10 Cara Membayar Penangguhan Pembayaran BPJS & Cek Penangguhan

Advertisements

Cara Membayar Penangguhan Pembayaran BPJS – Berbagai macam keuntungan akan keikutsertaan program BPJS kesehatan nantinya akan dirasakan. Yang jelas berupa gratis pengobatan dari segala penyakit yang masih ditanggung oleh BPJS kesehatan.

Bagi yang belum mendaftar, maka silakan daftar agar bisa menikmati keuntungan-keuntungan tersebut. Terkait pendaftaran peserta BPJS Kesehatan bisa dilakukan secara online maupun offline di kantor cabang BPJS Kesehatan terdekat.

Nantinya status peserta baru akan aktif jika sudah melakukan pembayaran premi pertama. Lantas apa apa jadinya saat setelah melakukan pembayaran, tapi muncul notifikasi berupa penangguhan pembayaran? Mungkin kejadian ini dialami beberapa peserta.

Advertisements

Terkait penyebab dari status penangguhan pembayaran BPJS kesehatan sudah pernah dibahas sebelumnya pada pembahasan sebelumnya. Di mana pada kesempatan kali ini kami akan beri informasi cara membayar penangguhan BPJS pembayaran BPJS.

Maksud Penangguhan Pembayaran BPJS Mandiri

Advertisements

Maksud Penangguhan Pembayaran BPJS Mandiri

Arti maupun maksud dari penangguhan adalah pembayaran yang ditunda sepenuhnya ataupun sebagian dengan alasan keuangan. Pada BPJS apabila peserta ditangguhkan maka masih bisa diatasi selama pengguna memenuhi persyaratan dan bersedia membayar tagihannya.

Secara umum, cara mengatasi penangguhan pembayaran BPJS dapat dilakukan dengan beberapa langkah termasuk memeriksa kepesertaan dan menunggu pembayaran tiba kemudian melakukan pembayaran. Namun saat status muncul nonaktif tersebut menandakan Anda tidak dapat menggunakan kepesertaan.

Notifikasi akun ditangguhkan nantinya akan tampil berupa tulisan merah penangguhan peserta. Tidak hanya itu, jika membuka layanan Mobile JKN maka akun Anda akan ditandai dengan ikon bulat silang berwarna merah.

Cara Cek Penangguhan BPJS

Untuk cara cek penangguhan pembayaran BPJS dapat Anda lakukan secara mudah dengan login website resmi BPJS atau melalui aplikasi Mobile JKN. Bahkan bisa juga cek melalui pesan SMS dengan mengirim format seperti ini.

NIK(spasi)Nomor_KTP atau NOKA(spasi)Nomor_kartu_BPJS

Kirim ke 087775500400

Catatan : Pastikan memiliki pulsa cukup guna mengirim SMS.

Cara Membayar Penangguhan Pembayaran BPJS

Cara Membayar Penangguhan Pembayaran BPJS

Jika sudah tahu arti dan maksud penangguhan BPJS di atas, kemudian Anda tinggal mengetahui cara mengatasi atau menghilangkan penangguhannya. Di mana caranya dengan yaitu membayar penangguhan pembayaran BPJS tersebut agar nantinya kepesertaan bisa kembali aktif.

Pembayaran penangguhan tersebut harus dibayarkan semua anggota keluarga yang terdaftar. Lantas bagaimana cara membayar penangguhan BPJS tersebut? Terkait cara membayar penangguhan sendiri ada beberapa cara bisa dilakukan, antara lain seperti:

1. Cara Membayar BPJS Lewat ATM

Anda bisa lakukan pembayaran lewat beberapa layanan mesin ATM dari bank yang ada seperti BRI, BCA, BNI, Mandiri dan bank lain. Guna lebih jelasnya bisa simak langkah di bawah ini:

  • Masukkan kartu ATM ke mesin ATM.
  • Pilih Bahasa Indonesia.
  • Input PIN kartu ATM.
  • Tekan “BAYAR/BELI”.
  • Pilih “BPJS” > “BPJS Kesehatan”.
  • Pilih “BPJS Kesehatan Keluarga”.
  • Input nomor kartu BPJS.
  • Input nominal pembayaran.
  • Tekan “YA” dan struk akan keluar.

2. Cara Membayar Lewat m Banking

Selain ATM, Anda juga bisa manfaatkan layanan Mobile Baking / m Banking yang telah digunakan. Seperti contohnya Livin Mandiri, BRImo, BNI Mobile dan lainnya.

  • Silakan buka aplikasi Mobile Banking.
  • Kemudian pilih “Bayar”.
  • Pilih “Asuransi”.
  • Pilih “BPJS Kesehatan”.
  • Masukkan nomor virtual account (8988 + 11 nomor kartu BPJS).
  • Cek jumlah bulan dibayar.
  • Jika sesuai, masukkan PIN guna menyelesaikan.

Selain itu, tidak bisa dilakukan pada layanan di atas. Anda juga bisa lakukan pembayaran lewat dompet digital dan e-commerce. Layanan dompet digital tersebut seperti GoPay, OVO, DANA. Sedangkan untuk e-commerce bisa lewat Tokopedia, Bukalapak, Shopee dan beberapa lainnya.

3. Cara Membayar Lewat Indomaret / Alfamart

Sedangkan untuk pembayaran offline tidak hanya langsung di kantor BPJS Kesehatan, melainkan bisa dilakukan melalui minimarket Alfamart dan Indomaret. Untuk lebih jelasnya simak langakh berikut.

  • Datang ke Indomaret / Alfamart.
  • Sampaikan ke kasir jika Anda ingin bayar BPJS.
  • Berikan nomor kartu / kepesertaan BPJS.
  • Bayar sesuai nominal disebutkan.
  • Anda diberikan struk bukti setelah berhasil bayar.

Bagaimana Jika Sudah Bayar Masih Muncul Penangguhan?

Jika semua cara membayar penangguhan di atas sudah dilakukan namun tetap saja penangguhan pembayaran BPJS masih gagal dilakukan. Maka solusinya adalah dengan mengunjungi kantor cabang BPJS Kesehatan terdekat untuk berkonsultasi.

Guna kelancaran silakan datang saat jam operasional kantor dan jangan lupa membawa syarat ketentuan seperti kartu BPJS, KTP dan KK. Silakan ambil dan tunggu nomor antrean, tiba giliran silakan minta kepada petugas untuk menangani masalah penangguhan.

Dengan melewati serangkaian pembayaran penangguhan BPJS Kesehatan di atas, nantinya status BPJS tidak aktif akan kembali aktif. Itu tandanya cara mengatasi atau menghilangkan penangguhan pembayaran BPJS sudah berhasil.

Itulah kiranya pembahasan terkait cara membayar penangguhan pembayaran BPJS kesehatan yang dapat kodebpjs.com sajikan. Semoga dengan adanya cara bayar penangguhan di atas bisa bermanfaat, terutama bagi para peserta BPJS Kesehatan yang kebetulan menemui masalah serupa.

Advertisements