PeduliLindungi Tidak Bisa Dibuka ? Ini 12 Penyebab & Mengatasinya

Advertisements

PeduliLindungi Tidak Bisa Dibuka – Sejak diterapkannya vaksinasi, tentu sudah tidak asing lagi dengan apa itu aplikasi PeduliLindungi. Dengan aplikasi inilah peserta yang ikut vaksin bisa lakukan tracking atas hasil vaksin sudah sampai mana.

PeduliLindungi ialah aplikasi untuk pelaksanaan surveilans Kesehatan oleh Pemerintah Republik Indonesia dalam menangani penyebaran corona virus seperti penelusuran (tracing), pelacakan (tracking), pemberian peringatan (warning dan fencing) di wilayah Indonesia.

Jika Anda sudah berhasil membuat akun PeduliLindungi nantinya Anda bisa cek sertifikat vaksin, cek jadwal vaksinasi booster dan daftar vaksin booster. Namun apa itu yang dinamakan aplikasi, tentu akan mengalami sebuah kendala atau masalah saat digunakan.

Advertisements

Dan salah satu masalah yang kerap terjadi dan kerap dilontarkan oleh para pengguna PeduliLindungi adalah aplikasi tidak bisa dibuka. Tentu saja dengan kejadian ini membuat, pengguna tidak bisa melihat atau akses untuk keperluannya.

PeduliLindungi Tidak Bisa Dibuka

Advertisements

PeduliLindungi Tidak Bisa Dibuka

Terkait PeduliLindungi tidak bisa dibuka di HP Android atau iPhone tersebut, pada pembahasan kali ini kodebpjs.com akan sajikan informasi secara lengkap mengenai penyebab beserta cara mengatasi atau memperbaikinya. Jadi terus untuk simak pembahasan PeduliLindungi gagal dibuka berikut ini sampai akhir.

Penyebab Aplikasi PeduliLindungi Tidak Bisa Dibuka

Penyebab Aplikasi PeduliLindungi Tidak Bisa Dibuka

Mengenai kenapa PeduliLindungi gagal dibuka sendiri ada banyak faktornya, namun secara umum penyebab tidak bisa dibuka layaknya aplikasi lainnya. Yang mana tidak bisa dibuka bisa saja dikarenakan oleh beberapa hal berikut ini:

1. Koneksi Internet Tidak Stabil

Penyebab pertama, PeduliLindungi gagal dibuka bisa karena perangkat digunakan untuk buka aplikasi tidak terhubung dengan koneksi internet lancar atau memang koneksi internet sedang buruk dan tidak stabil.

2. Adanya Bug / Error

Penyebab kedua, PeduliLindungi gagal dibuka bisa diakibatkan oleh adanya bug atau error saat sedang digunakan. Biasanya diberikan ciri tidak bisa digerakkan, di scroll atau berhenti total.

3. Adanya Maintenance / Pemeliharaan

Penyebab ketiga gagal buka PeduliLindungi juga dikarenakan sedang ada maintenance atau pemeliharaan sistem aplikasi PeduliLindungi. Untuk hal ini juga umum dan pasti akan terjadi pada sebuah aplikasi tidak terkecuali PeduliLindungi.

4. Kapasitas Penyimpanan Penuh

Penyebab keempat, memori atau ruang penyimpanan penuh juga bisa akibatkan PeduliLindungi gagal dibuka. Secara otomatis pengoperasian atau penggunaan aplikasi PeduliLindungi akan alami tidak bisa dibuka atau diakses.

5. Karena HP Sudah di Root

Penyebab kelima, tidak bisa dibuka juga dapat terjadi karena HP atau perangkat yang digunakan untuk membuka aplikasi PeduliLindungi sudah pernah dilakukan root. Selain itu, HP sudah di root juga nantinya tidak bisa digunakan untuk mengakses aplikasi perbankan.

6. Cache Aplikasi Menumpuk

Selain beberapa penyebab di atas, gagal dibukanya PeduliLindungi juga bisa karena terlalu banyak cache yang menumpuk. Ini sama halnya seperti JKN Mobile atau lainnya, di mana jika banyak cache aplikasi tidak bisa digunakan.

Cara Mengatasi Aplikasi PeduliLindungi Tidak Bisa Dibuka

Cara Mengatasi Aplikasi PeduliLindungi Tidak Bisa Dibuka

Setelah tahu akan penyebab yang menjadikan PeduliLindungi tidak bisa dibuka di atas, selanjutnya tinggal mengetahui bagaimana cara mengatasinya. Sebenarnya caranya sangat mudah, tinggal sesuaikan dengan faktor penyebab yang akibatkan tidak bisa dibuka seperti:

1. Cek & Ganti Koneksi Internet

Cara mengatasi pertama PeduliLindungi gagal dibuka adalah dengan memastikan jika koneksi internet yang terhubung ke perangkat stabil. Jika tidak, maka Anda bisa gunakan koneksi internet lain seperti paket data atau wifi rumah.

2. Tunggu Bug & Maintenance Berakhir

Lalu jika penyebab yang datang karena bug dan maintenance, maka tidak ada cara mengatasi selain menunggu keduanya berakhir. Lalu berapa lama? Untuk hal itu tidak bisa ditentukan, jadi silakan untuk cek secara berkala.

3. Bersihkan Ruang Penyimpanan

Kemudian cara mengatasi tidak bisa dibuka jika karena ruang penyimpanan penuh adalah dengan mencoba kosongkan ruang penyimpanannya. Jadi silakan hapus beberapa file yang kiranya tidak berguna atau digunakan.

4. Muat Ulang / Restart HP

Setelah melakukan cara di atas, Anda bisa mencoba untuk muat ulang atau restart HP. Secara umum setelah restart HP maka aplikasi sudah bisa kembali dibuka dan tujuan lain restart HP ialah setelah ada maintenance mendapatkan pembaharuan fitur terbarunya.

5. Kembalikan ke Setelan Awal HP

Namun cara mengatasi karena HP sudah di root adalah dengan melakukan unroot atau mengembalikan ke setelan awal HP. Untuk cara lakukannya sendiri tergantung dengan perangkat HP apa yang Anda gunakan.

6. Hapus atau Bersihkan Cache

Cara terakhir adalah mencoba untuk hapus bersihkan cache aplikasi PeduliLindungi. Lantas bagaimana cara hapus cache tersebut? Untuk Anda yang belum tahu, silakan ikuti langkah hapus cache di bawah ini.

  • Pertama, silakan buka menu “Pengaturan” di HP.
  • Setelah itu pilih menu “Apl”.
  • Kemudian lanjut dengan pilih “Kelola Aplikasi”.
  • Lalu silakan cari aplikasi “PeduliLindungi”.
  • Terakhir klik “Hapus Data” > “Bersihkan Cache”.
  • Maka proses hapus cache aplikasi PeduliLindungi berhasil.

Jika sudah melakukan beberapa cara atasi di atas, biasanya aplikasi tidak bisa dibuka sudah kembali normal dan siap digunakan seperti biasanya. Namun jika tetap saja tidak berhasil, maka bisa hubungi pihak PeduliLindungi lewat sosial media:

  • Email : pedulilindungi@kominfo.go.id
  • Page Facebook : PeduliLindungi.id
  • Instagram : PeduliLindungi.id
  • Twitter : PLindungi

Itu saja kiranya pembahasan terkait PeduliLindungi tidak bisa dibuka yang dapat kodebpjs.com sajikan, lengkap dengan informasi penyebab beserta cara mengatasi atau memperbaikinya. Semoga adanya pembahasan gagal dibuka aplikasi PeduliLindungi di atas bisa bermanfaat.

Advertisements