5 Cara Cek Saldo di Aplikasi JMO 2022 : Syarat & Keuntungan

Cara Cek Saldo di Aplikasi JMO – Seperti sudah diketahui sendiri, jika kemudahan dalam pengurusan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan dapat dilakukan online melalui aplikasi. Di mana aplikasi tersebut adalah Jamsostek Mobile (JMO).

Di mana aplikasi JMO sendiri adalah aplikasi pengganti dari aplikasi yang sebelumnya bernama BPJSTKU. Jika sebelumnya sudah menggunakan BPJSTKU, maka silakan update aplikasi maka akan secara otomatis sudah menjadi aplikasi JMO.

Berbicara mengenai kemudahan pengurusan kepesertaan di JMO, banyak berbagai macam hal yang bisa dilakukan. Seperti menambahkan KPJ, cetak dan cek kartu BPJS Ketenagakerjaan, klaim saldo, pengkinian data dan banyak fitur lainnya.

Jika ingin mencairkan atau klaim saldo tentu saja peserta harus syarat ketentuan dan juga saldo yang akan diklaim tersebut. Dengan begitu, maka terlebih dahulu Anda harus lakukan cek saldo BPJS Ketenagakerjaan di aplikasi JMO secara online.

Citayam

Cara Cek Saldo di Aplikasi JMO

Lantas apakah sulit untuk lakukan cek saldo di aplikasi JMO? Mengenai hal itu bisa dibilang tidak, bahkan caranya sangat mudah untuk dilakukan. Namun guna lebih jelas lagi mengenai cara cek saldo tersebut, ikuti langkah di bawah ini.

Syarat Cek Saldo di Aplikasi JMO

Namun agar proses cek saldo di aplikasi Jamsostek Mobile bisa berjalan lancar, maka Anda harus mengetahui syarat ketentuan apa saja yang dibutuhkan. Mengenai syarat cek saldo di JMO diantara lain seperti:

  • Siapkan perangkat untuk akses aplikasi JMO.
  • Aplikasi JMO telah update ke versi terbaru.
  • Koneksi internet lancar guna jalankan aplikasi JMO.
  • Sudah daftar JMO atau miliki akses login.

Dengan melihat syarat ketentuan cek saldo di atas, bisa dibilang tidak ada syarat khusus. Yang jelas para peserta sudah daftar dan mempunyai akses login ke aplikasi JMO. Jika belum silakan untuk daftar atau buat akun JMO dahulu.

Cara Cek Saldo di Aplikasi JMO

Setelah berhasil tahu akan syarat apa saja yang diperlukan agar proses cek saldo BPJS Ketenagakerjaan di aplikasi JMO di atas. Maka selanjutnya berlanjut ke pembahasan cara cek saldo di aplikasi Jamsostek Mobile, ini langkahnya:

1. Buka Aplikasi JMO

Pertama silakan buka dan jalankan aplikasi JMO di perangkat yang digunakan. Pastikan jika perangkat sudah terhubung dengan koneksi internet yang stabil dan lancar.

1. Buka Aplikasi JMO

2. Silakan Login Akun JMO

Jika sudah berhasil membuka aplikasi JMO-nya, maka Anda akan dibawa layar awal yang meminta peserta untuk login. Silakan masukkan email dan kata sandi, jika sudah klik “Login”.

2. Silakan Login Akun JMO

3. Klik Jaminan Hari Tua

Dengan begitu maka peserta akan di bawa ke layar tampilan menu utama dari aplikasi JMO. Banyak fitur diberikan namun karena ingin cek saldo, maka klik dibagian “Jaminan Hari Tua”.

3. Klik Jaminan Hari Tua

4. Pilih Cek Saldo

Lalu muncul lagi beberapa opsi menu baru. Karena kali ini akan bahas cek saldo BPJS Ketenagakerjaan, maka pilih dan klik di bagian “Cek Saldo” yang ada pada paling atas.

4. Pilih Cek Saldo

5. Saldo BPJS Ketenagakerjaan Muncul

Otomatis nantinya, pada layar akan muncul informasi saldo dan keterangan lain seperti nomor peserta, status kepesertaan dan ada beberapa hal lainnya.

5. Saldo BPJS Ketenagakerjaan Muncul

Jika sudah di langkah ini, maka proses cek saldo JHT atau kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan di aplikasi JMO sudah berhasil. Peserta bisa melihat saldo terkumpul semasa masih aktif menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan perusahaan.

Keuntungan Cek Saldo di Jamsostek

Selain mengetahui cara cek saldo di atas, selanjutnya Anda juga perlu mengetahui apa saja keuntungan yang didapat saat cek saldo di aplikasi Jamsostek Mobile. Untuk keuntungan didapat seperti misalnya:

  • Proses cek saldo lebih cepat dan praktis.
  • Bisa dilakukan dimana saja selagi ada perangkat dan koneksi.
  • Tanpa datang ke kantor BPJS Ketenagakerjaan untuk pengecekan saldo.
  • Hemat waktu dan tenaga jika lakukan pengecekan saldo offline dengan datangi kantor.

Kenapa Gagal Cek Saldo di JMO ?

Dalam proses cek saldo di JMO tidak semua bisa berjalan lancar seperti yang diinginkan. Ada kalanya proses pengecekan saldo BPJS Ketenagakerjaan online ini gagal dan tidak bisa, lantas apa penyebab dari kegagalan cek saldo tersebut?.

Mengenai gagal cek saldo di aplikasi JMO ada beberapa faktor penyebabnya. Namun secara umum kegagalan yang dialami peserta saat pengecekan adalah karena koneksi internet buruk dan ada maintenance pada aplikasi JMO.

Bukan tidak mungkin jika ada kendala lain yang bisa saja menjadi penyebab kenapa cek saldo gagal. Dengan kegagalan cek saldo ini, pada pembahasan sebelumnya sudah pernah disampaikan lengkap dari penyebab dan cara mengatasinya.

Mungkin itu saja informasi terkait mengenai cara mudah cek saldo kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan secara online di aplikasi Jamsostek Mobile atau JMO yang dapat kodebpjs.com sajikan. Dengan adanya pembahasan cara cek saldo di atas semoga bisa membantu Anda yang masih bingung mengenai langkahnya.