Contoh Surat Pernyataan Pengganti Paklaring BPJS Asli 2023

Contoh Surat Pernyataan Pengganti Paklaring РSebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan di suatu Perusahaan, pastinya setiap bulan kalian akan dikenai potongan beberapa persen. Nantinya, potongan tersebut digunakan sebagai jaminan Hari Tua, biaya pengobatan ketika mengalami kecelakaan kerja di Perusahaan dan lain sebagainya.

Status kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan di Perusahaan menyesuaikan masa Kontrak, kecuali untuk para karyawan tetap. Sementara itu, jika sudah lepas kontrak dengan Perusahaan terkait dan selama masa Kontrak tidak pernah menggunakan dana BPJS Ketenagakerjaan, maka jumlah premi yang sudah terkumpul bisa dicairkan.

untuk mencairkan saldo BPJS Ketenagakerjaan terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi, salah satunya atau Paklaring atau Surat Keterangan Berhenti Kerja. Biasanya berkas Paklaring disediakan oleh Perusahaan-Perusahaan besar.

Lalu bagaimana dengan Perusahaan yang tidak menyediakan Paklaring untuk karyawan yang telah habis Kontrak? Tenang, jika demikian kalian bisa menggunakan Surat Pernyataan pengganti Paklaring. Berikut ini telah kami siapkan beberapa contoh Surat Pernyataan pengganti Paklaring.

Citayam

Contoh Surat Pernyataan Pengganti Paklaring

Contoh Surat Pernyataan Pengganti Paklaring

Sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan kalian bisa memperoleh jaminan penuh dari Perusahaan jika suatu saat terjadi hal yang tidak diinginkan, seperti kecelakaan kerja yang berakibat cacat fisik hingga kematian dan lain sebagainya. Ketika terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan, nantinya sebagian biaya akan ditanggung oleh Perusahaan menggunakan Premi yang sudah ditentukan.

Disamping itu, sebagian Premi atau iuran BPJS Ketenagakerjaan bakal dibebankan pada peserta. Kemudian jumlah Premi yang terkumpul nantinya akan masuk ke dalam saldo JHT (Jaminan Hari Tua) yang bisa dicairkan ketika peserta sudah lepas Kontrak dengan Perusahaan tersebut.

Sekarang kalian sudah bisa mencairkan JHT lewat aplikasi JMO jadi tidak perlu lagi repot-repot datang ke Kantor BPJS Ketenagakerjaan, asalkan semua syarat dan ketentuan yang berlaku sudah dipenuhi.

Salah syarat paling penting untuk mencairkan saldo JHT adalah berkas Paklaring atau Surat Keterangan berhenti kerja dari Perusahaan. Namun perlu diketahui bahwa tidak semua Perusahaan menyediakan berkas tersebut pada Karyawan habis Kontrak.

Lalu bagaimana jika tidak punya Paklaring? apakah artinya saldo JHT yang dimiliki tidak bisa dicairkan? Tentu saja masih bisa, bagi kalian yang tidak memiliki Paklaring dari Perusahaan bisa tetap mencairkan saldo JHT menggunakan Surat Pernyataan pengganti Paklaring.

Berikut ini telah kami siapkan beberapa contoh Surat Pernyataan yang berguna sebagai pengganti Paklaring. Sebelum kami sajikan contoh-contoh nya, terlebih dahulu kalian perlu tahu bahwa Surat Pernyataan pengganti Paklaring hanya bisa digunakan apabila kalian benar-benar sudah habis Kontrak dari Perusahaan.

Berbeda jika alasan kalian tidak lagi bekerja karena mengundurkan atau terkena PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) sepihak dari Perusahaan karena kesalahan kalian sendiri. Pada kasus seperti itu, Perusahaan memang tidak wajib memberikan Surat Paklaring. Tapi jika memungkinkan kalian bisa meminta Paklaring ke Perusahaan via Email atau datang langsung ke Kantor.

Kemudian untuk kalian yang sudah memenuhi semua syarat tersebut, kalian bisa melihat beberapa contoh Surat Pernyataan pengganti Paklaring di bawah ini :

Contoh Surat Pengganti Paklaring

Pada Surat tersebut nantinya juga dijelaskan informasi mengenai periode bekerja, alasan tidak adanya Paklaring dan lain sebagainya. Dengan begitu, surat ini benar-benar bisa menjadi pengganti Paklaring dalam urusan pencairan JHT BPJS Ketenagakerjaan.

Manfaat Surat Keterangan Berhenti Kerja

Setelah menyimak beberapa contoh Surat Pernyataan pengganti Paklaring diatas, selanjutnya kalian bisa menyalin dan membuat nya sendiri di Ms. Word kemudian di Print. Nantinya surat tersebut bermanfaat untuk menggantikan berkas Paklaring yang tidak diberikan oleh Perusahaan.

Disini juga perlu kami informasikan bahwa penggunaan Surat pengganti Paklaring memenuhi syarat untuk mencairkan saldo JHT. Tapi ingat, setelah memiliki surat tersebut kalian juga harus memenuhi syarat lain yang berlaku untuk klaim saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan.

Prosedur Klaim JHT Menggunakan Surat Keterangan Berhenti Kerja

Setelah membuat Surat Keterangan Berhenti Kerja menggunakan contoh diatas, lalu bagaimana prosedur pencairan JHT tanpa Paklaring? Sebenarnya proses pencairan JHT tanpa Paklaring sama seperti pencairan JHT pada umumnya.

Meski begitu, tetap kami sarankan untuk menghubungi Call Center BPJS Ketenagakerjaan atau datang langsung ke Kantor dan menemui petugas Customer Service guna memastikan bahwa pencairan saldo JHT menggunakan Surat Pernyataan pengganti Paklaring bisa tetap di proses atau tidak.

Selain itu, disana kalian juga akan memperoleh keterangan lebih lanjut terkait tata cara pencairan nya, baik itu pencairan lewat Kantor, Lapa Asik atau aplikasi JMO. Disamping itu, petugas juga akan menjelaskan apa saja syarat dan ketentuan yang harus dilengkapi untuk mencairkan JHT tanpa Paklaring.

KESIMPULAN

Demikianlah informasi dari Kodebpjs.com mengenai contoh Surat Pernyataan pengganti Paklaring asli. Dengan surat tersebut, kalian para peserta BPJS Ketenagakerjaan bisa tetap mencairkan saldo JHT meskipun tidak menerima Surat Paklaring dari Perusahaan.

Selain itu, diatas kami juga menjelaskan terkait prosedur pencairan saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan menggunakan Surat Keterangan Berhenti Kerja pengganti Paklaring. Semoga dengan adanya informasi bisa membantu kalian yang sebelumnya masih bingung bagaimana cara klaim JHT ketika tidak punya Paklaring.

sumber gambar :

  • Twitter BPJS Ketenagakerjaan
  • scribd.com