15 Cara Cek Jaminan Pensiun di Jamsostek Mobile 2021

Cara Cek Jaminan Pensiun di Jamsostek Mobile – Saat ini, kemudahan dalam pengaksesan urusan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan sangatlah mudah. Karena dari beberapa layanan sudah bisa diakses secara online tanpa harus mengunjungi kantor cabang kantor BPJS Ketenagakerjaan langsung.

Layanan online BPJS yang dimaksud sendiri adalah aplikasi Jamsostek Mobile (JMO) atau sebelumnya dikenal dengan BPJSTKU. Untuk fitur dibekalkan pada aplikasi Jamsostek Mobile sendiri seperti misalnya cek saldo, pengkinian data, pengajuan klaim, simulasi Jaminan Pensiun (JP), dan lainnya.

Namun dengan catatan sebelum bisa menikmati layanan tersebut Anda harus sudah daftar Jamsostek Mobile guna mendapatkan akses masuk. Jika sebelumnya sudah memiliki akses masuk di aplikasi BPJSTKU dari email dan password, silakan gunakan akses tersebut guna login ke aplikasi Jamsostek Mobile.

Nah pada pembahasan kali ini sendiri kodebpjs.com akan sajikan informasi mengenai bagaimana cara cek Jaminan Pensiun di Jamsostek Mobile atau JMO. Sehingga Anda bisa memperkirakan jumlah manfaat nantinya bisa didapat saat masuk waktunya pensiun.

Cara Cek Jaminan Pensiun di Jamsostek Mobile

Manfaat Jaminan Pensiun BPJS Ketenagakerjaan

Namun sebelum berlanjut ke pembahasan mengenai cara cek Jaminan Pensiun di JMO tersebut. Alangkah baiknya kamu ketahui dahulu mengenai apa itu sebenarnya JP dan manfaat apa saja yang didapatkan oleh peserta BPJSTK di sektor Jaminan Pensiun ini.

Program Jaminan Pensiun adalah jaminan sosial yang bertujuan mempertahankan derajat kehidupan layak bagi peserta atau ahli waris. Jaminan ini akan diberikan berupa manfaat atau pemberian uang setiap bulan pada peserta setelah memasuki usia pensiun, alami cacat total, atau meninggal dunia.

Selain itu JP juga sudah diatur dalam PP No.45 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Program Jaminan Pensiun. Nantinya Jaminan Pensiun akan diatur dalam PP No.45 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Program Jaminan Pensiun. Di dalam peraturan menetapkan usia peserta untuk bisa ambil manfaatnya saat memasuki masa pensiun di usia 56 Tahun.

1. Manfaat Pensiun Hari Tua (MPHT)

Pertama, peserta bisa mendapatkan manfaat uang tunai bulanan diberikan saat peserta dengan minimal iuran 15 tahun atau setara dengan 180 bulan. Selain itu akan diberikan saat memasuki usia pensiun atau meninggal dunia maka akan diberikan setiap bulan sesuai ketentuan berlaku.

2. Manfaat Pensiun Cacat (MPC)

Untuk manfaat satu ini nantinya akan diberikan dalam rupa uang tunai bulanan bagi peserta yang alami kejadian atau kecelakaan di mana membuat alami cacat total tetap dengan minimal telah menjadi peseta Jaminan Pensiun 1 bulan dengan density rate minimum 80%.

3. Manfaat Pensiun Anak (MPA)

Manfaat pensiun anak jadi manfaat berikutnya saat ikut kepesertaan Jaminan Pensiun. Di mana uang tunai akan diberikan per bulan kepada anak yang menjadi ahli waris peserta dengan maksimal dua orang anak yang didaftarkan hingga anak tersebut berumur atau usia 23 tahun.

4. Manfaat Pensiun Orang Tua (MPOT)

Untuk manfaat yang diberikan kepada orang tua sebagai ahli waris peserta lajang. Nantinya masa iuran peserta lajang kurang dari 15 tahun dan masa iuran yang digunakan dalam menghitung manfaat adalah 15 tahun dengan ketentuan sudah memenuhi minimal kepesertaan yaitu 1 tahun dan density rate 80%.

5. Manfaat Pensiun Janda/Duda (MPJD)

Terakhir ada manfaat pensiun bagi janda atau duda, di mana tunjangan akan diberikan bagi seseorang duda maupun janda di mana sudah menjadi ahli waris. Tunjangannya adalah agar dapat terus diterima selama penerima belum menikah kembali atau meninggal dunia.

Syarat Cek Saldo Dana Pensiun di JMO

Sebelum lanjut, alangkah baiknya ketahui dahulu syarat apa saja yang dibutuhkan guna melakukan cek manfaat saldo dana Jaminan Pensiun. Tujuannya yaitu guna memperlancar proses pengecekan tanpa ada kendala yang bisa menghambat. Adapun syarat itu sendiri seperti misalnya:

  • Perangkat Terkoneksi Internet

Pertama, pastikan jika perangkat yang digunakan untuk akses aplikasi Jamsostek Mobile sudah terhubung dengan koneksi internet lancar. Gunanya untuk bisa membuka aplikasi Jamsostek tersebut, Anda bisa gunakan koneksi paket data atau WiFi rumah.

  • Sudah Daftar JMO

Kedua, tentu saja peserta harus sudah daftar JMO sehingga punya akses login berupa alamat email dan kata sandi. Jika peserta merupakan pengguna lama sedari aplikasi ini masih bernama BPJSTKU, silakan login dengan email dan password BPJSTKU tersebut. Namun untuk peserta baru silakan daftar terlebih dahulu.

  • Informasi Data

Selain dua syarat di atas, Anda juga perlu melengkapi beberapa data seperti info tanggal tanggal lahir, upah saat ini dan kenaikan upah dalam per tahun (%). Data tersebut berfungsi sebagai pelengkap guna memperkirakan saldo dana Jaminan Pensiun yang nantinya bisa didapat setelah memasuki masa pensiun.

Cara Cek Jaminan Pensiun di Jamsostek Mobile

Jika sudah tahu akan manfaat dari ikut kepesertaan Jaminan Pensiun BPJS Ketenagakerjaan dan syarat cek saldo DANA Pensiun di atas, selanjutnya Anda tinggal mengetahui bagaimana cara cek Jaminan Pensiun di aplikasi Jamsostek Mobile. Lebih jelas cara ceknya, bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Buka Aplikasi Jamsostek Mobile

Langkah awal silakan buka aplikasi Jamsostek Mobile di perangkat yang Anda gunakan baik itu Android maupun iPhone. Lalu langsung saja masukkan email dan kata sandi guna login.

1. Buka Aplikasi Jamsostek Mobile

2. Silakan Login

Setelah berhasil memasukkan alamat email dan kata sandi atau password. Silakan klik “Login” guna melanjutkan ke proses berikutnya.

2. Silakan Login

3. Pilih Program Lainnya

Dengan begitu, Anda akan dimana ke menu tampilan utama dari aplikasi Jamsostek Mobile. Dibagian ini silakan pilih saja pada opsi “PROGRAM LAINNYA”.

3. Pilih Program Lainnya

4. Pilih Jaminan Pensiun

Secara otomatis opsi menu baru akan keluar, karena ini akan cek Jaminan Pensiun, maka silakan pilih saja opsi “Jaminan Pensiun”.

4. Pilih Jaminan Pensiun

5. Klik Simulasi

Kemudian layar akan berganti seperti gambar di bawah ini. Klik saja di bagian “Simulasi”.

5. Klik Simulasi

6. Input Informasi Tanggal Lahir

Setelah itu Anda akan diminta untuk masukkan tanggal lahir, upah saat ini dan kenaikan upah dalam per tahun (%).

6. Input Informasi Tanggal Lahir

7. Klik Hitung Simulasi

Jika berhasil terisi semua, silakan untuk klik “Hitung Simulasi” guna cek Jaminan Pensiun yang nantinya bisa diterima saat diklaim.

7. Klik Hitung Simulasi

8. Cek Jaminan Pensiun Berhasil

Jika sudah demikian maka layar otomatis memunculkan hasil perhitungan lengkap dari usia pensiun, masa iuran, tahun pensiun dan manfaatnya.

8. Cek Jaminan Pensiun Berhasil

Jika sudah demikian tentu saja Anda para peserta BPJS Ketenagakerjaan dan ikut serta dalam program Jaminan Pensiun bisa memperkirakan besaran uang dana pensiun nantinya yang bisa didapatkan. Silakan manfaat aplikasi Jamsostek Mobile untuk kepentingan lainnya seputar kepesertaan BPJSTK yang jauh akan memudahkan.

Demikian kiranya informasi pembahasan terkait cara cek manfaat Jaminan Pensiun di Jamsostek Mobile (JMO) beserta pembahasan terkait lain dapat kodebpjs.com sajikan. Jadi bagi Anda para peserta di mana ingin melakukan cek dan melihat manfaat didapatkan, adanya cara cek Jaminan Pensiun di atas semoga bisa bermanfaat.