5 Cara Membuat KIS Untuk Warga Miskin dan Kurang Mampu

Cara Membuat KIS – Semua orang pasti menginginkan tubuh yang sehat dan tidak mudah terserang penyakit, karena kesehatan mahal harganya. Apalagi kesehatan sangatlah penting dalam membangun peradaban bangsa dan memajukan perekonomian negara. Tanpa kesehatan, masyarakat indonesia tidak dapat menjadi sumber daya manusia yang berkualitas. Dalam hal mewujudkan kualitas sumber daya manusia yang sehat, pemerintah mulai memberikan bantuan layanan kesehatan. Salah satunya yaitu dengan diluncurkannya program JKN KIS.

Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat atau JKN KIS adalah sebuah kartu yang dapat digunakan untuk mendapatkan layanan kesehatan atau sebagai jaminan kesehatan yang diberikan kepada masyarakat indonesia yang kurang mampu. Setiap pemegang kartu KIS akan mendapatkan pelayanan kesehatan dan pelayanan medis secara gratis karena semua biaya pelayanan kesehatan sudah ditanggung oleh pemerintah.

Kehadiran KIS membuka akses yang lebih besar kepada masyarakat untuk menjamin kepada pelayanan kesehatan terhadap penyakit yang dideritanya. Selain meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dan juga kesejahteraan masyarakat dengan kondisi ekonomi yang lemah serta memberikan kontribusi positif terhadap kondisi perekonomian. KIS juga memiliki manfaat yang sangat penting bagi masyarakat, karena adanya program tersebut masyarakat menjadi lebih mudah mendapatkan layanan kesehatan dan perawatan medis secara maksimal.

Sebelum menjadi peserta KIS para calon peserta diwajibkan mendaftar terlebih dahulu dengan memenuhi persyaratan persyaratan yang sudah ditentukan. Seperti halnya syarat membuat BPJS mandiri KIS pun memiliki persyaratan ketika kita hendak mendaftarkan diri sebagai peserta KIS yang wajib dipenuhi oleh setiap orang. Lalu apa saja syarat dan cara membuat KIS, maka simaklah ulasan kami berikut ini.

Cara Membuat KIS Untuk Warga Kurang Mampu

Cara Membuat KIS

Cara Membuat KIS

Pada kesempatan yang sangat baik ini kami akan memberikan informasi mengenai cara membuat KIS bagi masyarakat yang tidak mampu. Bagi masyarakat yang tidak mampu atau dengan kondisi ekonomi yang lemah dapat mendapatkan layanan kesehatan secara gratis, kalian hanya perlu mendaftarkan diri dan anggota keluarga kalian dengan memenuhi syarat syarat yang sudah ditentukan oleh pihak penyelenggara. Cara membuat kartu KIS pun sangatlah mudah dan simpel, maka cepat cepatlah daftarkan diri kalian dan anggota keluarga kalian agar mendapatkan kemudahan dalam hal perawatan medis, jika kalian atau anggota keluarga kalian sakit dan membutuhkan perawatan medis atau pun mencegah penyakit yang diderita. Berikut adalah syarat dan cara membuat kartu indonesia sehat.

Syarat Membuat KIS

Syarat Membuat KIS

Syarat Membuat KIS

  1. Masyarakat yang tidak mampu atau dengan kondisi ekonomi yang lemah, disability, gangguan jiwa, lansia terlantar, anak jalanan, gelandangan atau pengemis, yang namanya sudah terdaftar di BPJS Kesehatan dan penerima bantuan dari pemerintah.
  2. Masyarakat yang namanya tercantum dalam sistem data terpadu PPLS yang didata oleh BPJS.
  3. Pemegang kartu Jamkesmas.
  4. Memiliki Kartu Keluarga.
  5. Melampirkan KTP masing masing anggota keluarga.
  6. Melampirkan surat keterangan tidak mampu dari kelurahan setempat.
  7. Melampirkan surat pengantar dari puskesmas.

Cara Membuat Kartu KIS

Cara Membuat Kartu KIS

Cara Membuat Kartu KIS

  1. Menyiapkan KTP masing masing anggota keluarga yang namanya tercantum di Kartu Keluarga.
  2. Menyiapkan fotocopy dan yang asli Kartu Keluarga.
  3. Membuat surat keterangan tidak mampu dari kelurahan setempat.
  4. Kemudian pergilah ke puskesmas dan mintalah surat pengantar pendaftaran KIS sebagai peserta PBI.
  5. Selanjutnya datang langsung ke kantor BPJS terdekat dan ambil nomor antrian.
  6. Setelah kalian dipanggil berikan dokumen yang sudah kalian siapkan kepada petugas BPJS.
  7. Setelah itu kalian akan diberikan formulir pendaftaran yang wajib kalian isi dengan benar.
  8. Kemudian berikan formulir pendaftaran yang sudah kalian isi tadi kepada petugas, lalu kalian akan dimintai untuk menunggu proses pencetakan kartu KIS.
  9. Setelah itu kalian akan dipanggil kembali untuk mengambil kartu KIS.

Sangatlah mudah bukan cara membuatnya, jadi tidak ada lagi alasan menunda nunda waktu untuk membuat Kartu Indonesia Sehat karena kesehatan merupakan hal yang sangat penting dan merupakan impian semua orang. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan semoga bermanfaat bagi kalian semua para pembaca yang baik hati dan tidak sombong. Selamat mencobanya dan semoga kalian sehat selalu dan budayakan antri mengantri karena mengantri mencerminkan diri kalian sebagai orang yang disiplin, jika kalian tidak ingin mengantri di kantor cabang BPJS kalian dapat mendaftar nomor antrian secara online. Sekian dan terima kasih.