Lupa Nomor KPJ? Berikut 7 Cara Untuk Mengetahuinya

Advertisements

Lupa Nomor KPJ – Memang lupa atau kelupaan menjadi salah satu hal yang pastinya semua orang pernah mengalaminya. Dengan mengalami upa maka Anda tidak menyalahkan siapapun termasuk diri sendiri.

Namun apa jadinya jika Anda lupa dengan nomor kepesertaan BPJS maupun Jamsostek. Tentunya akan membuat sedikit cemas, karena dengan nomor tersebutlah beberapa layanan BPJS atau Jamsostek Anda akan terganggu.

Tidak sedikit para peserta yang bertanya atau bahkan mengalami permasalahan lupa akan nomor kepesertaan. Dan banyak juga yang bertanya mengenai cara untuk mengetahui nomor KPJ tersebut bagaimana.

Advertisements

Nah, jika penasaran akan cara mengetahui permasalahan akibat nomor KPJ kelupaan tersebut, berikut akan disampaikan di bawah ini secara lengkap. Jadi terus simak ulasan ini sampai akhir.

Lupa Nomor KPJ

Advertisements

Apa Itu Nomor KPJ?

Nomor KPJ sendiri ialah nomor kepesertaan yang ada pada Kartu Peserta Jamsostek, di mana nomor KPJ terdiri dari 11 nomor unik. Dengan nomor KPJ ini juga nantinya berfungsi sebagai tanda pengenal Anda atas kepesertaan Jamsosteknya.

Manfaat Nomor KPJ

Manfaat Nomor KPJ

Manfaatnya sendiri cukup banyak, yaitu mengenai apa itu yang masih berhubungan dengan layanan-layanan dari Jamsostek atau BPJS Ketenagakerjaan. Berikut kegunaan atau manfaat yang dapat dirasakan dengan adanya nomor KPJ:

  • Pendaftaran layanan informasi dengan SMS ke 2757.
  • Pembuatan akun BPJSTKU.
  • Perlu mencantumkan nomor KPJ, jika membuat surat kehilangan.
  • dan lainnya.

Cara Mengetahui Nomor KPJ Akibat Lupa

Nah apa jadinya jika KPJ Anda hilang terus lupa dengan nomor KPJ tersebut? Tidak perlu khawatir mengenai hal tersebut, berikut ada beberapa cara untuk mengetahui nomor kepesertaan yang terdapat pada kartu KPJ Anda.

1. Hubungi HRD Perusahaan

Hubungi HRD Perusahaan

Cara pertama untuk mengetahui nomor KPJ yaitu dengan menghubungi HRD perusahaan. Mungkin cara ini akan sangat praktis dan mudah jika Anda masih aktif bekerja di perusahaan bersangkutan.

Kelemahan cara ini dapat dirasakan saat Anda sudah tidak bekerja di perusahaan tersebut. Karena pada umumnya pihak HRD sudah tidak peduli dengan apa yang bersangkutan dengan mantan karyawannya.

Termasuk saat meminta informasi nomor Kartu Peserta Jamsostek akibat lupa. Dengan begitu berdoa dan semoga Anda beruntung menemukan HRD perusahaan bekerja yang dulu, memiliki jiwa kemurahan hati tinggi.

2. Lihat di Aplikasi BPJSTKU

Lihat di Aplikasi BPJSTKU

Jika Anda lupa nomor KPJ dan sudah pernah membuat akun BPJSTKU, bisa manfaatkan akun tersebut untuk mengetahui nomor KPJ tersebut. Tentunya akan lebih mudah cara mengetahui nomor KPJ dengan cara ini.

Karena nantinya Anda hanya perlu login ke aplikasi BPJSTKU dengan menggunakan alamat email dan PIN yang sudah pernah dibuat sebelumnya. Jadi Anda tidak perlu khawatir dan cemas berlebih saat kelupaan nomor KPJ.

Pada aplikasi BPJSTKU ini, Anda juga dapat mencetak e-ID BPJSTK dan digunakan sebagaimana kartu BPJSTK asli. Dengan aplikasi ini bisa dikatakan menjadi salah satu cara termudah untuk mengetahui nomor kepesertaan.

3. Ketahui lewat Situs Resmi

Ketahui lewat Situs Resmi

Lupa nomor kepesertaan BPJS atau Jamsostek? Anda bisa mengetahui secara mudah. Yaitu dengan cara mengetahui lewat situs resmi BPJS Ketenagakerjaan, namun pastikan Anda tahu alamat email dan PIN yang sudah didaftarkan sebelumnya. Berikut langkahnya:

  1. Pertama buka browser di perangkat seperti HP, laptop, atau komputer. Langsung saja masuk ke laman www.bpjsketenagakerjaan.go.id atau langsung di sso.bpjsketenagakerjaan.go.id.
  2. Setelah itu masukkan alamat Email dan Password yang sebelumnya sudah didaftarkan.
  3. Jika sudah klik “Saya bukan robot” maupun recaptcha. Kemudian klik LOGIN.
  4. Lalu pilih saja cek kartu digital.
  5. Setelah itu akan muncul nomor BPJS Ketenagakerjaan Anda.

4. Ketahui lewat Layanan Media Sosial

Ketahui lewat Layanan Media Sosial

Selain beberapa cara mengetahui di atas, jika Anda lupa akan nomor KPJ Anda bisa menghubungi lewat media sosial resmi BPJS Ketenagakerjaan. Berikut beberapa sosial media dari BPJS Ketenagakerjaan

  • Facebook : BPJS Ketenagakerjaan
  • Instagram : bpjs.ketenagakerjaan
  • Twitter : @bpjstkinfo
  • YouTube : BPJS Ketenagakerjaan dan BPJSTK News

5. Hubungi Call Center

Hubungi Call Center

Cara mudah untuk mengetahui nomor KPJ selanjutnya yaitu dengan menghubungi CALL CENTER BPJS KETENAGAKERJAAN. Sampaikan saja keluhan Anda saat sudah terhubung dengan CS dari BPJS Ketenagakerjaan.

Hanya saja cek nomor KPJ ini membutuhkan biaya atau pulsa panggilan. Jadi sebelum memulai untuk melakukan panggilan ke call center BPJS Ketenagakerjaan pastikan pulsa mencukupi panggilan tersebut.

6. Kirim Pesan lewat Email

Kirim Pesan lewat Email

Anda juga bisa mencari tahu nomor KPJ akibat kelupaan dengan cara mengirimkan pesan yang berisikan permintaan bantuan ke alamat email dari BPJS Ketenagakerjaan. Untuk alamat email sendiri yaitu @bpjsketenagakerjaan.go.id.

Tuliskan pesan secara jelas, lengkap, dan padat pada pesan yang akan dikirimkan. Sehingga nantinya pesan Anda akan mudah untuk dipahami oleh petugas yang akan membantu Anda memberikan informasi nomor KPJ-nya.

7. Datang ke Kantor BPJS Ketenagakerjaan

Datang ke Kantor BPJS Ketenagakerjaan

Ingin mengetahui nomor KPJ akibat lupa? Anda bisa datang ke kantor BPJS Ketenagakerjaan langsung. Mungkin cara ini bisa dikatakan menjadi salah satu cara termudah, karena nantinya Anda hanya perlu waktu luang untuk datang.

Namun jangan lupa saat datang ke kantor BPJS Ketenagakerjaan bawalah Kartu Keluarga, e-KTP dan PAKLARING. Biasanya CS atau petugas menanyakan hal itu saat Anda sudah menyampaikan permasalahannya.

Mungkin itulah informasi yang dapat kodebpjs.com sampaikan untuk Anda semua saat lupa nomor kepesertaan KPJ-nya. Semoga dengan adanya ulasan ini dapat bermanfaat bagi Anda para peserta BPJS/Jamsostek yang kelupaan akan nomor kepesertaannya.

Advertisements