7 Cara Cek Kartu BPJS Ketenagakerjaan di JMO Aktif Tidak

Cara Cek Kartu BPJS Ketenagakerjaan di JMO – Bagi Anda para peserta BPJS Ketenagakerjaan, tentu sudah tidak asing lagi dengan layanan aplikasi online yang bisa memudahkan untuk mengurus kepesertaan. Layanan aplikasi online tersebut bernama Jamsostek Mobile (JMO).

Di mana aplikasi JMO merupakan aplikasi buatan BPJS Ketenagakerjaan yang dirilis untuk menggantikan aplikasi BPJSTKU. Bahkan bagi Anda yang sebelumnya sudah memiliki akses login BPJSTKU, maka tetap bisa gunakan akses tersebut untuk login di Jamsostek Mobile.

Namun untuk para peserta BPJS Ketenagakerjaan baru dan belum pernah memiliki akun BPJSTKU, silakan untuk daftar JMO guna mendapat kemudahan segala urusan kepesertaannya. Karena dengan telah memiliki akses berbagai hal kepesertaan sudah bisa dilakukan hanya dalam genggaman tangan saja.

Di antara lain penggunaan JMO sendiri seperti pengkinian data, pengajuan & lacak klaim JHT, kemudahan daftar & pembayaran iuran segmen BPU, simulasi saldo JHT dan JP, cek saldo, kartu digital, lokasi kanal pelayanan dan promo-promo
menarik yang ditawarkan pihak BPJS Ketenagakerjaan.

Citayam

Cara Cek Kartu BPJS Ketenagakerjaan di JMO

Nah pada pembahasan kali ini sendiri kodebpjs.com akan sajikan informasi terkait penggunaan fitur di dalam aplikasi JMO. Di mana akan di bahas adalah cara cek kartu BPJS Ketenagakerjaan atau KPJ di JMO, karena sedikit berbeda jika cek di BPJSTKU.

Di aplikasi BPJSTKU kartu digital akan langsung muncul di tampilan awal setelah Anda berhasil masuk ke aplikasi BPJSTKU. Sedangkan untuk di JMO tidak ada tampilan menu kartu digital di layar tampian menu utama. Sehingga membuat peserta BPJS Ketenagakerjaan akan merasa bingung.

Apa Itu Kartu BPJS Ketenagakerjaan Digital?

Namun sebelum berlanjut ke pembahasan terkait cara cek kartu BPJS Ketenagakerjaan di atas, alangkah baiknya Anda mengetahui apa itu kartu digital dari BPJS Ketenagakerjaan. Di mana kartu digital atau kartu elektronik ini ditujukan pada peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Keuntungan dari kartu digital ini sendiri adalah memiliki bentuk kekinian, praktis, dan aman. Kartu digital BPJS Ketenagakerjaan juga sudah mendukung kemudahan pekerja dalam menikmati manfaat dari Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Jamsostek) yang ditawarkan.

Manfaat Kartu Digital BPJS Ketenagakerjaan

Lalu jika sudah tahu kartu digital BPJS Ketenagakerjaan, selanjutnya Anda tinggal mengetahui manfaat dari kartu digital BPJS Ketenagakerjaan. Adapun beberapa manfaat dari kartu BPJS Ketenagakerjaan ini diantara lainnya seperti:

  • Memudahkan para pekerja di Indonesia dalam menerima manfaat dan program BPJS Ketenagakerjaan.
  • Memudahkan akses melalui aplikasi JMO (Jamsostek Mobile), SIPP online maupun website resmi BPJS Ketenagakerjaan.
  • Kartu digital bisa digunakan untuk 4 program (JHT, JKK, JKM, dan JP).
  • Menjadi syarat klaim manfaat layanan BPJamsostek.
  • Sebagai bukti untuk bisa mengikuti program pelatihan khusus karyawan untuk menurunkan resiko kecelakaan kerja.
  • Sebagai syarat untuk melakukan perubahan data.

Selain itu masih banyak lagi kartu manfaat dan keuntungan dari kartu BPJS Ketenagakerjaan digital. Seperti memudahkan urusan saat Anda membutuhkan kartu kepesertaan namun Anda tidak membawanya dan keuntungan lainnya.

Cara Cek Kartu BPJS Ketenagakerjaan di JMO

Kembali ke cara cek kartu BPJS Ketenagakerjaan di aplikasi JMO (Jamsostek Mobile), tentu bagi para pengguna aplikasi JMO baru akan merasa bingung. Tidak perlu khawatir, karena pada pembahasan kali ini akan disampaikan secara lengkap cara cek KPJ di aplikasi JMO. Simak pembahasan di bawah ini.

1. Buka Aplikasi JMO

Pertama silakan buka aplikasi JMO (Jamsostek Mobile) kemudian login dengan masukkan alamat email dan kata sandi. Pastikan sudah update ke versi terbaru.

1. Buka Aplikasi JMO

2. Klik Menu Profil Saya

Kemudian Anda akan di bawa ke tampilan layar baru. Di sini silakan pilih dan klik menu “Profil Saya” dibagian pojok kanan bawah.

2. Klik Menu Profil Saya

3. Pilih Opsi Kartu Digital Anda

Dengan begitu layar akan memunculkan beberapa pilihan opsi baru lagi. Di langkah ini Anda hanya perlu pilih “Kartu Digital Anda”.

3. Pilih Opsi Kartu Digital Anda

4. Muncul Kartu BPJS Ketenagakerjaan

Setelah itu di layar aplikasi JMO akan berganti dan memunculkan kartu BPJS Ketenagakerjaan / KPJ Anda. Untuk yang memiliki lebih dari satu maka akan muncul kepesertaan lain.

Lalu untuk memperbesar kartu Kepesertaan tersebut silakan klik di bagian tanda panah di bagian kanan.

4. Muncul Kartu BPJS Ketenagakerjaan

5. Informasi Data Kepesertaan

Secara otomatis layar muncul tampilan baru yang menunjukkan kartu digital BPJS Ketenagakerjaan dan informasi data kepesertaan seperti:

  • Status kepesertaan (aktif atau tidak).
  • Segmen penerima upah.
  • Perusahaan tempat bekerja.
  • Upah terakhir.
  • Pembayaran iuran terakhir.
  • Tanggal usia pensiun.
  • Masa iuran pensiun Jaminan Pensiun.
  • Program yang diikuti.

5. Informasi Data Kepesertaan

Dengan begitu cara cek kartu BPJS Ketenagakerjaan atau KPJ di aplikasi JMO berhasil. Namun guna kelancaran dalam pemprosesan cek kartu BPJS Ketenagakerjaan di JMO, terlebih dahulu memastikan koneksi internet yang terhubung ke perangkat digunakan akses JMO berjalan lancar.

Kartu BPJS Ketenagakerjaan Tidak Muncul

Dalam cek kartu di JMO, terkadang ada kendala yang bisa saja dialami oleh para peserta atau pengguna. Di mana masalah umum yaitu kartu yang tidak bisa muncul, layar blank, aplikasi JMO hang maupun berhenti sendiri.

Atas permasalahan ini umumnya datang dari peserta yang belum belum melakukan pengkinian data sehingga informasi tidak lengkap dan kartu tidak ditampilkan. Jadi silakan untuk lakukan pengkinian data JMO seperti cara sudah pernah di sampaikan terlebih dahulu.

Namun untuk masalah lain seperti aplikasi JMO error dan gangguan server. Silakan Anda menunggu sampai aplikasi kembali bisa digunakan, namun jika tidak kunjung usai, silakan hubungi call center BPJS Ketenagakerjaan.

  • Call center : 175
  • Email : care@bpjsketenagakerjaan.go.id
  • Twitter : @bpjstkinfo
  • Facebook : BPJS Ketenagakerjaan

Seperti itu kiranya cara cek kartu BPJS Ketenagakerjaan yang dapat kodebpjs.com sajikan beserta informasi terkait lainnya. Semoga dengan adanya cara cek kartu KPJ di atas semoga bisa bermanfaat dan berguna bagi semua yang membutuhkan.