8 Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat DANA 2022 : Syarat & Biaya Admin

Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat DANA – Banyak keuntungan didapat saat Anda ikut menjadi peserta BPJS Kesehatan. Salah satunya adalah terjaminnya berbagai penyakit yang diderita peserta, sehingga saat berobat nantinya akan gratis.

Namun dalam urusan berobat menggunakan BPJS Kesehatan secara gratis, kepesertaan BPJS Kesehatan wajib aktif atau selalu membayar iuran bulanan sesuai kelas yang dipilih. Sehingga proses berobat menggunakan BPJS bisa berjalan lancar.

Jadi saat Anda berhasil daftar BPJS Kesehatan, maka harus selalu membayar iuran tersebut agar senantiasa kepesertaan aktif. Apalagi kini kemudahan dalam bayar BPJS Kesehatan sudah dapat dirasakan, karena banyak metode yang bisa dipilih.

Mulai dari bayar BPJS Kesehatan lewat ATM, m-Banking, Dompet Digital, e-Commerce dan banyak lainnya. Dan pada kesempatan kali ini kami akan sajikan cara bayar BPJS Kesehatan lewat layanan dompet digital DANA. Bagaimana caranya? Simak sampai akhir.

Citayam

Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat DANA

Syarat Bayar BPJS Kesehatan Lewat DANA

Sebelum lanjut ke pembahasan mengenai cara bayar iuran BPJS lewat DANA, guna kelancaran maka Anda perlu mengetahui apa saja syarat ketentuan yang diperlukan. Adapun syarat ketentuan tersebut tidak jauh berbeda dengan syarat pembayaran lainnya, di mana Anda harus lengkapi beberapa hal berikut:

  • Menyiapkan perangkat berupa smartphone / HP untuk akses layanan m-Banking BNI.
  • Pastikan perangkat tersambung dengan koneksi internet lancar untuk pengaksesan.
  • Sudah daftar atau memiliki akun DANA.
  • Saldo di dalam akun DANA cukup untuk pembayaran iuran BPJS.
  • Siapkan / mengetahui nomor kepesertaan BPJS Kesehatan.
  • Tahu besaran iuran kelas BPJS Kesehatan baik itu 1,2 dan 3.

Nominal Iuran BPJS Kesehatan Terbaru

Mengenai besaran kelas BPJS Kesehatan terbaru sebelum rencana diganti menjadi kelas standar masih mengacu pada Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 64 Tahun 2020 Tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2018 Tentang Jaminan Kesehatan. Di mana besaran iuran itu sendiri adalah:

KELAS BPJS KESEHATANIURAN
Kelas 1Rp 150.000
Kelas 2Rp 100.000
Kelas 3Rp 35.000

Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat DANA

Jika sudah tahu apa saja syarat bayar BPJS di atas, maka berikutnya Anda tinggal mengetahui bagaimana cara bayar iuran maupun tagihan BPJS lewat DANA. Caranya sangat mudah dan tidak jauh berbeda dengan cara bayar BPJS Kesehatan lewat m-Banking BNI atau layanan lainnya. Simak cara bayar BPJS lewat DANA berikut ini:

1. Buka & Jalankan Aplikasi DANA

Pertama, silakan buka dan masuk ke aplikasi DANA di perangkat smartphone Anda.

1. Buka Jalankan Aplikasi DANA

2. Pilih & Klik Menu Lihat Semua

Jika sudah, maka akan muncul beberapa opsi menu utama DANA. Di bagian ini silakan klik “Lihat Semua”.

2. Pilih Klik Menu Lihat Semua

3. Pilih Menu BPJS Kesehatan

Secara otomatis maka akan muncul beberapa opsi menu baru. Silakan scroll dan cari opsi Asuransi Pribadi kemudian klik “BPJS Kesehatan”.

3. Pilih Menu BPJS Kesehatan

4. Input ID Pelanggan / Nomor Peserta BPJS

Setelah itu Anda akan diminta untuk memasukkan ID Pelanggan atau nomor kepesertaan BPJS Kesehatan. Dengan begitu maka akan muncul nominal pembayaran iuran, silakan klik “Bayar”.

4. Input ID Pelanggan Atau Nomor Peserta BPJS

5. Konfirmasi Pembayaran

Jika sudah pada layar akan muncul konfirmasi pembayaran BPJS, cek dan pastikan semua sudah benar. Jika sesuai maka silakan klik “Bayar Rp 35.000” dibagian bawah.

5. Konfirmasi Pembayaran

6. Bayar BPJS Lewat DANA Berhasil

Dengan begitu maka proses bayar iuran BPJS Kesehatan lewat aplikasi DANA sudah berhasil dan Anda akan diberikan bukti pembayaran berhasil. Untuk bisa melihat bukti secara detail klik saja dibagian “Lihat Transaksi”.

6. Bayar BPJS Lewat DANA Berhasil

Melihat cara bayar BPJS lewat DANA di atas, tidak kalah mudahnya dengan cara bayar BPJS lewat Bukalapak, Tokopedia, Shopee, layanan m-Banking dan lainnya. Di mana Anda hanya perlu pilih menu-menu yang Anda untuk menyelesaikannya.

Biaya Admin Bayar BPJS Kesehatan Lewat DANA

Lantas apakah ada biaya admin saat bayar BPJS Kesehatan lewat aplikasi Dompet Digital DANA? Terkait pembayaran iuran BPJS Kesehatan lewat DANA sendiri nantinya peserta/pengguna DANA akan dikenai biaya admin sebesar Rp 2.500 setiap melakukan pembayaran.

Itu artinya saldo di akun DANA akan terpotong sesuai dengan nominal pembayaran iuran setiap kelas + biaya administrasi. Jadi pastikan saldo cukup untuk bayar tagihan dan biaya admin setiap pembayarannya.

Demikian kiranya pembahasan terkait cara bayar BPJS lewat aplikasi DANA yang dapat kodebpjs.com sajikan. Semoga dengan adanya pembahasan cara bayar BPJS Kesehatan di atas bisa bermanfaat untuk semua yang membutuhkan. Terutama bagi peserta BPJS Kesehatan dan pengguna aplikasi DANA baru yang belum tahu langkah pembayarannya.