7 Cara Mengecek Jamsostek Masih Aktif atau Tidak 2020

Cara Mengecek Jamsostek Masih Aktif atau Tidak – Jamsostek merupakan jaminan sosial tenaga kerja yang saat ini sudah berganti nama menjadi BPJS Ketenagakerjaan. Jamsostek/BPJS Ketenagakerjaan merupakan salah satu layanan yang menanggung sebuah jaminan untuk para pekerja di perusahaan atau tempat kerja lainnya.

Dengan begitu para peserta nantinya didaftarkan oleh pihak perusahaan atau tempat kerja tersebut, sehingga nantinya anda para peserta akan di berikan sebuah kartu Jamsostek/BPJS Ketenagakerjaan. Nah pada kesempatan kali ini kodebpjs.com akan sampaikan sebuah cara mengecek Jamsostek masih aktif atau tidaknya.

Jamsostek/BPJS Ketenagakerjaan sendiri pastinya memberikan sebuah kenyamanan terhadap para peserta dengan berbagai layanan yang bisa digunakan untuk melakukan pengecekan tersebut. Salah satu mudahnya saja anda bisa melakukannya dengan cara SMS atau bisa juga datang langsung ke kantornya.

Dengan cara mengecek lewat SMS membuat dari pihak Jamsostek/BPJS Ketenagakerjaan sendiri mengupayakan dan memanfaatkan sebuah kecanggihan teknologi dimana bisa membantu memudahkan pengecekan tersebut. Selain itu berbagai hal juga bisa dilakukan dengan cara canggih ini seperti cek saldo Jamsostek dan lain-lainnya.

Cara Mengecek Jamsostek Masih Aktif atau Tidak

Cara Mengecek Jamsostek Masih Aktif atau Tidak

Nah penasaran mengenai cara apa sajakah yang bisa digunakan atau dilakukan untuk melakukan sebuah pengecekan apakah kartu Jamsostek/BPJS Ketenagakerjaan milik anda masih aktif atau tidak. Nah berikut akan kodebpjs.com sampaikan di bawah ini mengenai beberapa caranya:

Lewat Situs Resmi

Lewat Situs Resmi

Cara pertama yang biasa anda lakukan jika ingin mengetahui apakah kartu Jamsostek/BPJS Ketenagakerjaan anda masih aktif maupun tidak yaitu dengan mengecek secara langsung ke situs resminya. Nah berikut langkah-langkah mengecek lewat situs resminya:

  • Siapkan perangkat seperti HP/PC/Laptop dan jaringan internetnya
  • Setelah itu langsung masuk saja ke browser
  • Kemudian masuk ke situs resminya yaitu www.bpjsketenagakerjaan.go.id
  • Jika sudah masuk, nantinya anda akan dibawa ke tampilan layar utama
  • Pilih dan klik menu Layanan Peserta
  • Setelah itu lanjut dengan pilih BPJSTKU, lalu masuk
  • Kemudian cek status dengan memasukkan nomor KTP dan nomor BPJS pada kolom yang sudah disediakan
  • Ketika data yang anda masukkan ternyata memiliki status tidak valid itu menandakan kartu Jamsostek/BPJS Ketenagakerjaan milik anda sudah tidak aktif, sebaliknya jika masih valid maka masih aktif kartu Jamsostek anda

Sebagai catatan : Jika anda ingin mengecek aktif atau tidaknya kartu Jamsostek dengan cara satu ini, terlebih dahulu anda harus registrasi untuk memiliki akun. Untuk cara pendaftarannya sendiri terbilang cukup mudah, dimana anda hanya diminta memasukkan email, data pengguna seperti yang terdapat di Jamsostek/BPJS Ketenagakerjaan pada saat pertama masuk ke situs resmi tadi.

Lewat Aplikasi BPJSTKU

Lewat Aplikasi BPJSTKU 1

Untuk cara yang kedua juga tidak kalah mudah dan simplenya dengan cara mengecek yang pertama mengenai masih aktif atau tidaknya sebuah kartu Jamsostek/BPJS Ketenagakerjaan milik anda. Dimana cara ini anda hanya memerlukan sebuah aplikasi BPJSTKU yang bisa di download secara gratis di Playstore atau App Store, berikut akan disampaikan langkah-langkahnya:

  • Langkah pertama yaitu anda harus registrasi akun terlebih dahulu pada aplikasi
  • Registrasi tersebut anda hanya akan di minta untuk memasukkan sebuah email aktif dan beberapa pengisian data diri
  • Jika sudah semua dilakukan, baru anda bisa melakukan mengecek aktif atau tidaknya kartu Jamsostek/BPJS Ketenagakerjaan milik anda
  • Anda hanya perlu kembali ke layar tampilan utama, setelah melakukan registrasi tersebut
  • Kemudian cari dan pilih menu Profile
  • Setelah itu anda akan diminta untuk memasukkan PIN aplikasi BPJSTKU dan nomor kepesertaan
  • Jika sudah, nantinya aplikasi akan menampilkan sebuah data mengenai status apakah masih aktif atau tidaknya kartu Jamsostek/BPJS Ketenagakerjaan milik anda

Tidak hanya bisa digunakan untuk mengecek sebuah keaktifan dari kartu Jamsostek para peserta, aplikasi BPJSTKU juga bisa untuk cek saldo Jamsostek milik anda. Sehingga anda bisa mengetahui saldo yang diterima pada saat anda masih dalam masa bekerja di perusahaan tempat bekerja.

Lewat SMS

Lewat SMS

Cara selanjutnya anda bisa lakukan dengan mengirim sebuah SMS, hal ini juga terbilang sangat mudah untuk dilakukan dimana anda hanya memerlukan sebuah HP dan pulsa saja anda sudah bisa mengetahui apakah masih aktif atau tidaknya sebuah kartu Jamsostek/BPJS Ketenagakerjaan. Berikut langkah mudah untuk melakukannya:

  • Langkah pertama yaitu anda harus mendaftar terlebih dahulu dengan nomor HP dan nomor peserta Jamsostek/BPJS Ketenagakerjaan
  • Langsung saja pilih menu pesan dan buat format DAFTAR (spasi) SALDO#No.KTP#NAMA PESERTA#TANGGAL LAHIR#NOMOR KEPESERTAAN JAMSOSTEK#EMAIL (email boleh tidak diikutsertakan)
  • Lalu kirimkan ke 2757

Jika sudah terdaftar, maka anda sudah bisa langsung kirim SMS untuk cek keaktifan dari kartu Jamsosteknya

  • Langsung saja masuk ke pesan menu di HP anda
  • Buat format pesan STATUS(Spasi)TK#NO.PESERTA

Contoh : STATUS TK#12345678987

  • Setelah itu langsung saja kirim ke 2757
  • Nantinya akan ada sebuah SMS balasan mengenai keaktifan kartu Jamsostek milik anda

Pada cara satu ini pastikan anda memiliki sebuah pulsa, karena pengiriman SMS ini sifatnya tidak gratis atau memerlukan biaya.

Datang ke Kantor Langsung

Datang ke Kantor Langsung

Cara ini bisa dilakukan jika kondisi jarak dari tempat tinggal dengan kantor memiliki sebuah jarak tempuh yang tidak terlalu jauh, sehingga tidak akan memakan waktu terlalu banyak. Caranya cukup mudah anda hanya memerlukan atau menyiapkan sebuah kartu Jamsostek/BPJS Ketenagakerjaan, sebelum datang ke kantor.

Jika sudah langsung saja datang ke kantor pada saat jam kerja, setelah sampai disana langsung saja datangi maupun temui petugas yang sedang berjaga dan utarakan maksud kedatangan anda. Nantinya petugas akan meminta kartu kepesertaan anda pada saat mulai melakukan pengecekan kartu Jamsostek tersebut apakah masih aktif atau tidak.

Setelah itu petugas akan memberitahukan mengenai status kartu Jamsostek anda, jika sudah mengetahuinya anda ucapkan terimakasih kepada petugas yang telah membantu melakukan pengecekan tersebut.

Nah diatas merupakan beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengetahui kartu Jamsostek/BPJS Ketenagakerjaan apakah masih aktif atau tidak, semoga cara tersebut bisa bermanfaat dan berguna untuk semua. Anda para peserta bisa gunakan cara mengecek menggunakan aplikasi atau website dimana nantinya anda tidak perlu repot-repot, karena hanya memerlukan HP saja. Mungkin itu saja yang bisa kodebpjs.com sampaikan semoga bisa bermanfaat dan berguna bagi semua yang membutuhkan.