10 Cara Mengetahui Nomor BPJS Ketenagakerjaan 2020

Cara Mengetahui Nomor BPJS Ketenagakerjaan – Lupa atau bahkan kehilangan sebuah benda juga dokumen pastinya pernah anda rasakan, namun apa jadinya jika anda kehilangan kartu BPJS Ketenagakerjaan? Dimana kartu tersebut masih sangat penting karena didalamnya terdapat hak-hak anda menjadi seorang pekerja.

Tenang saja kodebpjs akan sampaikan informasi mengenai cara untuk mengetahui nomor kartu BPJS Ketenagakerjaan tersebut bisa kembali diketahui. Namun kembali jika terjadi kehilangan maka anda kurang berhati-hati dalam menyimpannya, oleh karena itu selalu teliti pada saat menaruhkan atau menyimpan kartu BPJS Ketenagakerjaan tersebut.

Memang BPJS Ketenagakerjaan dibuat untuk para pekerja di perusahaan sehingga akan mendapat hak dan menjadi terjamin akan perlindungan yang di berikannya. Nantinya BPJS Ketenagakerjaan ini juga bisa di cairkan jika anda sudah tidak bekerja atau habis kontrak, cairkannya juga bisa dengan cara klaim BPJS Ketenagakerjaan secara online dan juga offline.

Sehingga jika terjadi kehilangan terhadap kartu BPJS Ketenagakerjaan yang anda miliki pastinya sangat terpikirkan sekali nantinya. Karena dengan BPJS Ketenagakerjaan akan menjadikan pekerja tersebut kehilangan hak-hak yang diterimanya, dengan begitu anda cepat urus untuk mengetahui nomor BPJS Ketenagakerjaan dan bisa mendapatkan haknya kembali.

Cara Mengetahui Nomor BPJS Ketenagakerjaan

Cara Mengetahui Nomor BPJS Ketenagakerjaan

Untuk caranya sendiri sebenarnya sangat mudah-mudah untuk mengetahui kembali nomor BPJS Ketenagakerjaan yang hilang tersebut. Jika penasaran dengan caranya simak terus ulasan dibawah ini:

1. Hubungi HRD Perusahaan

Hubungi HRD Perusahaan

Cara pertama yang musti anda lakukan jika ingin mengetahui nomor BPJS ketenagakerjaan baik itu hilang atau lupa bisa datang menemui HRD perusahaan tempat anda bekerja. Hal itu karene HRD tempat anda bekerja merupakan pihak yang paling tahu mengenai data kepesertaan BPJS ketenagakerjaan milik anda.

Anda bisa langsung utarakan tujuan anda menghubungi atau menemui HRD tersebut, dimana sampaikan kronologinya. Semoga pihak HRD bisa memberikan titik terang mengenai nomor BPJS ketenagakerjaan tersebut, terkadang banyak pihak HRD perusahaan enggan dalam menyelesaikan masalah seperti ini.

Semoga anda bertemu dengan pihak HRD perusahaan tempat anda bekerja yang baik hati, sehingga bisa membantu mengatasi masalah dengan BPJS ketenagakerjaan anda. Semoga cara ini berhasil dimana nantinya anda bisa mengetahui nomor BPJS ketenagakerjaannya kembali.

2. Ajukan Pengaduan di Situs Lapor.go.id

Ajukan Pengaduan di Situs Lapor.go .id

Selain cara menemui pihak HRD anda juga bisa mengunakan cara satu ini, cara yang terbilang cukup mudah dimana nantinya pengaduan ini hanya dilakukan secara online. Memang situs ini di sediakan oleh pemerintah untuk membantu masyarakatnya untuk mengeluhkan atau mengajukan sebuah pengaduannya secara online.

Anda hanya perlu masuk ke situs Lapor.go.id dimana didalamnya berbagai pengaduan bisa dikeluhkan, namun sebelum bisa menikmati layanan pengaduan secara online ini anda harus registrasi terlebih dahulu. Jika sudah registrasi baru anda bisa mengajukan pengaduan yang akan diajukan, dengan kasus ingin mengetahui nomor BPJS Ketenagakerjaan tersebut.

Untuk melakukan sebuah pengaduan dengan kasus ingin mengetahui nomor BPJS Ketenagakerjaan yang hilang, anda memerlukan sebuah identitas diri sebagai syarat atau persyaratan yang ditanyakan nantinya. Nah berikut Identitas atau dokumen yang diperlukan nantinya:

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Tempat Tanggal Lahir
  • Alamat Tempat Lahir
  • Kartu Keluarga (KK)
  • Nama Ibu Kandung
  • Nama perusahaan yang menerbitkan BPJS Ketenagakerjaan anda
  • Email Aktif

Nantinya jika sudah dikirim kemudian akan diteruskan kepada pihak BPJS Ketenagakerjaan dimana nantinya akan diproses, dan tunggu sebentar dalam proses tersebut. Jika data yang anda masukan benar dan valid, maka anda bisa mendapatkan kembali nomor BPJS Ketenagakerjaan tersebut.

Mungkin cara ini sangat cocok bagi anda yang kehilangan kartu BPJS Ketenagakerjaan, namun ingin mengetahui nomor BPJS Ketenagakerjaan tetapi malas untuk menemui atau menghubungi pihak HRD. Karena anda hanya perlu melakukan dengan buka situs tersebut secara online di perangkat pintar anda, seperti HP, Laptop atau komputer.

3. Hubungi atau Datang ke Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Terdekat

Hubungi atau Datang ke Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Terdekat

Jika menggunakan cara kedua tadi terbilang kurang mantap, anda bisa dengan cara yang terakhir ini dimana caranya juga sangat sederhana. Hanya saja jika menggunakan cara ini nantinya akan memerlukan waktu luang untuk bisa mengetahui nomor BPJS Ketenagakerjaan tersebut kembali.

Caranya yaitu dengan datang ke kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan terdekat, mungkin cara ini bisa membantu anda jika kedua cara tersebut enggan anda lakukan. Anda juga perlu melengkapi persyaratan atau syarat untuk mengetahui nomor BPJS Ketenagakerjaan yang hilang tadi, berikut persyaratan dokumen yang harus di bawa:

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Kartu Keluarga (KK)
  • Biodata Pribadi
  • Nama Ibu Kandung

Jika anda sudah di daftarkan menjadi peserta menjadi BPJS Ketenagakerjaan oleh perusahaan tempat anda bekerja. Nantinya petugas akan membantu dengan mudah untuk menemukan nomor BPJS Ketenagakerjaan anda, mungkin dari cara-cara diatas sangatlah sederhana, anda hanya perlu datang dan adukan apa maksud anda datang ke BPJS Ketenagakerjaan.

Nah itulah beberapa cara yang anda lakukan jika ingin mengetahui kembali nomor BPJS Ketenagakerjaan yang hilang, dari cara-cara diatas mungkin sangat mudah untuk dilakukan. Semoga informasi yang disampaikan oleh kodebpjs bisa bermanfaat dan berguna bagi semua yang membutuhkannya.