√ Tidak Bisa Daftar BPJS Online : Penyebab & Cara Mengatasi

Tidak Bisa Daftar BPJS Online – Hadirnya layanan BPJS di tengah masyarakat memang sangat membantu untuk urusan biaya pengobatan, terutama bagi mereka masyarakat kurang mampu. Disamping itu, BPJS Kesehatan juga siap menanggung lebih dari 150 jenis penyakit, termasuk jika harus menjalani operasi.

Dengan begitu, banyak masyarakat yang ingin mendaftarkan diri menjadi peserta BPJS. Terlebih saat ini daftar BPJS sudah bisa dilakukan via Online dengan cara memanfaatkan aplikasi JKN Mobile maupun WhatsApp Pandawa.

Namun perlu diketahui bahwa beberapa calon peserta mengaku tidak bisa daftar BPJS Online, kenapa bisa terjadi demikian? Ada beberapa alasan terjadinya kegagalan saat daftar BPJS Online, terutama dari informasi data diri calon peserta itu sendiri.

Selain itu, tidak bisa daftar BPJS Online juga bisa disebabkan oleh berbagai faktor lain, seperti proses input kode Verifikasi, NIK calon peserta hingga koneksi internet yang digunakan. Nah, bagi kalian yang mungkin sedang mengalami masalah serupa, berikut telah kami siapkan informasi lengkap seputar penyebab hingga cara mengatasinya.

Citayam

Tidak Bisa Daftar BPJS Online

Tidak Bisa Daftar BPJS Online

Seperti kita ketahui bahwa fasilitas BPJS Kesehatan memang siap membantu pembiayaan pengobatan para pasien di Faskes (Fasilitas Kesehatan) terdaftar. Namun layanan tersebut hanya berlaku apabila si pasien sendiri sudah terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan.

Oleh karena itu, bagi mereka yang belum terdaftar haru melakukan registrasi terlebih dahulu. Seperti kami singgung diatas, bahwa sekarang sudah tersedia cara registrasi BPJS Online, yaitu melalui aplikasi JKN Mobile dan Nomor WhatsApp Pandawa BPJS Kesehatan.

Dengan begitu, sekarang proses pendaftaran BPJS bisa dilakukan dari rumah tanpa harus pergi ke Kantor BPJS Kesehatan. Tapi, tidak jarang calon peserta mengalami kendala saat melakukan pendaftaran via Online, salah satunya adalah gagal melakukan registrasi.

Kemudian tidak bisa daftar atau tidak bisa registrasi BPJS Kesehatan bisa ditandai dengan muncul nya notifikasi khusus pada saat melengkapi formulir pendaftaran. Atau bisa juga ketika sudah sampai di tahap akhir, tiba-tiba halaman tidak bisa diproses sehingga muncul pemberitahuan yang menyatakan bahwa pendaftaran gagal.

Penyebab Gagal Registrasi BPJS via Online

Terlepas dari apapun notifikasi yang muncul, yang jelas ketika tidak bisa daftar BPJS maka untuk kedepannya kalian belum bisa menggunakan layanan BPJS dalam menjalani proses pengobatan. Lalu apa sih yang menjadi penyebab tidak bisa daftar BPJS ? Simak informasi selengkapnya dibawah ini :

1. Informasi Data Diri Tidak Sesuai

Penyebab pertama adalah informasi data diri yang dimasukkan tidak sesuai dengan data kependudukan yang tercantum di Dindukcapil. Seperti kita ketahui bahwa BPJS Kesehatan merupakan layanan resmi dari Pemerintah, dengan begitu semua data peserta juga harus sesuai dengan data kependudukan Indonesia.

2. NIK Belum Terdaftar di Dukcapil

Penyebab kedua adalah NIK (Nomor Induk Kependudukan) belum terdaftar di Dukcapil atau belum terdaftar di sistem Online. Hal ini bisa dilihat setelah kalian memasukkan informasi NIK, apabila NIK sudah terdaftar, maka  kalian bisa lanjut ke tahap berikutnya. Tapi jika belum terdaftar, maka akan muncul pemberitahuan agar kalian mendaftarkan NIK ke sistem Online terlebih dahulu.

3. Salah Kode Verifikasi

Penyebab ketiga adalah kode Verifikasi yang dimasukkan salah. Jadi, setelah mengisi formulir pendaftaran, NIK, memilih Faskes hingga melengkapi informasi rekening Bank, selanjutnya kalian bakal menerima SMS berisi kode OTP atau kode Verifikasi. Setelah itu, kode tersebut wajib dimasukkan sebagai tahap akhir untuk menyelesaikan proses registrasi BPJS via Online. Tapi ketika kode yang dimasukkan salah, maka akan muncul pemberitahuan Transaksi Belum Dapat Diproses. Silahkan Coba Beberapa Saat Lagi “.

4. Koneksi Internet Tidak Stabil

Penyebab terakhir adalah koneksi internet yang digunakan untuk melakukan pendaftaran BPJS Online tidak stabil. Dengan begitu, untuk beralih dari satu tahap ke tahap lainnya, kalian bakal terus mengalami kendala, mulai dari Loading terus hingga aplikasi tiba-tiba keluar karena koneksi internet tidak memadai.

Cara Mengatasi Gagal Daftar BPJS Online

Cara Mengatasi Gagal Daftar BPJS Online

Setelah menyimak beberapa penyebab diatas, selanjutnya kita bahas bagaimana cara mengatasi tidak bisa daftar BPJS Online. Jadi, untuk mengatasi kendala diatas kalian mungkin perlu melakukan pendaftaran ulang. Tapi kembali lagi, setiap solusi yang digunakan nantinya menyesuaikan penyebab dari masalah itu sendiri. Baiklah, supaya lebih jelas berikut telah kami siapkan beberapa cara mengatasi tidak bisa daftar BPJS Online :

1. Masukkan Data Diri Dengan Benar

Cara pertama adalah melakukan registrasi ulang, kemudian pada saat mengisi informasi data diri pastikan data yang dimasukkan sesuai dengan eKTP. Jika sudah seperti itu, maka kalian bisa terus lanjut ke tahap-tahap berikutnya hingga berhasil daftar BPJS Online.

2. Mendaftarkan NIK Online ke Dukcapil

Cara kedua adalah mendaftarkan NIK Online ke Dukcapil. Untuk melakukan proses ini sekarang juga sudah tidak perlu lagi repot-repot datang ke Kantor Dukcapil. Jadi, kalian bisa melakukan panggilan ke nomor 1500537 pada jam 6 pagi sampai dengan jam 10 malam. Atau kalian juga bisa melakukannya lewat WhatsApp di nomor 08118005373 dengan format sebagai berikut :

  • Memasukkan NIK eKTP
  • Mencantumkan Nama Lengkap
  • Mencantumkan Nomor Kartu Keluarga
  • Mencantumkan Nomor Telepon
  • Menjelaskan masalah yang dialami, yaitu NIK belum terdaftar di sistem Online

Setelah menerima pesan WhatsApp berisi data-data diatas, selanjutnya petugas bakal membantu proses registrasi NIK kalian ke sistem Online. Jika sudah, setelah itu kalian bisa melakukan registrasi ulang BPJS Online tanpa ada kendala apapun, asalkan semua syarat yang diperlukan sudah dipenuhi.

3. Masukkan Ulang Kode Verifikasi

Cara ketiga adalah memasukkan ulang kode Verifikasi yang sudah dikirim via SMS. Pastikan kode yang dimasukkan sudah benar, setelah itu klik Verifikasi. Jika masih muncul notifikasi transaksi belum bisa diproses, lakukan terus tahap ini secara berulang-ulang sampai berhasil. Intinya, kode OTP yang dimasukkan sudah sesuai dengan kode dari BPJS.

4. Gunakan Koneksi Internet Dari Wifi

Cara keempat adalah mengganti koneksi internet dengan Wifi. Trik ini cukup efektif untuk mengatasi tidak bisa daftar BPJS Online yang disebabkan oleh koneksi internet tidak stabil.

5. Lakukan Registrasi via Offline

Apabila semua cara diatas tidak kunjung berhasil mengatasi masalah registrasi BPJS via Online, maka besar kemungkinan akar masalah berasal dari gangguan di aplikasi JKN Mobile. Jika demikian, kami sarankan untuk daftar BPJS secara Offline saja. Nantinya di Kantor BPJS Kesehatan kalian bakal dipandu oleh petugas untuk melakukan pendaftaran dari tahap awal sampai akhir.

Itu saja informasi dari tim kodebpjs.com mengenai penyebab tidak bisa daftar BPJS Online. Selain itu, diatas kami juga menjelaskan beberapa cara mengatasi masalah tersebut. Dengan begitu, kami harap jika ada calon peserta BPJS yang mengalami kendala seperti diatas, kalian  tidak perlu panik lagi, cukup lakukan beberapa poin solusi yang telah kami sajikan diatas.