√ Penangguhan Pembayaran BPJS Kesehatan : Penyebab & Solusi

Penangguhan Pembayaran BPJS Kesehatan – Sejak hadirnya program BPJS Kesehatan, kini masyarakat Indonesia bisa mendapatkan fasilitas pengobatan layak dengan biaya terjangkau. Syaratnya, masyarakat harus mendaftarkan dirinya sebagai peserta BPJS Kesehatan.

Pendaftaran peserta BPJS Kesehatan bisa dilakukan untuk diri sendiri (Perorangan) atau mendaftarkan seluruh anggota keluarga yang tercantum di dalam satu nomor Kartu Keluarga. Sementara itu, status peserta baru akan aktif jika sudah melakukan pembayaran pertama.

Lalu apa jadinya ketika sudah melakukan pembayaran, tapi muncul notifikasi berupa penangguhan pembayaran. Ya, belakangan ini memang kerap terjadi masalah seperti itu pada para peserta baru BPJS Kesehatan.

Bagi kalian yang mungkin sedang mengalami penangguhan pembayaran, silahkan simak artikel ini sampai akhir. Sebab, berikut ini kami telah menyiapkan penjelasan lengkap tentang penyebab hingga cara mengatasi masalah tersebut.

Citayam

Penangguhan Pembayaran BPJS Kesehatan

Penangguhan Pembayaran BPJS Kesehatan

Seperti kami sebutkan diatas bahwa setelah menyelesaikan pendaftaran peserta baru BPJS Kesehatan melalui JKN Mobile maupun metode lainnya, para peserta diwajibkan membayarkan Premi pertama. Cara tersebut dilakukan untuk mengaktifkan status kepesertaan BPJS Kesehatan.

Namun akhir-akhir ini banyak peserta baru yang mengeluhkan masalah terkait penangguhan pembayaran Premi pertama. Dengan begitu, status kepesertaan mereka belum bisa diaktifkan.

Penting diketahui bahwa ketika status kepesertaan belum aktif, maka peserta belum menggunakan layanan BPJS Kesehatan. Hal ini tentu sangat dirasakan bagi para peserta baru yang melakukan registrasi karena ingin menggunakan layanan BPJS Kesehatan untuk meringankan biaya.

Penyebab Status Pembayaran BPJS Ditangguhkan

Sampai disini, mungkin kalian yang sedang mengalaminya penasaran apa penyebab dari terjadinya penangguhan pembayaran BPJS Kesehatan. Jadi, masalah itu bisa terjadi karena beberapa faktor sebagai berikut :

1. Belum Tiba Tanggal Pembayaran

Penyebab pertama berasal dari transaksi pembayaran yang belum tiba waktunya. Jadi, penting diketahui bahwa setelah menerima Email Virtual Account kalian tidak bisa langsung melakukan pembayaran. Transaksi dilakukan nanti setelah 14 hari hingga 30 hari sejak tanggal penerima Email.

2. Gangguan Sistem BPJS Kesehatan

Penyebab kedua mungkin berasal dari adanya gangguan atau Bug dari sistem BPJS Kesehatan itu sendiri. Hal ini bisa dialami setelah melakukan pembayaran sesuai waktu yang ditentukan, tapi status pembayaran masih ditangguhkan.

Solusi Penangguhan Pembayaran BPJS

Solusi Penangguhan Pembayaran BPJS

Setelah menyimak penjelasan mengenai penyebab penangguhan pembayaran BPJS, sekarang kita lanjut ke solusi dari masalah tersebut. Jadi, untuk mengatasi masalah diatas kalian hanya perlu melakukan beberapa hal sebagai berikut :

1. Menunggu Hingga Tiba Waktu Pembayaran

Cara pertama adalah kalian cukup menunggu sampai tiba waktu pembayaran Premi pertama sebagai peserta baru BPJS Kesehatan. Nantinya jika pembayaran dilakukan sesuai waktu yang ditentukan, maka status pembayaran yang sebelumnya penangguhan atau ditangguhkan akan berubah menjadi diterima dan status peserta akan diaktifkan.

2. Minta Bantuan Call Center BPJS Kesehatan

Solusi kedua kami tujukan bagi kalian yang sudah melakukan pembayaran sesuai waktu yang ditentukan tapi status masih saja ditangguhkan. Jika demikian, kami sarankan untuk menghubungi Call Center BPJS Kesehatan.

Atau bisa juga mengirimkan laporan masalah ke WhatsApp Pandawa sesuai domisili tempat tinggal kalian. Nantinya petugas bakal membantu proses aktivasi status pembayaran sekaligus melepas status penangguhan pembayaran.

Tapi sebelum melakukan proses tersebut, kalian harus menyiapkan data persyaratan yang diperlukan, antara lain :

  • Bukti pembayaran
  • Nomor BPJS Kesehatan
  • Screenshot bukti penangguhan pembayaran

Sementara itu, proses ini mungkin memakan waktu antara 3 sampai 5 hari kerja, sebab petugas bakal melakukan validasi data terlebih dahulu untuk mengatasi kendala tersebut. Jadi, setelah melaporkan masalah diatas, status kepesertaan dan pembayaran tidak akan langsung diaktifkan.

Demikianlah penjelasan dari tim kodebpjs.com mengenai masalah penangguhan pembayaran Premi pertama BPJS Kesehatan. Diatas kami telah menjelaskan bahwa masalah itu disebabkan karena pembayaran dilakukan sebelum waktu yang ditentukan.

Sedangkan untuk solusinya, kalian hanya perlu melakukan pembayaran setelah tiba waktu pembayaran. Jika tidak kunjung berhasil, maka segera hubungi Call Center atau minta bantuan petugas BPJS Kesehatan sesuai domisili melalui layanan WhatsApp Pandawa.