Cara Mengganti Metode Pembayaran BPJS Terbaru 2020

Cara Mengganti Metode Pembayaran BPJS – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau biasa dikenal dengan BPJS Kesehatan yaitu salah satu program yang di tunjukkan kepada seluruh masyarakat Indonesia. Dengan adanya BPJS Kesehatan ini nantinya anda bisa mendapatkan sebuah layanan kesehatan dari berbagai aspek.

Dimana dalam BPJS ini nantinya setiap pesertanya di kenakan biaya iuran setiap bulannya, besaran iuran tersebut nantinya tergantung dengan kelas apa yang di ambil dahulu saat mendaftarkan menjadi peserta BPJS. Dimana setiap kelas memiliki besaran iuran berbeda dan layanan fasilitas yang didapatkan.

Banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk membayarkan iuran BPJS tersebut, bisa lewat mesin ATM bank, layanan internet banking, kantor POS, supermarket, atau bisa juga secara autodebet. Dengan begitu nantinya para peserta BPJS Kesehatan bisa memilih akan menggunakan metode pembayaran yang mana.

Namun pada kesempatan kali ini kodebpjs.com akan menyampaikan sebuah informasi mengenai cara mengganti metode pembayaran iuran BPJS kesehatan. Mungkin banyak yang menanyakan hal ini, apakah bisa mengubah atau mengganti metode pembayarannya, dan menggunakan metode pembayaran lainnya.

Cara Mengganti Metode Pembayaran BPJS Terbaru

Cara Mengganti Metode Pembayaran BPJS Terbaru

Nah untuk anda yang penasaran akan sebuah cara melakukan pergantian pembayaran berikut akan di sampaikan di bawah ini secara jelas. Jadi jika para peserta BPJS kesehatan yang berkeinginan untuk melakukan pergantian metode pembayaran dan ingin menggunakan metode pembayaran lainnya, simak terus ulasan berikut ini sampai akhir agar paham dan jelas mengenai caranya.

Cara Mengganti Metode Pembayaran BPJS

Cara Mengganti Metode Pembayaran BPJS

Sebelum berlanjut ke sebuah cara mengganti metode pembayarannya, ketahui terlebih dahulu alasan yang biasa muncul dari peserta BPJS dimana berkeinginan untuk menggantinya. Para peserta yang ingin mengganti metode pembayaran sendiri yaitu biasanya yang telah menggunakan pembayaran auto debet dengen rekening bank.

Dimana ingin mengganti dengan metode pembayaran yang dilakukan secara manual, seperti mentransfer atau membayarkan sendiri dengan datang langsung ke kantor cabang BPJS terdekat. Dari banyaknya peserta yang berkeinginan mengganti metode pembayaran beralasan seperti itu dan melepaskan pembayaran autodebet/otomatis.

Untuk mengganti metode pembayaran dari yang sebelumnya menggunakan metode pembayaran autodebet layanan bank, maka anda hanya perlu mendatangi kantor bank yang bersangkutan untuk menonaktifkannya. Nantinya hanya perlu mengutarakan kepada petugas bank jika anda ingin menonaktifkan pembayaran autodebetnya.

Nantinya petugas akan lanjut memproses penonaktifan sebuah pembayaran autodebet BPJS anda, jika sudah berhasil maka petugas akan memberitahukan. Jika sudah berhasil maka anda bisa menggunakan metode pembayaran lain untuk membayarkan iuran BPJS Kesehatan, baik menggunakan metode pembayaran transfer bank atau bayar langsung di kantor BPJS.

Syarat Diperlukan

Sebagai catatan, sebelum melakukan pergantian sebuah metode pembayaran dari metode pembayaran autodebet layanan bank ke metode lain di bank yang bersangkutan maka perlu di ketahui persyaratan di perlukan. Untuk persyaratan diperlukan sendiri tidak terlalu rumit dan terbilang cukup mudah untuk dipenuhi.

  • Buku rekening tabungan.
  • Kartu ATM sesuai yang digunakan.
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  • Jika perlu bawa juga Kartu Keluarga (KK), kartu BPJS, dan Kartu Indonesia Sehat, siapa tau nantinya di butuhkan.

Setelah menonaktifkan metode pembayaran autodebet layanan bank, tersebut maka para peserta BPJS Kesehatan bisa memilih metode pembayaran lainnya. Namun jangan sampai lupa untuk melakukan pembayaran sebelum tanggal jatuh tempo yang sudah ditentukan oleh BPJS kesehatan.

Mungkin itu saja yang bisa kodebpjs.com sampaikan untuk anda semua yang berkeinginan untuk mengganti metode pembayaran. Semoga informasi ini bisa berguna dan bermanfaat bagi yang membutuhkannya, anda bisa menggunakan cara bayar BPJS lewat ATM Mandiri salah satunya.