Apa Itu KPJ, Manfaat KPJ & Cara Cek Nomor KPJ 2020

Apa Itu KPJ – Mungkin saat ini Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Jamsostek) lebih dikenal sebagai BPJS Ketenagakerjaan. Hal tersebut hanyalah sebuah perubahan nama saja dan tidak ada perubahan berarti atas perubahan lain-lainnya.

Dengan ikut serta program inilah nantinya peserta dapat terlindungi atas risiko kecelakaan kerjanya. Namun yang jelas anda sudah terdaftar terlebih dahulu atas kepesertaannya, nantinya bagi peserta bukan penerima upah bisa mendaftarkan dirinya melalui agen Perisai.

Sedangkan yang penerima upah atau karyawan nantinya akan dibuatkan dari pihak perusahaan tempat bekerjanya. Dimana karyawan tersebut hanya perlu menyerahkan data diri serta persyaratan lain kepada HRD perusahaan atau orang perusahaan yang biasa menanganinya.

Jika sudah didaftarkan nantinya anda sudah menjadi peserta dan akan mendapatkan KPJ. KPJ? Nanyak juga orang atau peserta yang masih bingung apa itu yang dinamakan dengan KPJ.

Apa Itu KPJ, Manfaat KPJ & Cara Cek Nomor KPJ

Apa Itu KPJ Manfaat KPJ Cara Cek Nomor KPJ

Nah untuk yang masih penasaran akan KPJ, berikut akan kodebpjs.com sampaikan dibawah ini. Jadi terus simak dan pahami mengenai ulasan berikut ini sampai akhir agar anda paham dan jelas mengenai apa itu KPJ.

Apa Itu KPJ

Apa Itu KPJ

KPJ sendiri merupakan singkatan dari Kartu Peserta Jamsostek, karena saat ini Jamsostek sudah dikenal juga dengan BPJS ketenagakerjaan maka anda bisa juga menyebutnya dengan KPJ BPJS Ketenagakerjaan. Dengan sudah memiliki KPJ ini nantinya anda bisa mendapatkan sebuah jaminan perlindungan atas risiko kecelakaan kerja.

Selain dalam KPJ juga nantinya akan memiliki nomor, nah nomor inilah yang akan sangat penting sekali dimana nomor di kartu tersebut menjadi tanda pengenal kepesertaan anda nantinya. Dengan begitu mengetahui mengenai nomor KPJ sangatlah berguna sekali dan terkadang banyak para peserta yang mengabaikan nomor tersebut.

Cara Cek Nomor KPJ

Cara Cek Nomor KPJ

Lalu banyak juga yang bertanya mengenai bagaimana cara cek nomor KPJ? Hal tersebut biasanya di tanyakan oleh para peserta BPJS Ketenagakerjaan baru dan yang sebelumnya sama sekali tidak ikut kepesertaan Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Jamsostek).

Namun bagi peserta BPJS Ketenagakerjaan dari sektor Bukan Penerima Upah (BPU) atau peserta BPJSTK mandiri seperti pedagang, tukang ojek, petani, nelayan, dan lainnya, tidak bisa melakukan pengecekan nomor KPJ. Karena nomor KPJ hanya ada di kartu peserta yang menjadi pekerja di perusahaan.

Mungkin sudah banyak peserta Jamsostek/BPJS Ketenagakerjaan mengetahui bagaimana cara cek nomornya. Karena nomor tersebut sudah tertera maupun terpampang di bagian depan secara jelas pada kartu kepesertaan Jamsostek maupun BPJS Ketenagakerjaan.

Ada sebuah perbedaan antara nomor KPJ di kartu Jamsostek dan juga kartu BPJS Ketenagakerjaan, walaupun sama-sama memiliki nomor 11 digit. Pembeda dari nomor tersebut juga mudah diingat maupun diketahui oleh para orang/peserta awam.

Pada kartu Jamsostek lama sendiri terdiri dari 11 digit karakter angka dengan adanya salah satu paduan huruf. Sedangkan untuk nomor KPJ BPJS Ketenagakerjaan atau versi terbaru memiliki 11 digit karakter angka dan ada juga NIK.

Perbedaan juga akan terlihat nantinya bagi kartu peserta yang mengikuti program Jaminan Pensiun, dimana nomor KPJ-nya akan lebih banyak dari nomor KPJ biasa. Karena pada program Jaminan Pensiun ini akan di tambah tiga (3) digit angka nol di belakangnya.

Bagaimana mudah bukan cara cek nomor KPJ Jamsostek/BPJS Ketenagakerjaan? Jadi tidak perlu merasakan bingung jika anda belum tahu secara jelas cara cek nomor KPJ tersebut.

Manfaat Nomor KPJ

Manfaat Nomor KPJ 1

Manfaat nomor KPJ sendiri sangatlah penting sekali, karena nomor KPJ tersebut nantinya dapat digunakan untuk beberapa hal mengenai kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan. Sehingga hal-hal mengenai kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan bisa diatasi dengan mudah seperti:

  • Saat akan mendaftarkan layanan informasiĀ  dengan SMS ke 2757.
  • Saat pembuatan akun virtual BPJSTKU.
  • Jika terjadi suatu kehilangan pada kartu BPJS Ketenagakerjaan, maka dalam mengurus surat kehilangan harus menyertakan nomor KPJ-nya.

Bagaimana? Sangat penting dan berfungsi sekali bukan mengenai apa itu nomor KPJ. Jadi jangan sampai KPJ milik anda rusak dan hilang karena bisa sangat repot sekali nantinya, dengan begitu selalu simpan secara hati-hati kartu KPJ tersebut.

Pertanyaan seputar KPJ

Selain itu beberapa pertanyaan juga terkadang ditanyakan oleh para peserta Jamsostek/BPJS Ketenagakerjaan seperti:

1. Mengapa nomor KPJ tidak ditemukan?

Biasanya peserta sering bertanya dan menemukan masalah seperti ini saat ingin melakukan pengecekan nomor KPJ secara online. Hal tersebut ada beberapa PENYEBAB NOMOR KPJ TIDAK TERDAFTAR seperti sistem error, telat bayar iuran, salah memasukkan data, beralih kepesertaan Jamsostek, dan pendaftaran belum sampai waktu yang ditentukan.

2. Bagaimana jika lupa nomor KPJ BPJS Ketenagakerjaan?

Jika terjadi sebuah masalah seperti ini, ada beberapa solusi untuk mengetahui kembali nomor KPJ BPJS Ketenagakerjaan seperti menghubungi HRD perusahaan yang menerbitkan kepesertaannya, mengajukan pengaduan di situs Lapor.go.id atau bisa juga datang langsung ke kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan terdekat.

Demikianlah informasi yang bisa kodebpjs.com sampaikan untuk semua. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat dan berguna bagi yang membutuhkan. Sekali lagi jaga KPJ tersebut jangan sampai hilang ataupun rusak jika tidak ingin dibuat repot.