Cara Pengisian HFIS BPJS Kesehatan Terbaru 2020

Cara Pengisian HFIS BPJS Kesehatan – Berbagai layanan saat ini dapat dirasakan oleh peserta BPJS kesehatan dan membantu lebih memudahkan beberapa urusan. Salah satunya dengan adanya HFIS BPJS Kesehatan.

banyak yang bertanya-tanya mengenai HFIS BPJS Kesehatan itu apa sebenarnya? HFIS BPJS Kesehatan sendiri merupakan aplikasi yang digunakan untuk menghimpun data milik faskes yang menjadi mitra dari BPJS Kesehatan.

Nantinya dengan aplikasi HFIS BPJS Kesehatan anda akan dapat dengan mudah untuk menemukan informasi alamat faskes sampai kapasitas kamar. Ini tentunya akan lebih memudahkan para peserta atau mitra dari BPJS saat mencari faskes saat ingin berobat.

Namun pada kesempatan kali ini kodebpjs.com akan menyampaikan informasi mengenai cara pengisian atau pendaftaran HFIS BPJS Kesehatan. Mungkin dengan adanya artikel ini dapat membantu anda yang masih bingung mengenai cara pengisiannya.

Cara Pengisian HFIS BPJS Kesehatan Terbaru

Cara Pengisian HFIS BPJS Kesehatan Terbaru

Nah untuk anda yang penasaran akan pengisian tersebut, berikut akan disampaikan secara jelas di bawah ini. Jadi terus simak dan pahami ulasan ini sampai akhir agar anda benar-benar paham.

Cara Pengisian HFIS BPJS Kesehatan untuk Fasilitas Kesehatan

Cara Pengisian HFIS BPJS Kesehatan untuk Fasilitas Kesehatan

  • Untuk pengisian atau pendaftaran, faskes bisa mengirimkan surat ke kantor BPJS Kesehatan cabang.
  • Jika proses pendaftaran selesai, faskes nantinya menerima email berisi username dan password untuk dapat masuk ke aplikasi HFIS.
  • Buka dan login pada aplikasi menggunakan username dan password yang telah didapat tadi.
  • Selanjutnya isi profil fasilitas kesehatan sesuai kolom yang ada dan melakukan self-assessment.
  • Data faskes yang dimasukkan akan dianalisa dan disetujui oleh Kepala Unit BPJS Kesehatan.
  • Tim BPJS nantinya akan melakukan pengecekan untuk memastikan data dimasukkan sesuai dengan realita.
  • Sebagai informasi, seluruh proses analisis data tersebut dapat dipantau langsung oleh faskes lewat aplikasi HFIS.
  • Jika faskes lolos persyaratan dan resmi menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS), maka faskes akan dikirimkan akses baru ke email faskes untuk login ke HFIS.
  • Kemudian faskes memasukkan username dan password baru ke kolom login di situs HFIS BPJS Kesehatan.
  • Jika sudah nantinya anda bisa melihat profil serta dapat mengajukan perubahan data lewat persetujuan Kepala Bidang BPJS Kesehatan kantor cabang, sebelum akhirnya diperbarui di aplikasi.

Cara Pengisian HFIS BPJS Kesehatan Untuk Peserta Asuransi

Cara Pengisian HFIS BPJS Kesehatan untuk Peserta Asuransi

Untuk cara pengisian HFIS bagi peserta asuransi agar dapat mengaksesnya, bisa dilakukan lewat aplikasi. Namun aplikasi tersebut berbeda atau terpisah yaitu lewat aplikasi Aplicares untuk website sedangkan untuk aplikasi smartphone di P-Care. Berikut cara pengisian atau mengaksesnya untuk peserta HFIS peserta asuransi.

Pengisian data di Website Aplicares

  • Pertama anda hanya perlu buka laman resmi di perangkat seperti smartphone, laptop atau komputer.
  • Jika sudah masuk langsung saja pilih jenis faskes dan Provinsi. Lalu tekan Cari Faskes.
  • Nantinya anda akan ditunjukkan faskes mana setelah melakukan pengisian tersebut.

Lebih menguntungkan lagi Aplicares bisa diakses oleh masyarakat secara umum tanpa harus login terlebih dahulu. Untuk data yang tersedia di Aplicares HFIS BPJS Kesehatan sendiri seperti ketersediaan kamar tidur, jenis pelayanan faskes, dan sarana faskes.

Pengisian Data di P-Care.

Untuk anda pengguna smartphone Android, bisa gunakan aplikasi P-Care dengan mengunduh di Play Store terlebih dahulu. Dan untuk mendapatkan informasi, anda harus login atau melakukan pengisian menggunakan akun BPJS.

Tidak hanya mendapat sebuah informasi mengenai faskes saja, di aplikasi P-Care juga menyediakan layanan E-claim bagi nasabah BPJS Kesehatan. Ini menunjukkan jika bentuk keseriusan BPJS Kesehatan terhadap pesertanya sangat bagus.

Mungkin itu saja yang bisa kodebpjs.com sampaikan mengenai pengisian atau pendaftaran HFIS BPJS Kesehatan yang dapat disampaikan. Semoga informasi tersebut dapat berguna dan bermanfaat untuk anda semua yang membutuhkan.