4 Cara Cek BPJS Kesehatan Aktif atau Tidak Via Online 2020

Cara Cek BPJS Kesehatan Aktif atau Tidak – Memang menggunakan BPJS kesehatan saat ini memang diharuskan oleh pemerintah untuk semua masyarakat Indonesia, BPJS tersebut nantinya bisa digunakan untuk mendapatkan sebuah layanan kesehatan. Namun apakah jadinya jika ingin menggunakan kartu BPJS kesehatan saat berobat malah BPJS Kesehatan sudah tidak aktif, oleh karena itu cara cek BPJS kesehatan masih aktif atau tidak penting dilakukan.

Namun cara cek tersebut banyak orang yang belum tau sehingga membuat dirinya malahan terbingungkan dengan cara-caranya, sebenarnya cara mengeceknya terbilang sangat mudah yaitu hampir sama seperti cara cek pembayaran BPJS Kesehatan hanya saja para pesertanya malas dan tidak ingin tahu. Nah Kodebpjs nantinya akan memberitahukan cara cek keanggotaan apakah masih aktif maupun tidak sehingga bisa digunakan jika masih aktif nantinya kartu BPJS tersebut bisa digunakan.

Cara yang akan dibahas juga terbilang cukup mudah, karena akan membahasnya yang secara online, mungkin cara cek secara online bisa membantu meringankan karena peserta tidak perlu mendatangi kantor BPJS kesehatan untuk menanyakan keaktifannya saja. Mungkin cara ini bisa terbilang cukup ampuh karena para peserta tidak dibuat cape hanya untuk mengetahui apakah kartu BPJS kesehatan masih aktif atau tidak.

Sebenarnya BPJS kesehatan hanya memberlakukan status keanggotaan untuk setiap pesertanya, yaitu peserta dengan status masih aktif dan tidak aktif (non-aktif). Jika status BPJS-nya masih aktif maka peserta tersebut bisa menggunakan kartu BPJS untuk berobat namun sebaliknya jika status sudah tidak aktif maka kartu BPJS tidak bisa digunakan untuk berobat, oleh karena itu selalu cek sehingga BPJS anda siap untuk digunakan kapan saja.

Cara Cek BPJS Kesehatan Aktif atau Tidak Via Online Terbaru

Cara Cek BPJS Kesehatan Aktif atau Tidak Via Online Terbaru

Untuk peserta yang rajin membayarkan iuran mungkin tidak perlu khawatir mengenai hal itu, namun yang tidak pastinya was-was. Oleh karena itu juga membayarkan iuran harus rutin dan jangan sampai menunggak agar kartu BPJS tetap aktif dan bisa digunakan.

Cara Cek BPJS Kesehatan

Cara Cek BPJS Kesehatan

Untuk caranya sendiri terdapat beberapa cara, cara -cara ini pastinya akan membuat peserta merasa termudahkan. Nah berikut cara cek keanggotaan BPJS apakah masih atau tidak :

Melalui Online Website

  • Cara cek pertama silakan kunjungi website resmi milik BPJS Kesehatan yaitu https://daftar.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs-checking/
  • Kemudian lanjut masuk ke halaman informasi
  • Setelah masuk ke halaman resminya langsung saja isikan kolom-kolom yang kosong dari nomor kartu BPJS Kesehatan, tanggal lahir, dan jangan lupa isi angka validasi.
  • Jika sudah terisi semua, klik cek untuk dapat melihat semua informasi mengenai status keaktifan kartu BPJS Kesehatan.
  • Semua informasi akan tertera pada layar monitor tentang akun BPJS Kesehatan tersebut, mulai dari status keanggotaan, nama peserta, jenis keanggotaan hingga jumlah anggota yang didaftarkan.
  • Kemudian bisa berlanjut dengan menggeserkan layar, kemudian akan  muncul daftar tagihan setiap bulannya dan juga tanggal pembayarannya.

melalui Call Center

Cara cek BPJS Kesehatan apakah masih aktif atau tidak bisa cek dengan menghubungi call center BPJS kesehatan, tidak hanya bisa menanyakan apakah BPJS kesehatan masih aktif atau tidak saja berbagai keluhan bisa anda dilaporkan disini. Anda bisa menghubunginya kapanpun selama 24 jam non stop di 1500 400, untuk menanyakannya keanggotaan apakah masih aktif atau tidak dan keluhan lainnya.

Namun sebelum menanyakan pada call center alangkah baiknya terlebih dahulu menyiapkan dokumen-dokumen BPJS Kesehatan tersebut yang nantinya ditanyakan, bisanya menanyakan nomor BPJS dan juga nomor KTP. Setelah itu petugas akan memproses dan tunggu sebentar kemudian petugas akan memberitahukan keaktifan BPJS kesehatannya. Mungkin cara mengecek ini bisa dikatakan cara paling simpel karena hanya perlu menyiapkan HP dan dokumen-dokumen pentingnya.

Melalui SMS Gateway

Cara cek selanjutnya juga terbilang sangat mudah pula untuk di lakukan, mengapa tidak para peserta yang ingin tahu apakah BPJS kesehatannya masih aktif atau tidak hanya perlu mengirimkan sebuah SMS dan nantinya akan ada balasan dari sana mengenai hasilnya. Berikut format SMS-nya:

  • NOKA(spasi)Nomor Kartu BPJS Kesehatan milik anda.
  • NIP(spasi)Nomor Induk Pegawai
  • NIK(spasi) Nomor Kependudukan

Pilihlah salah satu format SMS diatas dan langsung kirimkan ke nomor 0877 7550 0400. Pastikan terdapat sebuah pulsa untuk mengirim pesan tersebut, setelah itu tunggu sebentar sampai dari pihak BPJS membalas pesan anda dengan menujukan apakah BPJS Kesehatan masih aktif atau tidak.

Melalui Aplikasi BPJS Kesehatan

Cara cek selanjutnya bisa dilakukan melakukan sebuah aplikasi, tidak hanya langsung lewat sebuah website ternyata para peserta juga bisa cek keaktifan anggotanya melalui sebuah aplikasi. Aplikasi ini bernama JKN-KIS BPJS Kesehatan, nah untuk cara cek berikut akan dijelaskan dibawah ini:

  • Cara cek pertama peserta hanya perlu mengunduh aplikasinya di playstore atau App store
  • Setelah mengunduhnya instal pada HP
  • Lanjut dengan buka dan masuk
  • Kemudian peserta akan disuguhi layar tampilan awal berupa form login yang meminta untuk memasukkan nomor kartu BPJS Kesehatan, email dan passwordnya
  • Jika sudah pernah masuk aplikasi ini, maka hanya perlu login kembali. Namun jika belum bisa mengisi daftar register dan ikuti cara-caranya sembari menyiapkan dokumen dibutuhkan seperti Kartu BPJS, nomor KTP, nama ibu kandung, nomor HP, email dan lainnya
  • Jika sudah semuanya klik Register, kemudian tunggu sebentar kode verifikasi akan didapatkan melalui email
  • Cek email serta salin kode tersebut
  • Kode itu kemudian salinkan di form verifikasi selanjutnya klik Verify
  • Jika sudah regis serta terverifikasi, anda akan dibawa ke menu tampilan utama, dari aplikasi ini akan menampilkan beberapa fitur JKN-KIS
  • Cara cek keanggotaan apakah masih aktif atau tidak anda hanya pilih Peserta
  • Selanjutnya anda akan menemukan informasi mengenai BPJS Kesehatan anda dan keluarga terdaftar
  • Selain itu juga bisa mengetahui tagihan iuran BPJS kesehatan setiap bulannya

Sebab BPJS Kesehatan Tidak Aktif

Sebab BPJS Kesehatan Tidak Aktif

Iuran Menunggak

Tidak membayarkan iuran bulanan bisa menjadi salah satu hal yang bisa membuat BPJS kesehatan milik anda tidak di aktifkan kembali. Oleh karena itu bagi anda yang berkeinginan kartu BPJS kesehatannya tetap aktif, maka selalu rajin dalam membayarkan iuran sesuai kelas dahulu dipilih dahulu pada saat pertama kali membayarkannya.

Dianggap Mampu Membayar Sendiri

Jika anda adalah peserta BPJS kesehatan jenis Penerima Bantuan Iuran (PBI), bisa saja anda sudah dianggap sudah mampu membayarkan sendiri menjadikan kenapa BPJS kesehatan tersebut tidak lagi di aktifkan. Bukan tidak diaktifkan BPJS kesehatannya melainkan PBI tersebut yang tidak diaktifkan, kemudian anda menjadi anggota seperti biasa dimana harus membayarkan iuran setiap bulannya.

Telah memiliki usia 21 tahun

Jika anda dalah seorang anak pastinya biaya iuran setiap bulannya akan di bayarkan oleh orang tuanya, namun itu hanya sampai usia 21 tahun saja atau masih dalam mas bersekolah atau menjalankan pendidikan. Jika sudah 21 dan sudah berkeluarga sendiri dari pihak BPJS kesehatan akan menonaktifkannya, pihak BPJS kesehatan akan mengarahkan untuk membuat kartu BPJS sendiri dan besaran iuran tersebut di tanggung sendiri serata sudah lepas dari tanggung jawab orang tua.

Nah itu dia cara cek apakah BPJS anda masih aktif atau tidak serta penyebab apa yang membuat BPJS tidak diaktifkan atau nonaktifkan. Semoga informasi yang Kodebpjs sampaikan bisa bermanfaat serta berguna untuk semuanya. Sekedar catatan jangan sampai lupa membayarkan iuran bulanan dan menunggaknya terlalu lama agar BPJS kesehatan anda tetap aktif serta bisa digunakan nantinya.