5 Cara Cek Jadwal Vaksinasi Booster di Aplikasi PeduliLindungi

Cara Cek Jadwal Vaksinasi Booster di Aplikasi PeduliLindungi – Seperti sudah diketahui sendiri setelah berhasil mendapatkan vaksin COVID-19 tahap satu dan dua, maka pemberian vaksin tahap ketiga segera dimulai. Vaksin ketiga atau dikenal dengan apa itu vaksin booster diharapkan dapat meningkatkan ketahanan terhadap mutasi virus COVID-19 (Omicron).

Hal itu menjadikan pemerintah memulai program vaksinasi dosis ketiga atau vaksin booster untuk masyarakat per 12 Januari 2022. Seperti data yang diberikan oleh Kementerian Kesehatan jika ada sebanyak 244 kabupaten/kota telah memenuhi syarat untuk melaksanakan vaksinasi booster, yaitu 70 % cakupan vaksinasi dosis pertama dan 70 % dosis kedua.

Dengan hal itu, Kementrian Kesehatan (Kemenkes) memberikan anjuran terhadap para masyarakat guna memeriksa tiket dan jadwal vaksinasi booster di aplikasi PeduliLindungi atau melalui layanan situs web. Nantinya vaksin booster akan diberikan gratis dan diprioritaskan bagi kelompok lansia serta kelompok peserta BPJS PBI.

Nah untuk Anda yang kiranya sudah memenuhi syarat ketentuan guna bisa mendapatkan vaksin booster, maka perlu cek jadwal vaksinasi booster terlebih dahulu. Dan pada pembahasan kali ini kodebpjs.com akan sajikan informasi cara cek jadwal vaksinasi booster di aplikasi PeduliLindungi.

Citayam

Cara Cek Jadwal Vaksinasi Booster di Aplikasi PeduliLindungi

Syarat Cek Jadwal Vaksin Booster

Namun guna bisa cek jadwal vaksinasi booster di aplikasi PeduliLindungi, Anda perlu memahami syarat ketentuan yang berlaku. Diantara lain syarat untuk bisa cek jadwal vaksinasi booster itu sendiri seperti misalnya:

  • Memiliki perangkat yang digunakan untuk akses aplikasi PeduliLindungi.
  • Perangkat terhubung dengan koneksi internet lancar dan stabil.
  • Sudah daftar akun aplikasi PeduliLindungi.
  • Telah update aplikasi PeduliLindungi ke versi terbaru.

Selain itu pastikan jika Anda sudah berhasil mendapatkan vaksinasi tahap satu dan tahap dua menerima vaksin dosis kedua dalam jangka waktu minimal 6 bulan. Nantinya pemberian vaksin booster ini juga hanya akan diberikan pada masyarakat yang memiliki usia 18 tahun ke atas.

Jenis Vaksin Booster

Lalu untuk jenis vaksin booster yang akan diberikan akan ditentukan oleh petugas kesehatan berdasarkan riwayat vaksinasi dosis satu dan dosis kedua yang diterima sebelumnya. Selain itu juga menyesuaikan dengan ketersediaan vaksin di tempat layanan, untuk jenisnya seperti berikut:

  • Pertama, penerima vaksin Sinovac dosis pertama dan kedua dibolehkan menggunakan setengah vaksin Pfizer sebagai vaksin booster.
  • Kedua, penerima vaksin Sinovac dosis pertama dan kedua dapat menggunakan setengah dosis vaksin AstraZeneca sebagai vaksin booster.
  • Ketiga, penerima vaksin AstraZeneca dosis pertama dan kedua bisa menggunakan setengah dosis vaksin Moderna sebagai vaksin booster.

Cara Cek Jadwal Vaksinasi Booster di Aplikasi PeduliLindungi

Lalu bagaimana cara cek jadwal vaksinasi booster atau tahap tiga di aplikasi PeduliLindungi? Untuk caranya sendiri sangatlah mudah dan sederhana, namun bagi Anda yang kurang jelas bisa simak dan ikuti pembahasan di bawah ini sampai akhir.

  • Pertama silakan buka aplikasi PeduliLindungi di perangkat yang digunakan.
  • Kemudian masuk dengan akun yang telah terdaftar.

Masuk ke Akun Profil

  • Setelah itu klik menu pilih “Status Vaksinasi & Hasil Tes COVID-19”.

Pilih Status Vaksinasi Hasil Tes COVID 19

  • Akan secara otomatis status dan jadwal vaksinasi booster muncul.

Status dan Jadwal Vaksinasi Booster Muncul

  • Lalu untuk cek tiket vaksin, silakan masuk ke menu “Riwayat dan Tiket Vaksin”.

Masuk ke Menu Riwayat dan Tiket Vaksin

Bagaimana mudah bukan cara cek jadwal vaksin booster lewat aplikasi PeduliLindungi di atas, dengan mengikuti serangkaian proses cek jadwal vaksin booster tersebut maka pengecekan sudah berhasil.

Apakah Ada Cara Lain Cek Jadwal Vaksinasi Booster?

Jawabannya ada. Di mana Anda bisa manfaatkan layanan situs web pedulilindungi.id untuk mengecek status dan tiket vaksinasi. Caranya cukup mudah yang mana Andan tinggal memasukkan “Nama Lengkap” dan “NIK”, lalu klik periksa.

Otomatis layar akan menampilkan informasi jadwal dan tiket vaksinasi booster atau dosis tiga tersebut beserta lokasi dan jenis vaksinnya. Tentu saja cara cek jadwal vaksin ini sangat mudah untuk dilakukan.

Bagaimana Jika Tiket dan Jadwal Tidak Muncul ?

Jika Anda termasuk kelompok prioritas (lansia dan PBI) namun belum dapatkan tiket dan jadwal vaksinasi booster di aplikasi PeduliLindungi, maka bisa langsung datang ke fasilitas kesehatan atau tempat vaksinasi terdekat dengan membawa syarat dokumen seperti KTP dan surat bukti vaksinasi dosis satu dan dua.

Guna kelancaran, pastikan untuk tidak menggunakan NIK dan nomor HP milik orang lain saat mendaftar vaksinasi booster. Tujuannya untuk menghindari kendala administrasi di kemudian hari yang bisa membuat Anda repot untuk mengurusnya ketika sedang membutuhkannya.

Lokasi Vaksinasi Booster

Sedangkan untuk lokasi atau tempat vaksinasi booster sendiri pihak Kemenkes menyebutkan jika vaksinasi booster gratis ini akan dilaksanakan di fasilitas kesehatan milik pemerintah seperti:

  • Puskesmas
  • Rumah sakit pemerintah
  • dan Rumah sakit pemerintah daerah (RSUD)

Sekiranya itu saja cara mudah untuk cek jadwal, tiket dan lokasi vaksinasi booster di aplikasi PeduliLindungi dapat kodebpjs.com sajikan beserta informasi terkait lainnya. Semoga dengan adanya pembahasan cara cek jadwal vaksinasi booster di atas bisa bermanfaat.