PCare Tidak Bisa Login ? Ini 10 Penyebab & Cara Mengatasi

PCare Tidak Bisa Login – Hingga saat ini beberapa layanan online telah diluncurkan guna memudahkan urusan setiap para peserta BPJS Kesehatan dalam mengakses layanan kepesertaan. Seperti misalnya layanan JKN Mobile dan Primary Care atau PCare.

Mungkin bagi sebagian orang PCare akan sedikit asing, namun untuk para peserta BPJS Kesehatan hal ini sudah tidak asing lagi. Di mana apa itu PCare adalah bagian dari sistem informasi berbasis website yang sudah disediakan BPJS Kesehatan.

Di mana PCare ini memiliki fungsi untuk mendapatkan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) seperti Puskesmas, Klinik Pratama, serta Dokter Praktik Mandiri dalam melayani peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat.

Tentu saja kemudahan dalam mendapatkan FKTP akan semakin mudah, namun dengan catatan Anda harus sudah daftar PCare BPJS Kesehatan terlibuh dahulu guna dapatkan akses login berupa username dan password. Jika sudah dapatkan maka silakan login.

PCare Tidak Bisa Login

Namun dari beberapa kasus yang dialami oleh para pengguna PCare ini, ada kendala yang kerap dikeluhkan. Di mana kendala tersebut adalah PCare tidak bisa login dan menjadikan pengaksesan akan sedikit tertunda sampai Anda benar mengatasinya. Dengan begitu kodebpjs.com akan sampaikan secara lengkap di pembahasan ini.

Penyebab PCare Tidak Bisa Login

Penyebab PCare Tidak Bisa Login

Pastinya para peserta BPJS Kesehatan yang merupakan pengguna PCare tentu pernah alami tidak bisa login di beberapa pengaksesannya. Lalu apa penyebab yang menjadikan PCare gagal login tersebut? Untuk penyebab tidak bisa login ada beberapa faktor, diantaranya seperti:

1. Lupa Username / Password PCare

Penyebab pertama tidak bisa login dapat diakibatkan karena lupa username atau password PCare. Itu dikarenakan saat ingin login para pengguna harus memasukkan kedua hal tersebut agar bisa masuk dan mengaksesnya. Jadi saat lupa username dan password, otomatis Anda bisa tidak bisa login.

2. Salah Masukkan Username / Password PCare

Penyebab kedua gagal login PCare juga bisa disebabkan oleh kesalahan dalam memasukkan username maupun password. Biasanya ini terjadi saat Anda kurang teliti dalam memasukkan atau bisa jadi salah ketik/typo ketika menginputnya. Untuk salah memasukkan 3 kali akan memunculkan pop up untuk menunggu 3 menit guna bisa mencoba login ulang.

3. PCare Sedang Gangguan

Penyebab ketiga tidak bisa login juga dapat terjadi akibat PCare sedang ada gangguan server, ini menjadi permasalahan umum yang bisa saja terjadi. Apalagi PCare merupakan layanan online dengan banyaknya pengguna yang mengakses secara bersamaan.

4. Sedang Ada Maintenance

Penyebab keempat tidak bisa login dikarenakan oleh adanya maintenance atau pemeliharaan aplikasi seperti misalnya memberikan pembaharuan terhadap fitur-fitur di dalamnya. Dengan adanya maintenance ini waktu tidak bisa menentukan kapan pemeliharaan dilakukan.

5. Terlalu Banyak Perangkat Login

Penyebab terakhir yang umum terjadi dan akibatkan tidak bisa login PCare karena terlalu banyak perangkat yang login bersamaan di PCare. Karena seperti Anda ketahu jika untuk di faskses admin ada 3 perangkat yang mengakses dalam waktu bersama.

Cara Mengatasi PCare Tidak Bisa Login

Cara Mengatasi PCare Tidak Bisa Login

Setelah tahu akan pokok permasalahan yang menjadikan para pengguna PCare gagal login di atas, selanjutnya maka Anda tinggal mengetahui bagaimana cara untuk mengatasinya. Di mana ada beberapa cara yang bisa dilakukan, umumnya menyesuaikan dengan penyebab yang menjadikan kegagalan login tersebut terjadi.

1. Ingat Kembali Username / Password

Saat terjadi lupa username dan password sehingga tidak bisa login, cara mengatasi paling ampuh adalah dengan mengingat kembali username dan password-nya. Jika sudah mengingatnya maka silakan untuk memasukkan ulang kemudian login kembali.

Namun jika sampai Anda benar-benar lupa maka silakan atasi dengan masuk ke opsi menu “Lupa Password”. Namun guna kelancaran, silakan Anda mengetahui alamat email aktif yang terdaftar di PCare saat pendaftaran guna mendapatkan link untuk ganti password. Bisa ikuti langkah berikut:

  • Pertama silakan masuk ke situs PCare di browser pada perangkat yang digunakan.
  • Nantinya di halaman awal login / sign in PCare silakan pilih opsi menu “Lupa Password…?” yang ada di bawah captcha huruf.
  • Kemudian, Anda akan diarahkan ke laman registrasi user PCare. Lanjut dengan masukkan username faskes beserta alamat email faskes yang terdaftar sebagai user PCare. Jika sudah, klik “Kirim Link Ubah Password”.
  • Langkah berikutnya adalah silakan buka email user PCare yang tadi dimasukkan, lalu cek link dikirimkan oleh pihak BPJS untuk memulihkan akun PCare.
  • Silakan langsung saja klik link tersebut dan silakan mulai ganti password PCare dengan password PCare baru. Pastikan jika password tidak digunakan sebelumnya dalam 3 kali terakhir.
  • Jika berhasil mengganti password, maka silakan login ulang akun PCare dengan password PCare baru.
  • Ketika login akun PCare berhasil, itu tandanya atasi gagal login akibat lupa password telah berhasil.

2. Cek Kembali Saat Memasukkan Username & Password

Namun saat permasalahan tidak bisa login karena kesalahan dalam memasukkan username serta password, namun belum melakukan kesalahan selama 3 kali. Maka silakan cek dan periksa kembali dua hal tersebut guna bisa akses masuk ke PCare BPJS Kesehatan.

Terjadinya kesalahan memasukkan ini adalah akibat kurang teliti, jadi pastikan sekali lagi sebelum klik “Sign In” bahwasanya antara username maupun password telah sesuai. Dengan begitu, proses pengaksesan PCare dapat berjalan lancar.

3. Tunggu Gangguan & Maintenance Berakhir

Lalu saat masalah datang karena ada gangguan dan maintenance pada sistem PCare, tidak ada cara lain selain menunggu sampai gangguan dan maintenance berakhir. Lalu berapa lama gangguan dan maintenance tersebut berakhir?

Untuk hal itu pihak BPJS Kesehatan tidak bisa menentukan lama waktu guna mengembalikan PCare kembali normal. Namun untuk memastikan jika gangguan serta maintenance telah berakhir, silakan cek secara berkala dengan mencoba login ulang.

4. Pastikan 1 Akun 1 Perangkat yang Login

Terakhir, saat masalah tidak bisa login karena kebanyakan terlalu banyak perangkat yang login ke PCare. Karena untuk di faskes admin ada 3 perangkat saja yang bisa mengaksesnya dalam waktu bersamaan.

Dengan begitu untuk cara mengatasinya adalah dengan mengurangi perangkat yang login tersebut saja. Misalnya memastikan jika 1 perangkat 1 akun yang login. Sehingga nantinya gagal login bisa di minimalisir dan tidak terjadi lagi.

5. Hubungi Pihak BPJS Kesehatan

Jika cara mengatasi di atas tetap saja tidak menemui hasil, maka Anda bisa hubungi pihak BPJS Kesehatan untuk meminta bantuan. Anda bisa minta bantuan lewat layanan call center BPJS Kesehatan atau datang langsung ke kantor BPJS Kesehatan.

Untuk datang ke kantor BPJS, itu bisa dimanfaatkan bagi Anda yang rumah dan jarak kantor tidak terlalu jauh. Sehingga nantinya tidak memakan waktu hanya untuk mengatasi permasalahan tidak bisa loginnya ke akun Primary Care.

Itulah pembahasan terkait PCare tidak bisa login atau diakses sehingga pelayanan dengan PCare akan sedikit tertunda lengkap dengan informasi penyebab dan cara mengatasinya. Jadi, adanya pembahasan terkait gangguan Primary Care di atas semoga bisa bermanfaat dan berguna bagi semua.

Terutama bagi para pengguna PCare yang alami permasalahan akibat menemui masalah serupa yaitu berupa gagal login layanan PCare. Selamat mencoba mengatasi dengan cara-cara yang kodebpjs.com sajikan, semoga berhasil dan bisa menikmati layanannya kembali.