5 Cara Menambah Anggota BPJS Kesehatan di JKN Mobile 2022

Cara Menambah Anggota BPJS Kesehatan di JKN Mobile – Dalam mendaftar BPJS Kesehatan setiap masyarakat bisa mendaftarkan diri sendiri atau seluruh anggota keluarga yang terdaftar di KK (Kartu Keluarga). Sementara itu, BPJS Kesehatan juga memperbolehkan peserta perorangan untuk menambahkan anggota keluarga lainnya yang belum terdaftar.

Untuk menambahkan anggota keluarga dalam akun BPJS Kesehatan bisa dilakukan secara Offline melalui Kantor BPJS Kesehatan setempat. Selain itu, jika ingin yang lebih praktis, kalian bisa memanfaatkan aplikasi JKN Mobile untuk melakukan proses tersebut.

Bagi yang belum tahu, JKN Mobile merupakan sebuah Platform yang menyediakan berbagai fitur BPJS Kesehatan, mulai dari cek tagihan, mengganti data peserta hingga menambahkan anggota baru. Disamping itu, jika ingin tambah anggota baru melalui JKN Mobile, kalian perlu memenuhi beberapa syarat dan ketentuan yang berlaku.

Penasaran apa saja syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi untuk menambahkan anggota BPJS Kesehatan lewat JKN Mobile? Jawabannya telah kami siapkan dibawah ini lengkap dengan tata cara melakukan proses tersebut di aplikasi JKN Mobile.

Citayam

Syarat Tambah Anggota BPJS Kesehatan Lewat JKN Mobile

Syarat Tambah Anggota BPJS Kesehatan Lewat JKN Mobile

Seperti kami singgung diatas bahwa hadirnya aplikasi JKN Mobile memberi banyak manfaat bagi peserta BPJS Kesehatan. Bagaimana tidak, melalui aplikasi JKN Mobile para peserta bisa menikmati layanan BPJS Kesehatan secara Online, mulai dari mengetahui jumlah tagihan yang dimiliki, memeriksa jadwal operasi hingga melakukan perubahan data peserta seperti ganti Email dan ganti nomor BPJS Kesehatan.

Sementara itu, untuk inti pembahasan pada pertemuan kali ini adalah bagaimana cara menambahkan anggota BPJS Kesehatan di JKN Mobile. Sebelumnya mungkin proses menambahkan anggota keluarga BPJS Kesehatan hanya bisa dilakukan dengan cara mendatangi Kantor BPJS Kesehatan, namun sejak adanya aplikasi JKN Mobile metode tersebut rasanya cukup merepotkan.

Meskipun demikian, dari pihak BPJS Kesehatan tentunya menerapkan beberapa syarat dan ketentuan pada setiap peserta BPJS Kesehatan yang ingin melakukan tata cara menambahkan anggota melalui JKN Mobile. Berikut adalah beberapa persyaratan yang harus dipenuhi terkait proses tambah anggota baru di JKN Mobile :

  • Peserta yang ingin menambahkan anggota keluarga harus sudah mempunyai akun JKN Mobile
  • Memiliki perangkat serta koneksi yang memadai
  • Menyiapkan informasi data diri anggota baru (Nama, NIK, Nomor KK dan Alamat) jika diminta

Cara Menambah Anggota BPJS Kesehatan di JKN Mobile

Cara Menambah Anggota BPJS Kesehatan di JKN Mobile

Setelah menyimak apa saja syarat dan ketentuan untuk menambahkan anggota keluarga baru di JKN Mobile, sekarang mari kita lanjut ke tata cara melakukan proses tersebut. Sebelum itu, perlu diketahui bahwa dari pihak BPJS Kesehatan mungkin tidak meminta informasi data diri dari anggota baru yang ingin ditambahkan.

Sebab nantinya data diri mereka akan langsung  terbaca otomatis dari Nomor KK yang telah kalian cantumkan pada saat daftar BPJS Kesehatan. Meskipun demikian, alangkah baiknya kalian tetap menyiapkan informasi data diri tersebut, takutnya pada peraturan sekarang data tersebut diperlukan.

Apabila semuanya sudah siap, sekarang ikuti tata cara dibawah ini untuk menambahkan anggota BPJS Kesehatan di JKN Mobile :

1. Login JKN Mobile

Login JKN Mobile

Langkah pertama silahkan buka aplikasi JKN Mobile lalu masukkan data Login untuk mengakses layanan tersebut.

2. Masuk ke Informasi dan Pengaduan

Masuk ke Informasi dan Pengaduan

Setelah itu pada halaman utama silahkan cari dan pilih menu Informasi & Pengaduan.

3. Tap Ikon Tambah

Tap Ikon Tambah

Kemudian untuk membuat laporan terkait proses menambahkan anggota keluarga ke BPJS Kesehatan silahkan tap ikon Tambah di pojok kanan bawah.

4. Lengkapi Formulir Pengaduan

Lengkapi Formulir Pengaduan

Selanjutnya lengkapi formulir pengaduan yang terdiri dari tanggal pengaduan, kategori masalah dan alamat. Jika sudah, pada kolom paling bawah kalian bisa menuliskan pengaduan atau permohonan yang diinginkan, yaitu menambahkan anggota BPJS Kesehatan. Setelah itu klik Laporkan.

Nantinya dari pihak BPJS Kesehatan bakal meninanjau data kepesertaan kalian sebagai kepala keluarga atau atas nama yang digunakan saat daftar BPJS Kesehatan keluarga.

5. Berhasil Menambahkan Anggota BPJS Kesehatan di JKN Mobile

Berhasil Menambahkan Anggota BPJS Kesehatan di JKN Mobile

Tidak lama kemudian kalian akan menerima balasan dari pihak BPJS Kesehatan terkait pengaduan yang telah dikirimkan. Gambar diatas merupakan contoh pengaduan tambah anggota BPJS Kesehatan di JKN Mobile berhasil.

Jadi seperti itulah informasi dari kodebpjs.com mengenai tata cara menambahkan anggota keluarga BPJS Kesehatan melalui aplikasi JKN Mobile. Dengan cara diatas kalian tidak perlu lagi repot-repot antri di Kantor BPJS Kesehatan untuk sekedar mengajukan tambah anggota baru BPJS Kesehatan, kini semua layanan BPJS Kesehatan bisa dilakukan melalui genggaman berkat adanya aplikasi JKN Mobile.