7 Cara Daftar SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan 2020

Cara Daftar SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan – BPJS Ketenagakerjaan merupakan program pemerintah yang bertugas memberi perlindungan kepada setiap karyawan di suatu perusahaan atau instansi terkait resiko sosial ekonomi dan penyelenggaraan nya menggunakan sistem asuransi sosial. Seiring berjalannya waktu hingga saat ini BPJS Ketenagakerjaan terus mengembangkan inovasi layanan untuk memudahkan setiap peserta nya. Salah satunya adalah dengan hadirnya layanan SIPP Online atau Sistem Informasi Pelaporan Peserta Online. Layanan ini bertugas untuk untuk mengelola laporan data dari setiap peserta BPJS Ketenagakerjaan dan tentunya bisa kalian akses melalui jalur Online.

Di jaman yang serba canggih ini tentunya BPJS Ketenagakerjaan tidak mau ketinggalan untuk memanfaatkannya, terbukti dengan hadirnya layanan terbaru bernama SIPP ( Sistem Informasi Pelaporan Peserta ) Online yang bisa diakses melalui smartphone atau perangkat lainnya seperti PC dan Laptop. Nah pada kesempatan kali ini kami akan berbicara mengenai SIPP Online, meliputi tata cara pendaftaran hingga manfaat yang bisa diperoleh Perusahaan yang menggunakan layanan SIPP Online ini.

Seperti biasa, sebelum mengakses layanan tersebut tentunya kalian diwajibkan untuk melakukan registrasi akun atau pendaftaran SIPP Online, dengan cara mengunjungi link https://sipp.bpjsketenagakerjaan.go.id/ dan untuk langkah selanjutnya akan kami jelaskan dibawah nanti. Nah, sebelum membahas lebih dalam, kalian wajib mengetahui apa itu SIPP Online. Layanan terbaru dari BPJS Ketenagakerjaan ini bertugas sebagai pengelola data dari setiap peserta BPJS Ketenagakerjaan, sekaligus menjadi jembatan informasi antara pihak BPJS TK dan peserta.

Disamping itu, sesuai dengan namanya, layanan SIPP ( Sistem Informasi Pelaporan Peserta ) hanya bisa diakses dengan cara Online, hal tersebut tentunya akan memberi kemudahan tersendiri bagi penggunanya, terlebih bagi mereka yang jarang memiliki waktu luang. Selain memberi kemudahan, layanan SIPP Online juga memiliki beberapa manfaat bagi Perusahaan, salah satunya adalah untuk pendaftaran, mutasi, dan menemukan data karyawan baru di Perusahaan tersebut.

Cara Daftar SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan

Cara Daftar SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan

Cara Daftar SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan

Bagi kalian yang memiliki profesi sebagai divisi HRD atau sejenisnya dan ditugaskan untuk melakukan pendaftaran setiap pekerja yang baru masuk, tentunya dengan adanya layanan SIPP ini kalian akan merasakan kenyamanan tersendiri. Selain itu, kalian juga membayarkan jumlah iuran peserta BPJS Ketenagakerjaan di Perusahaan melalui layanan SIPP, dan masih ada lagi manfaat yang diberikan SIPP bagi perusahaan. Baiklah, untuk lebih jelasnya kami akan coba jelaskan tata cara daftar SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan dan beberapa manfaat bagi perusahaan yang menggunakan layanan tersebut, oleh karena itu simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Cara Daftar SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan

Cara Daftar SIPP Online

Cara Daftar SIPP Online

Seperti yang telah kalian simak pada awal pembahas dimana SIPP Online merupakan layanan yang berfungsi untuk mengelola data dan informasi dari setiap pekerja yang menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, nah untuk dapat menikmati layanan tersebut tentunya perusahaan kalian harus memiliki akun SIPP Online terlebih dahulu dan berikut kami sajikan langkah-langkah daftar SIPP Online :

Langkah langkah Daftar SIPP Online

Langkah langkah Daftar SIPP Online

  1. Kunjungi tautan https://sipp.bpjsketenagakerjaan.go.id/
  2. Kemudian pilih “Daftar”.
  3. Setelah itu masukan NPP ( Nomor Pendaftaran Perusahaan ).
  4. Masukan Divisi kalian di Perusahaan.
  5. Kemudian akan muncul nama perusahaan kalian, lalu pilih “Next”.
  6. Ikuti langkah selanjutnya untuk menyelesaikan proses pendaftaran.

Manfaat SIPP Online

Layanan terbaru dari BPJS Ketenagakerjaan bernama SIPP Online juga memberi beberapa manfaat bagi Perusahaan yang telah terdaftar di aplikasi SIPP Online, antara lain :

Manfaat SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan

Manfaat SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan

  1. Memberi kemudahan untuk melakukan Pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan bagi karyawan baru.
  2. Memudahkan Perusahaan untuk melakukan mutasi dan menemukan data lengkap setiap peserta BPJS Ketenagakerjaan di Perusahaan atau Instansi tersebut.
  3. Memudahkan Perusahaan dalam membuat laporan upah biaya tenaga kerja di setiap Bulan.
  4. Perusahaan dapat melakukan transaksi pembayaran iuran setiap peserta BPJS Ketenagakerjaan secara Online.

Sama halnya dengan langkah ketika kalian melakukan pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan, baik itu secara online maupun offline dimana data yang kalian masukan harus benar dan dapat dipertanggungjawabkan. Dengan adanya layanan SIPP Online tentunya kalian, terutama yang berperan sebagai HRD Perusahaan bisa dengan mudah dalam melakukan berbagai hal yang terkait dengan BPJS Ketenagakerjaan, seperti Pendaftaran, Mutasi, mencari data peserta, membuat laporan upah biaya dan membayar iuran peserta BPJS Ketenagakerjaan. Baiklah, cukup sekian informasi yang bisa kami sajikan mengenai cara daftar SIPP Online semoga bisa menjadi referensi sekaligus wawasan tambahan bagi kalian semua. Terimakasih.