3 Cara Cek Saldo BPJS JKK dan JKM Terbaru 2020

Cara Cek Saldo BPJS JKK dan JKM – Cek saldo mungkin menjadi sebuah kebiasaan yang banyak orang lakukan untuk mengetahui mengenai isi saldo di tabungan. Namun pada kesempatan kali ini bukan akan membahas mengenai saldo atau uang yang dimilikinya di tabungan melainkan saldo BPJS ketenagakerjaan.

Yang akan di bahas kali ini yaitu mengenai saldo dari JKM (Jaminan kematian) dan JKK (Jaminan Kecelakaan Kerja), kedua jaminan tersebut merupakan sebuah jaminan dalam program BPJS ketenagakerjaan. Kedua program tersebut sebenarnya tidak bisa di cek saldonya, yang bisa hanyalah sebuah saldo JHT-nya saja.

Untuk JKM sendiri merupakan program dimana bisa bermanfaat sekali bagi para peserta BPJS ketenagakerjaan. Dimana nantinya akan diberikan uang tunai yang diberikan kepada ahli waris ketika peserta meninggal dunia bukan akibat kecelakaan kerja.

Sedangkan JKK sendiri merupakan kebalikan dari JKM, yaitu nantinya uang tunai tersebut akan diberikan kepada ahli waris. Namun jika peserta BPJS ketenagakerjaan tersebut mengalami kecelakaan kerja, atau masih dalam dunia pekerjaan seperti perjalanan kerja, penyakit yang diakibatkan di lingkungan kerja.

Cara Cek Saldo BPJS JKK dan JKM Terbaru

Cara Cek Saldo BPJS JKK dan JKM

Nah ternyata sama seperti jaminan hari tua atau JHT, JKM dan JKK juga memiliki saldo yang di dapatnya, mengenai besaran saldo di dalamnya hanya JHT saja lah yang bisa di ketahui mengenai besaran saldonya. Berikut beberapa cara untuk bisa mengetahui isi saldo JHT BPJS ketenagakerjaan.

Cara Cek Saldo Lewat Aplikasi BPJSTKU

Cara Cek Saldo Lewat Aplikasi BPJSTKU

Nah untuk cara yang pertama ini sendiri merupakan cara yang bisa dikatakan sangatlah mudah untuk bisa melihat atau mengetahui saldo BPJS JHT, JKK dan JKM milik anda. Berikut langkah cek saldo BPJS dengan Mudah lewat aplikasi BPJSTKU.

  • Langkah atau cara pertama yaitu anda hanya perlu unduh aplikasinya terlebih dahulu. Sesuaikan dengan HP anda jika menggunakan android maka bisa download di Play Store dan Apple bisa di App Store.
  • Jika sudah terpasang, langsung saja dengan buka aplikasi.
  • Jika anda sudah terdaftar dan memiliki akun maka bisa langsung mulai, namun jika belum maka akan diarahkan untuk membuat akun BPJS Ketenagakerjaan pada aplikasi BPJSTKU tersebut.
  • Setelah sudah terdaftar langsung saja cek saldo JHT, JKM dan JKK-nya.
  • Masuklah dengan password yang telah dibuat, nantinya anda akan diberikan sebuah tampilan layar utama.
  • Langsung saja pilih menu Lihat Saldo untuk melihat rincian saldo JHT, JKM dan JKK Ketenagakerjaan.
  • Selesai, memang cara tersebut sangatlah mudah sekali untuk dilakukan.

Cara Cek Saldo Lewat Lewat Situs Resmi BPJS Ketenagakerjaan

Cara Cek Saldo Lewat Lewat Situs Resmi BPJS Ketenagakerjaan

Untuk cara yang kedua ini juga terbilang sangat mudah untuk lakukan, sama-sama seperti cara yang pertama dimana dilakukan secara online. Berikut cara cek saldo secara mudah lewat situs resmi BPJS ketenagakerjaan.

  • Langkah pertama anda hanya perlu menyiapkan sebuah HP, laptop, atau komputer dan juga jaringan internet.
  • Setelah itu langsung saja buka browser.
  • Kemudian kunjungi situs resmi milik BPJS ketenagakerjaan yaitu sso.bpjsketenagakerjaan.go.id.
  • Jika sudah terdaftar maka tidak perlu mendaftar, namun bagi pengguna baru wajib untuk mendaftar untuk bisa menikmati layanan satu ini.
  • Dalam mendaftarkannya sendiri terbilang cukup mudah.
  • Jika sudah terdaftar dan mendapatkan password atau PIN maka anda hanya perlu melakukan cara cek saldo JHT, JKM dan JKK milik anda.
  • Masuklah dengan password dan PIN tersebut.
  • Lanjut dengan masukkan alamat email dan PIN/password yang telah didaftarkan, lalu pilih Login.
  • kemudian jika sudah login, nantinya akan diberikan tampilan menu pada layar.
  • Langsung saja pilih menu Lihat Saldo JHT.
  • Nantinya akan keluar mengenai besaran saldo tersebut.
  • Cek saldo berhasil.

Cara Cek Saldo Lewat kantor Cabang

Cara Cek Saldo Lewat kantor Cabang

Untuk cara yang terakhir ini juga tidak kalah mudahnya untuk melihat atau mengetahui mengenai saldo JHT, JKK dan JKM dari BPJS ketenagakerjaan. Hanya saja cara ini terbilang kurang praktis, dimana anda memerlukan sebuah waktu luang untuk datang ke kantor cabang.

Caranya sendiri cukup mudah untuk dilakukan, anda hanya perlu datang ke kantor cabang terdekat dengan membawa kartu BPJS Ketenagakerjaan dan KTP milik anda. Setelah itu langsung saja untuk mengambil nomor antrean, tunggu sampai nomor antrean anda di panggil oleh petugas.

Kemudian anda hanya perlu sampaikan atau utarakan maksud kedatangan anda ke kantor BPJS ketenagakerjaan tersebut, dimana anda akan melakukan sebuah pengecekan saldo JHT, JKM dan JKK. Nantinya petugas akan membantu anda setelah mengetahui maksud kedatangannya, petugas akan meminta persyaratan seperti kartu BPJS ketenagakerjaan untuk mulai pemprosesannya.

Tunggu sebentar sampai petugas selesai dalam memprosesnya, nantinya petugas akan memberitahukan informasi besaran saldonya dalam bentuk hardcopy. Cara ketiga memang terbilang cukup mudah untuk dilakukan, sayangnya memerlukan banyak waktu untuk datang ke kantornya.

Nah mungkin itu saja yang bisa kodebpjs.com sampaikan untuk anda semua mengenai cara melakukan cek saldo termudah. Dimana cara tersebut juga tidak jauh berbeda dengan melakukan sebuah cara cek saldo BPJS jaminan pensiun atau lainnya. Mungkin itu saja yang bisa disampaikan, semoga bisa bermanfaat dan berguna bagi semua yang membutuhkan.