2 Cara Verifikasi Akun JKN Mobile Bagi Pengguna Baru & Lama

Cara Verifikasi Akun JKN Mobile – Dalam memberikan layanan kepada para pesertanya, pihak BPJS Kesehatan memberikan pelayanan online berupa aplikasi Mobile JKN. Dengan begitu para peserta akan mendapat berbagai layanan secara online.

Termasuk untuk mengecek keaktifan kepesertaan, merubah data kepesertaan, menambah anggota dan masih banyak lainnya. Dengan begitu Anda tidak harus ke kantor BPJS terdekat dari tempat tinggal Anda untuk melakukan pengurusan tersebut.

Nah bagi Anda yang ingin menggunakan layanan aplikasi Mobile JKN ini maka perlu lakukan verifikasi. Bagi yang belum tahu bagaimana cara verifikasi akun JKN Mobile, pada pembahasan kali ini kami akan menyampaikannya secara lengkap.

Di mana kami akan sampaikan cara verifikasi JKN Mobile baik itu bagi pengguna lama maupun pengguna baru. Untuk dua cara tersebut kami sudah rangkumkan secara lengkap. Jadi agar lebih jelasnya bisa simak dan terus ikuti pembahasan di bawah ini.

Citayam

Cara Verifikasi Akun JKN Mobile Bagi Pengguna Baru Lama

Apa Tujuan Verifikasi Akun JKN Mobile?

Seperti disinggung sedikit di atas, dengan aplikasi JKN Mobile inilah nantinya Anda bisa mengakses kepentingan atas BPJS Kesehatan secara online hanya lewat smartphone saja. Dengan begitu semua akan terasa dimudahkan.

Jadi bagi Anda yang malas untuk datang ke kantor BPJS Kesehatan guna urus keperluan seperti ubah data, tambah kepesertaan BPJS dan lainnya. Daftar dan verifikasi akun JKN Mobil adalah salah satu hal terpenting yang perlu dilakukan.

Syarat Verifikasi Akun JKN Mobile

Sebelum lanjut ke pembahasan cara verifikasi akunnya, alangkah baiknya Anda mengetahui syarat atau beberapa hal yang dibutuhkan. Sehingga nantinya proses verifikasi bisa berjalan lancar tanpa adanya kendala, berikut beberapa di antara lainnya:

  • Perangkat berupa smartphone.
  • Perangkat terhubung koneksi internet.
  • Sudah download aplikasi JKN Mobile.
  • Siapkan nomor HP dan alamat email aktif.
  • Nomor kepesertaan BPJS Kesehatan.

Jika semua hal tersebut sudah terpenuhi, maka selanjutnya Anda sudah bisa melakukan proses verifikasi akun Mobile JKN.

Cara Verifikasi Akun JKN Mobile

Cara Verifikasi Akun JKN Mobile

Seperti sudah disinggung di atas, Anda akan berikan dua cara lakukan verifikasi JKN Mobil yaitu bagi pengguna baru atau pengguna lama. Jadi Anda yang masih bingung, bisa lihat langkah di bawah ini dan sesuaikan saja apakan pengguna baru atau lama.

Sebenar proses daftar akun JKN Mobile atau login di aplikasi ini bisa Anda lakukan secara mudah. Di mana Anda hanya perlu daftar dan login di aplikasi JKN Mobile dengan menggunakan nomor HP atau alamat email yang masih aktif.

Guna bisa aktivasi akun JKN Mobile, Anda perlu melakukan verifikasi akunnya terlebih dahulu agar bisa langsung mengakses atau menggunakan aplikasi Mobile JKN tersebut guna kepentingan dalam pemantauan kepesertaan BPJS Kesehatan.

Umumnya, verifikasi akun JKN dengan cara memasukkan kode sebuah kode OTP yang berhasil didapat melalui SMS / email yang terdaftar. Untuk lebih jelasnya maka silakan simak di bawah ini bagaimana cara verifikasi akun tersebut.

1. Verifikasi Akun JKN Mobile Pengguna Baru

Bagi Anda para peserta BPJS Kesehatan baru dan ingin melakukan verifikasi akun JKN namun merasa kebingungan mengenai langkah atau caranya. Maka bisa simak cara verifikasi akun di bawah ini.

  • Langkah awal pastikan jika Anda sudah mengunduh dan instal aplikasi JKN Mobile. Unduh di App Store (iOS) dan App Store (Android).
  • Setelah berhasil download aplikasi JKN Mobile tersebut, silakan buka saja aplikasi tersebut.
  • Pada halaman awal JKN Mobile pilih opsi “Pendaftaran Peserta Baru” > “Setuju”.
  • Kemudian lanjut isi dan lengkapi formulir yang ada di sana dengan data yang benar.
  • Baru setelah itu, pilih fasilitas kesehatan yang Anda inginkan, dan masukkan alamat email untuk melakukan verifikasi akun.
  • Langkah terakhir, Anda akan mendapatkan email berisi kode OTP dan silakan masukkan kode OTP-nya.
  • Kemudian Anda hanya perlu melakukan pembayaran iuran pertama Anda.

2. Verifikasi Akun JKN Mobile Pengguna Lama

Teruntuk Anda yang sudah berhasil menjadi peserta BPJS Kesehatan, Anda bisa langsung login ke JKN Mobile dengan cara verifikasi seperti langkah berikut ini. Untuk pengguna lama yang masih bingung bisa simak di bawah ini sampai akhir.

  • Langkah awal pastikan Anda sudah download dan instal aplikasi JKN Mobile.
  • Saat berhasil download, lanjut dengan buka aplikasi tersebut dari ponsel Anda.
  • Kemudian pada halaman utama silakan pilih “Pendaftaran Pengguna Mobile”.
  • Lalu lengkapi formulir yang ada dengan data yang benar, jangan sampai salah.
  • Baru setelah itu, pihak JKN Mobile akan kirimkan kode OTP melalui email / SMS.
  • Silakan memasukkan kode OTP yang berhasil diverifikasi akun JKN Mobile.
  • Dengan begitu maka proses verifikasi akun JKN Anda sudah berhasil dan sudah bisa digunakan.

Kesimpulan

Demikian kiranya pembahasan yang dapat kodebpjs.com sajikan mengenai cara verifikasi akun JKN Mobile baik bagi pengguna baru atau pengguna lama. Semoga dengan adanya pembahasan cara verifikasi akun di atas bisa bermanfaat untuk Anda semua yang membutuhkan. Terutama bagi yang ingin nikmati layanan Mobile JKN.

Sumber Gambar : money.kompas.com, kumparan.com