6 Cara Cek Nomor BPJS Ketenagakerjaan Praktis 100 % Berhasil

Cara Cek Nomor BPJS Ketenagakerjaan – BPJS Ketenagakerjaan? Mungkin menjadi salah satu program yang wajib diikuti oleh para pekerja. Terutama bagi para pekerja yang menjadi karyawan di suatu perusahaan.

Karena dengan ikut kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan ini nantinya akan mendapat berbagai manfaat yang dapat di rasakan. Salah satunya atas program JAMINAN HARI TUA yang nantinya bisa dirasakan setelah memasuki waktu pensiun.

Di dalam kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan itu sendiri nantinya Anda akan memiliki identitas berupa nomornya wajib disimpan untuk keperluan ke depannya. Lantas bagaimana jika nomor kepesertaan BPJS ketenagakerjaan tersebut tidak diingat?

Tidak perlu khawatir akan hal itu, karena pada pembahasan kali ini kodebpjs.com akan sampaikan informasi mengenai cara cek nomor BPJS Ketenagakerjaan secara mudah. Mungkin masih ada peserta BPJS Ketenagakerjaan yang masih belum paham cara ceknya.

Citayam

Cara Cek Nomor BPJS Ketenagakerjaan

Agar lebih jelas mengenai bagaimana cara cek nomor kepesertaan ini, berikut akan disampaikan secara lengkap di bawah ini. Jai terus untuk simak dan ikuti pembahasan ini sampai akhir, supaya Anda paham cara cek nomor kepesertaannya.

Cara Cek Nomor BPJS Ketenagakerjaan

Mengenai cara cek nomor kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan sendiri ada beberapa cara yang bisa dilakukan, baik itu cek nomor BPJS Ketenagakerjaan secara offline maupun online. Lebih jelasnya, berikut beberapa cara cek nomor tersebut.

1. Cek Nomor Lewat Call Center

1. Cek Nomor Lewat Call Center

Cara cek nomor pertama bisa dilakukan dengan manfaatkan call center BPJS Ketenagakerjaan di 175. Silakan langsung hubungi call center tersebut kapan saja selama 1 x 24 jam, karena layanan call center ini siap melayani Anda kapanpun.

Namun pastikan sebelum menghubungi call center ini melalui panggilan telepon/HP, pastikan jika pulsa yang terdapat pada nomor HP yang digunakan untuk melakukan panggilan terdapat pulsa cukup. Hal itu dikarenakan panggilan ini akan membutuhkan biaya.

2. Cek Nomor Lewat Aplikasi BPJSTKU

2. Cek Nomor Lewat Aplikasi BPJSTKU

Cara cek nomor kedua bisa dilakukan pada layanan aplikasi online bernama BPJSTKU. Mungkin ini bisa dimanfaatkan bagi para peserta BPJS Ketenagakerjaan yang sudah berhasil daftar, registrasi dan aktivasi BPJSTKU. Bagi yang belum maka perlu DAFTAR BPJSTKU terlebih dahulu. Berikut langkah cek nomor BPJS Ketenagakerjaannya.

  • Pertama, silakan buka aplikasi BPJSTKU yang sudah ada di smartphone Anda dan tentunya sudah registrasi.
  • Kemudian lanjut dengan klik Login dan Anda akan diminta untuk masukkan Alamat email dan Kata Sandi yang terdaftar di BPJSTKU.
  • Jika sudah login, pilih menu Kartu Digital.
  • Kemudian tunggu sebentar dan tunggu sampai muncul nomor kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan berupa 11 digit angka.
  • Dengan begitu, informasi kartu muncul beserta nomor BPJS Ketenagakerjaan.

3. Cek Nomor Lewat Situs Resmi

3. Cek Nomor Lewat Situs Resmi

Cara cek nomor ketiga masih dilakukan secara online melalui situs resmi BPJS Ketenagakerjaan. Caranya sangat mudah, di mana Anda hanya perlu hafal atau tahu alamat email dan password yang telah didaftarkan.

  • Silakan buka browser di perangkat seperti smartphone, komputer atau laptop.
  • Kemudian silakan masuk ke sso.bpjsketenagakerjaan.go.id.
  • Kemudian silakan masukkan Alamat Email dan Password yang sebelumnya sudah didaftarkan.
  • Jika sudah, klik atau centang Saya bukan robot atau recaptcha.
    Setelah itu klik LOGIN.
  • Lanjut dengan pilih Cek Kartu Digital.
  • Dengan begitu, tidak lama akan menampilkan nomor BPJS Ketenagakerjaan pada layar.

4. Cek Nomor Lewat Sosial Media BPJS Ketenagakerjaan

4. Cek Nomor Lewat Sosial Media BPJS Ketenagakerjaan

Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan saat ingin melakukan cek nomor kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan bisa dilakukan dengan kirim pesan lewat layanan media sosial resmi BPJS dari Ketenagakerjaan. Nah, untuk layanan sosial media BPJS Ketenagakerjaan sendiri seperti:

  • Facebook : BPJS Ketenagakerjaan
  • Instagram : bpjs.ketenagakerjaan
  • Twitter : @bpjstkinfo
  • YouTube : BPJS Ketenagakerjaan dan BPJSTK News
  • Email : @bpjsketenagakerjaan.go.id.

5. Cek Nomor Lewat HRD Perusahaan

5. Cek Nomor Lewat HRD Perusahaan

Selain cara cek nomor kepesertaan secara online seperti di atas, Anda juga bisa cek offline dengan mendatangi pihak HRD perusahaan. Mungkin cara sederhana ini bisa dilakukan jika peserta BPJS Ketenagakerjaan yang didaftarkan oleh perusahaan.

Selain itu, mengetahui nomor kepesertaan yang cukup mudah dan sederhana ini juga bisa dilakukan jika peserta memang benar-benar memiliki banyak waktu luang. Atur atau ketahui HRD sedang ada di perusahaan atau tidak, tujuannya agar saat datang bisa bertemu langsung.

6. Cek Lewat Kantor BPJS Ketenagakerjaan

6. Cek Lewat Kantor BPJS Ketenagakerjaan

Cara cek nomor BPJS terakhir bisa dilakukan dengan cek nomor dengan mengunjungi kantor BPJS Ketenagakerjaan terdaftar. Anda hanya perlu datang dengan bawa kartu kepesertaan seperti Kartu Keluarga, e-KTP, dan PAKLARING jika dibutuhkan.

Catatan, saat mengecek nomor dengan datang ke kantor BPJS Ketenagakerjaan langsung. Selalu ikuti prosedur secara tertib seperti dari langkah mengambil nomor antrean sampai tiba giliran bertemu petugas mengenai penyampaian keluhannya.

Mungkin seperti itulah cara pengecekan nomor kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan yang bisa kodebpjs.com sampaikan untuk Anda. Semoga adanya cara mengetahui nomor BPJS Ketenagakerjaan di atas bisa bermanfaat dan berguna bagi semua yang membutuhkan.