10 Cara Tracking Klaim Dana JHT BPJS Ketenagakerjaan 2020

Cara Tracking Klaim Dana JHT BPJS Ketenagakerjaan – Pencairan atau klaim dana Jaminan Hari Tua (JHT), saat ini sudah bisa dilakukan dengan mudah karena bisa dilakukan secara online. Ini menunjukan jika BPJS Ketenagakerjaan selalu memberikan pelayanan terbaik kepada para pesertanya.

Sudah anda ketahui sendiri, jika saldo JHT dapat dicairkan sebagian maupun seluruhnya, dimana jika ingin klaim 100 % saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan maka syaratnya sudah berhenti bekerja dengan kurun waktu satu bulan setelah berhenti bekerja. Namun sebelum mulai untuk pencairan terlebih dahulu CEK SALDO BPJS KETENAGAKERJAAN-nya.

Dengan adanya tracking online ini tentunya para peserta BPJS Ketenagakerjaan akan lebih mudah, praktis, dan simpel dalam proses klaim dana JHT. Dimana nantinya peserta memiliki keuntungan lebih hemat tenaga dan waktu karena tidak perlu datang ke kantor BPJS Ketenagakerjaan secara langsung.

Namun banyak peserta yang baru pertama kali akan tracking klaim dana JHT secara online ini yang masih bingung mengenai caranya. Jangan khawatir mengenai hal tersebut karena kodebpjs.com akan menyampaikan sebuah informasi mengenai cara tracking klaim dana JHT BPJS Ketenagakerjaan secara jelas.

Cara Tracking Klaim Dana JHT BPJS Ketenagakerjaan Terlengkap & Terbaru

Cara Tracking Klaim Dana JHT BPJS Ketenagakerjaan

Peserta bisa mulai tracking klaim dana JHT setelah tahap mengupload scan dokumen persyaratan klaim ke link yang telah diberikan setelah anda berhasil registrasi antrean online. Dengan begitu upload data persyaratan ini menjadi langkah paling penting agar nantinya bisa berjalan lancar.

Cara Tracking Klaim Dana JHT BPJS Ketenagakerjaan

Untuk caranya sendiri terbilang cukup mudah, karena nantinya anda para peserta BPJS Ketenagakerjaan yang ingin tracking status klaim dana JHT sejauh mana bisa dilakukan melalui perangkat seperti smartphone, laptop maupun komputer. Yang jelas terdapat koneksi internet untuk mengakses nantinya, berikut langkah tracking klaim JHT tersebut.

1. Buka browser dan masuk ke alamat https://www.bpjsketenagakerjaan.go.id/tracking.

Buka Browser dan Masuk ke Alamat

2. Setelah itu akan ada tampilan baru yang menunjukan 2 kolom. Pada kolom pertama anda akan diminta untuk memilih apakah akan menggunakan KPJ atau Nomor Identitas (NIK), pilih salah satu.

Nomor KPJ atau Nomor Identitas NIK

3. Jika sudah memilih salah satu, maka lanjut dengan masukkan nomor KPJ atau Nomor Identitas (NIK).

Masukkan Nomor KPJ atau Nomor Identitas NIK

4. Kemudian klik Cari, nantinya akan muncul reCAPTCHA lanjut dengan klik pada Saya bukan robot.

Klik Pada Saya Bukan Robot

5. Setelah itu akan muncul status data e-klaim anda apakah sudah selesai apa belum.

6. Pertama, UPLOAD DOKUMEN. Biasanya ini pada tahapan awal saat anda mulai mendaftar online dengan mengupload dokumen. Jika dokumen diperlukan sudah semua dilengkapi maka bulatan yang berada di garis tengah tersebut akan berubah warna jadi hijau, namun jika kurang akan berwarna merah.

UPLOAD DOKUMEN

7. Kedua, VERIFIKASI DOKUMEN. Ini langkah konfirmasi dari pihak BPJS Ketenagakerjaan kepada anda peserta, bisa lewat video call, email atau nomor telepon.

VERIFIKASI DOKUMEN

8. Ketiga, AGENDA KLAIM. Proses rekaman klaim JHT anda akan terekam di langkah ini.

AGENDA KLAIM

9. Keempat, PENETAPAN KLAIM. Proses penetapan nilai/dana JHT yang akan di klaim.

PENETAPAN KLAIM

10. Kelima, PERSETUJUAN KLAIM. Pada proses ini nantinya kepala cabang yang akan memberikan persetujuan.

PERSETUJUAN KLAIM

11. Terakhir, PEMBAYARAN KLAIM. Jika pada proses ini bulatan sudah berwarna hijau maka anda peserta BPJS Ketenagakerjaan perlu menunggu beberapa hari untuk bisa memastikan dana JHT sudah masuk ke rekening.

PEMBAYARAN KLAIM

Keuntungan Tracking Klaim Dana JHT

Keuntungan Tracking Klaim Dana JHT

Keuntungan yang didapat saat anda mencairkan atau klaim dana JHT BPJSTK secara online sangatlah banyak salah satunya seperti lebih mudah, karena dapat dilakukan dimanapun anda berada asal ada koneksi internet dan perangkatnya saja. Selain itu manfaat atau keuntungan lain seperti:

  1. Mudah, sederhana dan praktis.
  2. Lebih menghemat tenaga dan waktu, karena tidak perlu datang ke kantor BPJS Ketenagakerjaan secara langsung.
  3. Bisa mengetahui status seberapa jauh proses pencairan atau klaim dana JHT-nya.

FAQ

1. Apakah Saldo JHT Bisa Dicairkan?

saldo atau dana JHT bisa dicairkan, bahkan bisa dicairkan saat peserta masih aktif bekerja.

2. Berapa Lama JHT Bisa Cair?

Setelah proses verifikasi seperti video call atau kurang lebih 3-7 hari kerja setelah ada panggilan video call tersebut.

Itulah cara tracking klaim dana JHT yang mudah, dimana caranya sangat mudah sekali untuk dilakukan. Semoga informasi yang kodebpjs.com sampaikan bisa bermanfaat dan berguna bagi semua yang membutuhkan, terutama bagi peserta BPJS Ketenagakerjaan yang ingin tahu sejauh mana status/proses klaim-nya.