Tidak Bisa Daftar Antrian Online BPJS Kesehatan? Penyebab & Mengatasi

Tidak Bisa Daftar Antrian Online BPJS Kesehatan – Dengan ikut serta program BPJS Kesehatan, nantinya banyak manfaat yang akan dirasakan oleh peserta. Salah satunya sudah terjamin adalah tercovernya beberapa penyakit yang diderita.

Selain itu ada beberapa layanan online yang bisa memudahkan Anda dalam akses kepesertaan, salah satunya adalah Mobile JKN. Di mana dengan daftar Mobile JKN ini maka peserta bisa memantau kepesertaan dimana dan kapan saja.

Bahkan dengan layanan aplikasi JKN Mobile, Anda bisa akses perubahan data peserta bahkan bisa ambil antrian BPJS Kesehatan FKTP. Tentu saja dengan hadirnya layanan ini akan sangat memudahkan para peserta BPJS dalam proses keikutsertaannya.

Teruntuk ambil nomor antrian online ini, membuat peserta tidak perlu datang langsung ke kantor. Namun terkadang dalam akses antrian online BPJS Kesehatan terkendala masalah, seperti misalnya tidak bisa daftar antrian online BPJS Kesehatan.

Citayam

Tidak Bisa Daftar Antrian Online BPJS Kesehatan

Tidak Bisa Daftar Antrian Online BPJS Kesehatan

Terkait tidak bisa daftar antrian online BPJS tersebut, pada pembahasan kali ini kami akan sajikan informasinya secara lengkap baik dari penyebab beserta cara mengatasinya. Sehingga Anda mengetahui pokok permasalahan dan cara menyelesaikannya.

Namun sebelum lanjut ke pembahasan mengenai penyebab dan cara mengatasinya, alangkah baiknya Anda perlu ketahui dahulu fungsi dari antrian online BPJS Kesehatan ini. Sebenarnya kerja ini yaitu memudahkan para peserta BPJS Kesehatan.

Karena fungsi utama dari antrian online ini yaitu untuk mempermudah peserta dalam mendapatkan layanan kesehatan di salah satu fakses terdekat. Nantinya Anda bisa melakukan pendaftaran nomor antrian secara online, sehingga ketika akan berobat sudah mendapatkan nomor antrian.

Seperti sudah disinggung sedikit di atas jika adanya layanan ini pastinya tidak merepotkan peserta untuk melakukan pendaftaran kembali. Mungkin itu salah satu keuntungan saat mendaftar antrian online BPJS Kesehatan.

Penyebab Tidak Bisa Daftar Antrian Online BPJS Kesehatan

Penyebab Tidak Bisa Daftar Antrian Online BPJS Kesehatan

Kembali ke pembahasan tidak dapat daftar antrian online BPJS, lantas apa penyebabnya? Untuk lebih lanjut, mari simak penyebab-penyebab yang menjadikan tidak bisa daftar antrian online BPJS. Ada beberapa penyebab, diantara lainnya seperti:

1. Koneksi Internet Buruk & Tidak Stabil

Pertama, karena ini pengaksesan secara online di aplikasi Mobile JKN. Itu tandanya Anda harus membutuhkan koneksi internet yang lancar dalam login guna bisa daftar antrean online. Jika koneksi buruk dan tidak stabil, maka proses daftar antrean BPJS untuk berobat di Fakses Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) kemungkinan besar gagal.

2. Salah Masukkan Nomor BPJS Kesehatan

Lalu bisa jadi gagal daftar antrian online BPJS Kesehatan dikarenakan Anda salah dalam input nomor kepesertaan BPJS Kesehatan. Karena dengan adanya kesalahan input nomor, maka secara otomatis pendaftaran yang dilakukan tidak akan berhasil.

3. Syarat Diperlukan Tidak Lengkap

Kemudian penyebab terjadinya gagal daftar antrian online BPJS Kesehatan juga terjadi akibat peserta tidak melengkapi semua persyaratan ketentuan yang dibutuhkan. Sama halnya penyebab utama, jika ada kesalahan atau tidak lengkap maka otomatis tidak bisa daftar.

4. Sistem Error / Adanya Gangguan

Tidak hanya beberapa penyebab di atas, pokok permasalahan juga bisa datang dari sistem error atau adanya gangguan. Dengan begitu saat akses aplikasi Mobile JKN tidak bisa atau tidak seperti biasanya. Hal ini biasanya terjadi saat ada pembaruan maupun maintenance.

Cara Mengatasi Tidak Bisa Daftar Antrian Online BPJS Kesehatan

Cara Mengatasi Tidak Bisa Daftar Antrian Online BPJS Kesehatan

Setelah tahu pokok permasalahan yang menjadikan gagal daftar antrian online BPJS Kesehatan di atas, maka berikutnya Anda tinggal mengetahui cara untuk mengatasinya. Di mana ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan sesuai dengan penyebab yang ada.

1. Cek Koneksi / Ganti Koneksi Lain

Untuk cara mengatasi gagal daftar antrian online akibat koneksi buruk pada jaringan internet, Anda tinggal cek dan memastikannya. Bisa juga Anda ganti koneksi lain seperti paket data atau wifi untuk pengaksesan aplikasi Mobile JKN yang terhubung pada perangkat smartphone Anda.

2. Cek Nomor Sudah Benar Saat Memasukkan

Saat gagal daftar antrian online BPJS Kesehatan dikarenakan salah memasukkan nomor peserta BPJS, maka solusinya cukup mudah. Di mana Anda hanya perlu untuk cek dan memastikan nomor BPJS Kesehatan yang dimasukkan sudah sesuai dan tidak ada kesalahan dalam penginputan.

3. Lengkapi Semua Syarat Ketentuan

Lalu, pastikan juga jika semua persyaratan dibutuhkan sudah lengkap. Ini juga menjadi solusi saat Anda tidak melengkapi semua syarat diperlukan saat daftar antiran online BPJS Kesehatan. Dengan begitu pastikan dan cek sebelum berangkat semuanya sudah dilengkapi.

4. Tunggu Hingga Sistem Normal

Namun jika permasalahan tidak bisa daftar antrian online akibat sistem tidak normal atau sedang gangguan. Tidak ada cara selain menunggu sistem kembali normal. Dengan begitu, silakan untuk cek dan pastikan secara berkala jika Mobile JKN sudah bisa digunakan kembali.

5. Hubungi Call Center BPJS Kesehatan

Lalu bagaimana jika solusi tersebut tidak bisa untuk mengatasinya? Maka dari itu, Anda bisa hubungi BPJS Kesehatan lewat layanan call center BPJS Kesehatan untuk memberikan pengaduan atas permasalahan yang ada. Untuk call center dan layanan sosial media lainnya bisa lihat dibawah ini.

  • Call Canter : 1500400
  • SMS Gateway : 08777-5500-400
  • Twitter : @BPJSKesehatanRI
  • Instagram : @bpjskesehatan_ri
  • Facebook : BPJSKesehatanRI
  • Pandawa (WhatsApp) : 08118750400

Secara garis besar, permasalahan tidak bisa daftar antrian online BPJS terjadi karena beberapa hal yang sudah kami sebutkan di atas. Dengan memperhatikan hal atau faktor penyebab di atas, maka bisa jadi proses daftar antrian online bisa berjalan lancar.

Mungkin itu saja kiranya pembahasan terkait tidak bisa daftar antrian online BPJS Kesehatan yang dapat kodebpjs.com sampaikan. Semoga dengan adanya pembahasan terkait penyebab dan cara mengatasi tidak bisa daftar antrian online di atas bisa bermanfaat untuk semua.