7 Cara Klaim JHT Lewat Lapak Asik Online BPJS Ketenagakerjaan 2020

Cara Klaim JHT Lewat Lapak Asik Online BPJS Ketenagakerjaan – Lapak asik menjadi salah satu layanan online yang diberikan oleh pihak BPJS ketenagakerjaan untuk para pesertanya. Kemudahan dapat dirasakan seperti klaim JHT tanpa harus datang ke kantor.

Mungkin ini salah satu inovasi yang bertujuan lebih memudahkan para pesertanya yang ingin klaim JHT. Layanan Tanpa Kontak Fisik atau lapak asik ini sendiri diaktifkan oleh BPJS Ketenagakerjaan sebagai pedoman protokol untuk menanggulangi kondisi pandemi yang sedang terjadi di tanah air.

Dengan menerapkan protokol kesehatan melalui layanan online bernama lapak asik ini nantinya para peserta akan dapat merasakan manfaat dan keuntungan. Peserta nantinya dapat menghemat waktu dan tenaga karena tidak perlu datang langsung ke kantor BPJS Ketenagakerjaan.

Walaupun klaim JHT lewat lapak asik terbilang cukup mudah, namun terkadang banyak peserta BPJS Ketenagakerjaan yang belum mengetahui bagaimana caranya. Untuk yang belum jelas mengenai cara atau langkahnya kodebpjs.com akan menyampaikan informasi lengkapnya dibawah ini.

Cara Klaim JHT Lewat Lapak Asik Online BPJS Ketenagakerjaan Terbaru

Cara Klaim JHT Lewat Lapak Asik Online BPJS Ketenagakerjaan Terbaru

Bagi anda yang penasaran akan cara klaim JHT online lewat lapak asik, berikut akan disampaikan lengkapnya. Jadi simak ulasan ini sampai akhir agar jelas mengenai cara dan syarat dokumen diperlukan.

Syarat Dokumen Klaim JHT Diperlukan

Syarat Dokumen Klaim JHT Diperlukan

Untuk kelancaran proses pengajuan maupun klaim JHT online lewat lapak asik maka setiap peserta wajib melengkapi persyaratan dokumen agar nantinya bisa berjalan lancar. Selain itu dokumen juga akan dibutuhkan saat anda mengisi data diri kepesertaan.

  • Kartu Peserta BPJS Ketenagakerjaan (KPJ).
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  • Kartu Keluarga (KK).
  • Surat keterangan berhenti bekerja/habis kontrak (paklaring).
  • Buku rekening aktif dan masih digunakan.
  • Foto diri tampak depan terbaru.
  • Formulir pengajuan pembayaran JHT.
  • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) jika klaim JHT dengan akumulasi saldo diatas Rp 50 juta.

Cara Klaim JHT Lewat Lapak Asik Online BPJS Ketenagakerjaan

Cara Klaim JHT Lewat Lapak Asik Online BPJS Ketenagakerjaan

Jika persyaratan dokumen klaim JHT lewat lapak asik sudah di lengkapi maka anda sudah bisa lanjut ke proses berikutnya. Langkah yang terbilang cukup mudah karena anda bisa melakukannya dirumah tanpa harus datang ke kantor BPJS Ketenagakerjaan, berikut langkah-langkahnya.

1. Pertama langsung saja registrasi lewat situs antrian.bpjsketenagakerjaan.go.id lewat perangkat seperti laptop, smartphone atau komputer.

2. Lanjut dengan pilih tanggal, waktu, dan kantor cabang pengajuan klaim dana JHT. Untuk bisa KEBAGIAN NOMOR ANTRIAN ONLINE ada tips dan caranya.

3. Kemudian scan semua dokumen yang dipersyaratkan serta formulir klaim JHT yang sudah diisi lengkap. Dokumen tersebut lantas dikirim via email ke kantor cabang tujuan yang tadi telah dipilih.

4. Pengiriman dokumen tadi paling lambat H-1 sebelum tanggal pengajuan yang telah dipilih.

5. Jika email diterima, nantinya informasi akan diberikan lewat pesan singkat mengenai waktu dan identitas oleh petugas BPJS Ketenagakerjaan yang berisikan jika nanti akan menghubungi peserta melalui video call.

6. Siapkan semua dokumen asli yang nantinya harus ditunjukkan saat dihubungi melalui panggilan video.

7. Jika persyaratan dokumen dirasa lengkap serta telah lolos verifikasi oleh petugas, nantinya klaim saldo JHT akan di transfer ke rekening bank yang tadi sudah ditentukan.

Sebagai catatan : Pastikan semua dokumen yang menjadi ketentuan atau persyaratan wajib lengkap. Karena dokumen-dokumen tersebut sangat dibutuhkan saat proses verifikasi agar nantinya proses pengajuan JHT online bisa berjalan lancar tanpa kendala.

Faktor Penyebab Klaim JHT Online Gagal

Faktor Penyebab Klaim JHT Online Gagal

Terkadang pencairan atau klaim dana JHT banyak yang mengalami kendala yaitu dengan gagalnya klaim. Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan terjadinya kegagalan klaim JHT tersebut, antara lain:

1. Data Dimasukkan Tidak Valid

Faktor penyebab ini mungkin terkadang banyak juga peserta yang mengalaminya. Dengan begitu bagi anda yang baru akan melakukan pengajuan klaim JHT, pastikan dokumen dan persyaratan lainnya terpenuhi dan jangan sampai salah saat memasukkan.

2. Lupa Cek Email

Masalah ini sering terjadi pada peserta yang baru pertama kali melakukan klaim JHT secara online, karena tidak melihat atau mengetahui email masuk saat pihak BPJS Ketenagakerjaan mengirimnya. Dengan begitu cara antisipasinya peserta hanya perlu cek beberapa jam atau menit sekali untuk memastikan ada email masuk.

3. Mendaftar Saat di Luar Jam Kerja

Hal ini jarang juga diketahui, bahkan banyak peserta yang akan klaim JHT melakukan pendaftaran di malam bahkan dini hari beralih-alih mendapatkan kebagian nomor atau tanggal antrian online. Namun sekarang petugas memiliki jam operasionalnya sendiri dan lakukan saat jam kerja tersebut, untuk jam operasionalnya antrian online atau lapak asik sendiri yaitu dimulai pukul 06.00 – 22.00.

FAQ

1. Bagaimana Cara Mengetahui Saldo JHT?

Untuk mengeceknya para peserta bisa lakukan di aplikasi BPJSTKU atau mengirim SMS ke 2757 dengan format SALDO(spasi)NOMOR PESERTA.

2. JHT Kapan Bisa Dicairkan?

Untuk peserta yang ingin mencairkan 100% saldo JHT maka menunggu satu bulan setelah berhenti atau keluar dari tempat bekerja.

Mungkin itu saja yang bisa kodebpjs.com sampaikan untuk anda semua mengenai cara klaim JHT lewat lapak asik online BPJSTK. Semoga bisa bermanfaat dan berguna bagi semua yang membutuhkannya.