Masa Berlaku Kartu KIS & Cara Cek Keaktifan Kartu KIS 2020

Masa Berlaku Kartu KIS – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau BPJS Kesehatan memberikan dua jenis pilihan kepesertaan yaitu bukan penerima upah (non PBI) atau bisa disebut juga peserta mandiri dan peserta penerima bantuan iuran (PBI). Dimana kedua kepesertaan tersebut memiliki perbedaan satu sama lain.

Kepesertaan non PBI atau mandiri nantinya akan ditujukan kepada para peserta yang dianggap mampu membayarkan iuran kelas yang dipilih setiap bulannya. Sedangkan untuk PBI nantinya akan ditujukan kepada peserta yang kurang mampu sesuai dengan data dari dinas sosial daerah setempat.

Nantinya bagi para peserta PBI akan diarahkan dengan ikut KIS dimana hanya bisa menikmati layanan kelas 3 saja, tanpa harus memikirkan besaran iurannya. Karena iuran akan sepenuhnya ditanggung oleh pemerintah daerah.

Namun kadang banyak yang bertanya-tanya mengenai masa berlaku dari kartu KIS. Nah pada pembahasan kali ini kodebpjs.com akan menyampaikan informasi mengenai masa berlaku dari Kartu Indonesia Sehat secara lengkap dan jelas.

Masa Berlaku Kartu KIS & Cara Cek Keaktifan Kartu KIS Terbaru

Masa Berlaku Kartu KIS Cara Cek Keaktifan Kartu KIS Terbaru

Untuk lebih jelas mengenai masa berlakunya, berikut akan disampaikan secara lengkap dibawah ini. Jadi terus simak ulasan ini sampai akhir agar anda paham dan jelas mengenai masa berlakunya.

Masa Berlaku Kartu KIS

Masa Berlaku Kartu KIS

Masa berlaku dari Kartu Indonesia Sehat sehingga masih aktif dan dapat digunakan untuk berobat yaitu sampai pemerintah melakukan penonaktifan. Jika belum sampai hal tersebut terjadi maka masa berlaku Kartu Indonesia Sehat milik anda akan tetap dalam kondisi aktif.

Adapun penyebab kartu KIS di nonaktifkan sendiri biasanya penyebab utamanya yaitu pemerintah sudah menganggap peserta mampu untuk mengikuti kepesertaan BPJS yang mandiri. Penonaktifan juga dapat dipicu dari minimnya anggaran pemerintah daerah.

Sehingga jika sudah begitu yang dahulunya merupakan peserta KIS atau PBI akan di alihkan menjadi kepesertaan non PBI dengan nantinya membayarkan iuran sendiri sesuai kelas dipilih. Saat sudah seperti itu maka masa berlaku dari kartu KIS sudah tidak aktif karena anda dianggap peserta yang mampu.

Cara Cek Keaktifan Kartu KIS

Cara Cek Keaktifan Kartu KIS

Agar dapat melihat, mengetahui dan memastikan kartu KIS masih aktif atau tidak para peserta dapat mengeceknya lewat beberapa cara. Dimana CARA CEK KIS bisa dikatakan cukup banyak pilihannya, berikut caranya :

  • Langkah yang pertama buka menu SMS di HP anda.
  • Kemudian ketik format berikut :
    NOKA<spasi>Nomor Kartu BPJS Kesehatan.
    NIP<spasi>Nomor Induk Pegawai.
    NIK<spasi>Nomor Induk Kependudukan.
  • Kemudian kirim ke nomor 087775500400.

Diatas merupakan cara cek keaktifan melalu pesan SMS, selain itu ada beberapa cara lain seperti situs resmi, aplikasi mobile JKN dan lainnya. Anda cukup pilih saja mau menggunakan yang mana kiranya lebih mudah dan cepat.

  • Cek KIS masih aktif atau tidak lewat BPJS Online dengan masuk ke situs resminya.
  • Cek KIS masih aktif atau tidak pada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama.
  • Cek KIS masih aktif atau tidak lewat Care Center BPJS Kesehatan di 1500400.
  • Cek KIS masih aktif atau tidak dengan datang ke kantor BPJS Kesehatan.

FAQ

1. Apakah Kartu KIS Gratis?

Ya gratis, KIS lebih ditujukan kepada peserta atau masyarakat yang kurang mampu dimana biaya iuran akan sepenuhnya ditanggung oleh pemerintah.

2. Cara Mendapatkan Kartu KIS?

Anda hanya perlu menyiapkan KTP, KK dan membuat SKTM dari desa lalu datang ke puskesmas untuk meminta surat pengantar pendaftaran BPJS sebagai peserta PBI yang digunakan untuk mendapatkan kartu KIS.

Itulah informasi mengenai masa berlaku kartu KIS beserta cara melakukan pengecekan kartu KIS masih aktif atau tidak yang dapat kodebpjs.com sampaikan. Semoga dengan adanya ulasan masa berlaku Kartu Indonesia sehat tersebut dapat membantu dan bermanfaat bagi anda semua yang bertanya mengenai hal tersebut.