16 Cara Menggunakan HFIS BPJS Kesehatan Untuk Akses Kepesertaan

Cara Menggunakan HFIS BPJS – Tidak hanya mendapatkan layanan jaminan atas kesehatan, para peserta BPJS Kesehatan juga sudah dimudahkan dengan adanya berbagai layanan yang telah diberikan oleh BPJS Kesehatan.

Salah satu layanan tersebut seperti misalnya HFIS, mungkin bagi sebagian orang termasuk peserta baru belum tahu apa itu HFIS BPJS Kesehatan. Di pembahasan sebelumnya kami sudah pernah sampaikan secara jelas apa itu HFIS BPJS.

Lantas apa kegunaan dari HFIS? Dengan HFIS BPJS inilah nantinya peserta bisa mendapatkan informasi alamat fasilitas kesehatan, kapasitas kamar, jumlah dokter bahkan sampai dengan jam praktek dari dokternya.

Tentu saja ini menjadi keuntungan tersendiri bagi setiap peserta BPJS Kesehatan. Nah bagi yang penasaran akan cara menggunakan HFIS BPJS ini, maka mari simak dan ikuti bagaimana pembahasan cara menggunakannya.

Citayam

Cara Menggunakan HFIS BPJS

Fungsi & Manfaat HFIS BPJS

Namun sebelum lanjut ke pembahasan terkait bagaimana cara menggunakan HFIS, alangkah baiknya Anda mengetahui fungsi dan manfaat dari HFIS itu sendiri. Sebenarnya sudah sedikit disinggung di atas, namun lebih jelasnya bisa simak fungsi kegunaan dan manfaat dari HFIS Kesehatan berikut.

Untuk fungsi HFIS BPJS yaitu guna memudahkan tenaga medis atau pasien untuk menemukan fasilitas kesehatan (faskes) paling sesuai dengan kondisi mereka. Dan inilah beberapa fungsi lain penggunaan HFIS BPJS tersebut:

  • Mencari rumah sakit yang memiliki fasilitas memadai agar dapat memberikan layanan sesegera mungkin pada pasien yang alami kondisi khusus.
  • Mengontrol pelaporan profil dan data rumah sakit terkait fasilitas, jam praktik sampai tenaga medis.
  • Mempermudah saat mengajukan permohonan perpanjangan kerjasama antara rumah sakit dengan pihak BPJS Kesehatan.

Sedangkan untuk manfaat dari HFIS BPJS yaitu memudahkan administrasi rumah sakit dan memberi kemudahan bagi masyarakat dalam mencari fasilitas kesehatan (Faskes) sesuai kondisi mereka. Antara lain manfaat HFIS seperti:

  • Memungkinkan koordinasi efektif dan efisien antara rumah sakit dengan pihak asuransi maupun fasilitas kesehatan lain dalam pembagian kamar, rujukan atau informasi fasilitas.
  • Memberi kemudahan pasien mengakses terkait rumah sakit penyelenggara BPJS, ketersediaan kamar, mencari dokter sesuai keluhan dan mencari fasilitas kesehatan layanan sesuai kondisi.
  • Mempercepat proses rujukan pasien dalam situasi mendesak atau unit gawat darurat.

Cara Menggunakan HFIS BPJS

Nah, terkait cara menggunakan HFIS itu sendiri sebenarnya sangat mudah, di mana Anda bisa dilakukan oleh mitra faskes maupun peserta. Terkhusus untuk faskes wajib terdaftar dalam program Fasilitas Mitra Kerjasama dan melakukan pendaftaran.

Sedangkan untuk para peserta BPJS Kesehatan bisa memakai situs Aplicares dan juga aplikasi P-Care untuk mengakses atau menggunakan HFIS BPJS itu sendiri. Penasaran cara menggunakan HFIS? Simak cara-cara menggunakan berikut ini?.

1. Menggunakan HFIS Mitra Fakses BPJS

Cara pertama yang bisa Anda lakukan yaitu melalui mitra faskes BPJS Kesehatan. Untuk caranya sendiri cukup mudah di mana Anda hanya perlu siapkan perangkat yang sudah terhubung dengan koneksi internet lancar. Untuk lebuh jelasnya bisa simak langkah menggunakan HFIS BPJS di bawah ini.

  • Silakan buka browser pada perangkat yang Anda gunakan baik HP, laptop atau PC.
  • Kemudian silakan login ke situs hfis.bpjs-kesehatan.go.id/hfis/login.
  • Dilanjut dengan masukkan username serta password.
  • Setelah itu masukkan captcha dan tekan “Sign in”.
  • Kemudian akan muncul profil dan mitra, disini Anda bisa melakukan perubahan maupun pencarian data.

2. Menggunakan HFIS BPJS Lewat P-Care

Kemudian untuk cara kedua juga tidak kalah mudahnya dengan cara pertama, di mana untuk menggunakan HFIS BPJS guna mencari informasi kepesertaan bisa dilakukan hanya dengan masuk situs. Adapun langkah cara menggunakan HFIS lewat PCare seperti berikut:

  • Silakan buka browser pada perangkat seperti HP, laptop atau PC.
  • Lalu kunjungi situs faskes.bpjs-kesehatan.go.id/aplicares.
  • Jika sudah terbuka, silakan pilih jenis faskes mencakup RUMAH SAKIT, PUSKESMAS, DOKTER PRAKTIK PERORANGAN, DOKTER GIGI, KLINIK UTAMA, KLINIK PRATAMA dan APOTEK.
  • Lalu lanjutkan memilih “Nama Provinsi”.
  • Jika sudah silakan tekan “Cari Faskes”.
  • Dengan begitu, maka otomatis akan tampil informasi HFIS BPJS.

3. Menggunakan HFIS BPJS Lewat Aplicares

Cara ketiga juga tidak jauh berbeda dengan dua cara di atas, yang mana para peserta BPJS Kesehatan bisa memanfaatkan HFIS untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan seperti mengetahui dokter jam praktek. Terkait cara menggunakan HFIS lewat Aplicares bisa simak di bawah ini:

  • Silakan siapkan perangkat smartphone / HP.
  • Setelah itu unduh dan instal aplikasi P-Care.
  • Jika belum daftar, silakan lakukan pendaftaran akun.
  • Kemudian masuk menggunakan username dan password.
  • Saat berada di dalam, maka akan terdapat semua informasi fasilitas kesehatan berdasarkan keanggotaan BPJS Kesehatan Anda.

Bisa disimpulkan jika beberapa cara menggunakan HFIS di atas sangatlah mudah, dengan catatan Anda sudah melengkapi ketentuan seperti menyediakan perangkat dan juga koneksi internet lancar. Karena dari ketiga cara di atas dilakukan secara online.

Dengan mengetahui cara menggunakan HFIS di atas maka Anda secara tidak langsung memudahkan urusan mencari informasi layanan kepesertaan BPJS Kesehatan mulai dari alamat faskes, kapasitas kamar, jumlah dokter sampai jam praktek dokter.

Demikian kiranya pembahasan terkait bagaimana cara menggunakan HFIS BPJS untuk mencari informasi terkait kepesertaan BPJS Kesehatan yang dapat kodebpjs.com sampaikan. Semoga dengan adanya pembahasan terkait cara menggunakan HFIS di atas bisa bermanfaat untuk semua yang membutuhkan.