7 Cara Cetak Kartu BPJS Digital via New Edabu 2022 : Syarat & Manfaat

Advertisements

Cara Cetak Kartu BPJS Digital via New Edabu – Saat ini hampir setiap masyarakat Indonesia sudah terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan. Nantinya masin-masing peserta bakal memperoleh fasilitas berupa kartu BPJS Kesehatan yang berguna untuk menjalani pengobatan di Fasilitas Kesehatan terdaftar.

Bicara mengenai kartu BPJS Kesehatan, terkadang karena satu dan lain hal peserta kehilangan kartu tersebut. Jika kartu BPJS hilang apakah berarti peserta tidak bisa menggunakan layanan BPJS Kesehatan?

Tenang, saat ini telah tersedia layanan bernama New Edabu BPJS Kesehatan yang mendukung banyak fitur di dalamnya, termasuk cetak kartu BPJS Digital. Dengan cara ini kalian tidak perlu khawatir jika kehilangan kartu BPJS.

Advertisements

Lalu seperti apa sih cara cetak kartu BPJS Digital via New Edabu? Apa saja syarat yang harus dipenuhi jika ingin melakukan proses tersebut? Tanpa perlu berlama-lama lagi langsung saja simak penjelasan selengkapnya dibawah ini.

Syarat Mencetak Kartu BPJS Digital Lewat New Edabu

Sebelumnya beberapa dari kalian mungkin sudah tahu bahwa BPJS menyediakan fasilitas berupa aplikasi JKN Mobile yang juga memiliki fitur cetak kartu BPJS Digital. Meski begitu, mungkin tidak semua dari kalian memiliki akun JKN Mobile.

Oleh karena itu, disini kami bakal menjelaskan tata cara cetak kartu BPJS Digital melalui layanan New Edabu. Layanan ini bisa di registrasi oleh masing-masing peserta BPJS Kesehatan. Dengan begitu, syarat utama agar bisa cetak kartu BPJS Digital lewat cara ini kalian harus sudah mendapatkan Username dan Password New Edabu.

Selain itu, kalian juga perlu menyiapkan nomor kartu atau nomor peserta yang ingin di cetak kartu BPJS Digital. Jika lupa nomor peserta dan kebetulan kartu BPJS yang dalam bentuk fisik sudah hilang, maka silahkan hubungi Call Center BPJS untuk meminta nomor kartu BPJS kalian.

Cara Cetak Kartu BPJS Digital via New Edabu

Cara Cetak Kartu BPJS Digital via New Edabu

Advertisements

Bagi yang sudah berhasil membuat akun New Edabu sekaligus menyiapkan nomor peserta sebagai syarat cetak kartu BPJS Digital, maka sekarang kita lanjut ke inti pembahasan dari artikel ini. Sebelumnya perlu kami beritahukan bahwa cara ini hanya bisa memberikan kartu BPJS dalam bentuk Digital.

Jadi, disini kalian tidak akan menerima kartu BPJS dalam bentuk fisik seperti yang diberikan pada saat menyelesaikan registrasi peserta BPJS. Nah, untuk mendapatkan kartu BPJS Digital via New Edabu kalian cukup ikuti langkah-langkah sebagai berikut :

1. Masuk ke New Edabu

Masuk ke New Edabu

Pertama-tama silahkan kunjungi situs New Edabu BPJS Kesehatan. Setelah itu Login dengan cara memasukkan Username dan Password.

2. Buka Tab Menu Peserta

Buka Tab Menu Peserta

Lalu pada halaman utama silahkan masuk ke Tab menu Peserta -> Input Data.

3. Input Nomor Peserta

Input Nomor Peserta

Setelah itu pilih No JKN-KIS untuk Jenis Pencarian lalu input nomor peserta yang ingin di download kartu BPJS Kesehatan Digital nya.

4. Tentukan Jenis Mutasi

Tentukan Jenis Mutasi

Kemudian untuk Jenis Mutasi silahkan pilih Cetak KIS.

5. Tekan Tombol Next

Tekan Tombol Next 1

Jika sudah, tekan tombol Next di sebelahnya (ikon panah ke kanan).

6. Download Kartu BPJS Digital

Download dan Cetak Kartu BPJS Digital via New Edabu

Terakhir, sistem akan mendownload kartu BPJS Digital ke Galeri perangkat. Selesai.

Setelah memiliki file kartu BPJS Digital, selanjutnya kalian bisa mencetak file tersebut menggunakan Printer sendiri atau meminta bantuan petugas toko percetakan.

Manfaat Kartu BPJS Digital Bagi Peserta

Sampai disini kalian sudah tahu apa saja syarat hingga tata cara melakukan cetak kartu BPJS Digital melalui New Edabu. Lalu apa sih manfaat sebenarnya dari tata cara diatas? Berikut adalah beberapa manfaat atau tujuan dilakukannya cetak kartu BPJS Digital, antara lain :

1. Mengatasi Kartu BPJS Kesehatan Hilang

Pertama, cara diatas bermanfaat sebagai solusi apabila kartu BPJS kalian hilang atau rusak. Dengan cara cetak kartu BPJS Digital, maka kalian tetap bisa menggunakan layanan BPJS Kesehatan dengan cara memperlihatkan bukti kartu BPJS Digital.

2. Keperluan Input Data Online

Kedua, cetak kartu BPJS Digital juga diperlukan pada proses input data Online dimana proses tersebut membutuhkan data kepesertaan BPJS Kesehatan. Jika sudah memiliki file kartu BPJS maka proses tersebut bisa berjalan lancar.

Itulah ulasan dari tim kodebpjs.com mengenai tata cara cetak kartu BPJS Digital via aplikasi New Edabu. Diatas kami juga menjelaskan bahwa untuk melakukan cara ini kalian hanya perlu memiliki akun New Edabu serta menyiapkan nomor peserta BPJS. Apabila semua syarat sudah siap, selanjutnya kalian tinggal melakukan tata cara diatas untuk mendapatkan bukti kartu BPJS Digital.

Advertisements