6 Cara Download Kartu BPJS Kesehatan di Aplikasi Mobile JKN

Cara Download Kartu BPJS Kesehatan – Bagi Anda yang merupakan peserta BPJS Kesehatan, tentu tidak asing lagi dengan aplikasi Mobile JKN. Dengan layanan ini kemudahan peserta akan sangat dirasakan.

Karena di Mobile JKN ini Anda bisa daftar BPJS, tambah peserta, ganti data peserta, cek iuran dan masih banyak lainnya. Sehingga, bagi peserta yang belum aktifkan layanan online ini silakan daftar Mobile JKN dan nikmati setiap kemudahannya.

Selain beberapa kepentingan seperti yang dijelaskan di atas, rupanya Anda juga bisa download kartu BPJS Kesehatan di aplikasi Mobile JKN dan kemudian mencetaknya dipercetakan terdekat. Biasanya ini akan dilakukan oleh Anda yang daftar BPJS secara online.

Lantas apakah Anda sudah tahu bagaimana cara download kartu BPJS Kesehatan di Mobile JKN yang nantinya akan dicetak? Jika belum, pada pembahasan kali ini kami akan sajikan informasi lengkap cara download kartu kepesertaan BPJS.

Citayam

Cara Download Kartu BPJS Kesehatan

Cara Download Kartu BPJS Kesehatan

Terkait cara download kartu sendiri bisa dibilang sangatlah mudah, dimana Anda hanya perlu memilih dan klik saja menu-menu yang ada pada aplikasi. Namun untuk Anda yang masih bingung bisa simak cara download kartunya di bawah ini:

1. Buka Aplikasi Mobile JKN

Langkah awal silakan buka dan jalankan aplikai Mobile JKN di perangkat smartphone Anda. Pastikan jika perangkat terhubung dengan koneksi internet lancar.

1. Buka Aplikasi Mobile JKN

2. Pilih Menu Kartu Peserta

Setelah berhasil membuka aplikasi, maka Anda akan dibawa ke menu halaman utama Mobile JKN. Di bagian ini, untuk download kartu silakan pilih dan klik menu “Kartu Peserta”.

2. Pilih Menu Kartu Peserta

3. Muncul Kartu BPJS Kesehatan / KIS

Jika sudah, maka Anda akan ditampilkan tampilkan kartu BPJS Anda. Untuk download kartu, Anda harus mengirim ke email terlebih dahulu. Jadi silakan klik “Kirim Email”.

3. Muncul Kartu BPJS Kesehatan KIS

4. Kartu Digital Berhasil Dikirik ke Email

Setelah itu, pada layar akan muncul pop up berupa kartu digital berhasil di kirim ke alamat email tertera.

4. Kartu Digital Berhasil Dikirik ke Email

5. Cek Email & Buka Email BPJS kesehatan

Langkah berikutnya tinggal Anda cek email dan buka email dari BPJS Kesehatan.

5. Cek Email Buka Email BPJS kesehatan

6. Klik Ikon Download

Maka otomatis file PDF kartu BPJS Kesehatan akan tertera disitu, berikutnya Anda tinggal klik ikon “Download” saja.

6. Klik Ikon Download

Setelah berhasil download, maka file tersebut akan tersimpan di file manager perangkat Anda. Untuk proses cetak kartu BPJS menjadi bentuk fisik, Anda tinggal kirimkan saja file tersebut ke perangkat yang ada percetakan.

Setelah itu penjaga percetakan akan mulai memproses cetak kartu BPJS menjadi bentuk fisik. Untuk cetak kartu BPJS Kesehatan sendiri di percetakan maka akan dikenai biaya Rp 10.000 – Rp 25.000 per 1 kartu.

Kesimpulan

Itulah cara mudah download kartu BPJS kesehatan di Mobile JKN yang dapat kodebpjs.com sampaikan. Adapun cara di atas Anda tinggal memilih menu-menu saja untuk bisa download atau unduhnya. Adanya cara download kartu BPJS di atas semoga bisa bermanfaat untuk yang membutuhkan.

Sumber Gambar : kodebpjs.com, cnbcindonesia.com