lebih jelasnya bisa simak dan ikuti langkah di bawah ini:

  • Langkah pertama, silakan buka aplikasi BNI Mobile Banking di perangkat yang Anda gunakan.
  • Kemudian dilanjut dengan login menggunakan User ID dan MPIN.

1. Login Menggunakan User ID dan MPIN

  • Dengan begitu, Anda akan muncul layar tampilan utama. Di bagian ini silakan pilih menu “Pembayaran”.

2. Pilih Menu Pembayaran

  • Lalu muncul beberapa pilihan opsi baru, silakan pilih saja yang “BPJS” > “BPJS Kesehatan”.

2. Pilih Menu Pembayaran 1

  • Selanjutnya Anda akan diminta memasukkan nomor Virtual Account (VA) / kode pembayaran BPJS. Silakan masukkan kode 88888 + 11 digit nomor kartu BPJS Kesehatan Anda dan jumlah bulan akan dibayar.

4. Memasukkan Nomor Virtual Account

  • Setelah itu Anda juga akan diminta untuk masukkan nominal iuran BPJS yang harus dibayarkan, jika sudah klik “Lanjut”.
  • Kemudian setelah cek dan konfirmasi pembayaran jika semua sudah benar.

5. Konfirmasi Pembayaran

  • Silakan masukkan password transaksi m-banking BNI.
  • Terakhir klik “Lanjut” guna memproses pembayaran BPJS Kesehatan dan tunggu hingga notifikasi transaksi pembayaran berhasil.

6. Masukkan Password Transaksi m Banking BNI

Biaya Admin Bayar BPJS Kesehatan Lewat BNI Mobile Banking

Terkait besaran biaya admin bayar iuran BPJS Kesehatan lewat m-Banking BNI nantinya tidak dikenai biaya alias gratis. Dengan begitu, saldo hanya akan terpotong sesuai nominal pembayaran BPJS Kesehatan.

Ini menjadi salah satu keuntungan bagi peserta BPJS Kesehatan yang juga merupakan nasabah BNI, selain dimudahkan proses pembayaran. Dengan bayar BPJS Kesehatan lewat m-Banking BNI Banking juga nantinya tidak dikenai potongan biaya admin.

Demikian kiranya pembahasan terkait cara bayar iuran atau tagihan BPJS Kesehatan lewat BNI Mobil Banking yang dapat kodebpjs.com sajikan. Semoga adanya cara bayar BPJS Kesehatan lewat m-Banking BNI di atas bisa bermanfaat untuk semua yang membutuhkan. Terutama peserta BPJS yang juga merupakan pengguna BNI Mobile Banking.