7 Cara Cek Saldo BPJS via SMS 2757 Terbaru 2020

Cek Saldo BPJS via SMS 2757 – BPJS Ketenagakerjaan merupakan layanan kesehatan bagi seluruh pekerja di Indonesia. Lembaga ini sendiri dibentuk oleh pemerintah berdasarkan Undang Undang yang berlaku. Sejak berjalannya program tersebut, setiap pekerja akan menerima jaminan kesehatan serta beberapa jaminan lainnya.

Salah satu jaminan yang berhak dinikmati para pekerja adalah Jaminan Hari Tua ( JHT ). Nah, berbicara soal jaminan hari tua, tahukah kalian jika para peserta BPJS TK juga bisa melakukan cek saldo JHT via SMS 2757. Penasaran seperti apa caranya ? tenang, semuanya akan Kodebpjs.com jelaskan secara lengkap pada bagian pembahasan.

Sebelum itu, perlu kalian ketahui setiap melakukan cek saldo BPJS via SMS 2757 akan dikenai tarif sesuai ketentuan. Jadi, pastikan ponsel kalian sudah terisi pulsa. Selain via SMS 2757, cek saldo BPJS juga bisa dilakukan melalui cara lain, salah satunya adalah via menu e-Saldo JHT. Layanan tersebut bisa diakses melalui website resmi BPJS Ketenagakerjaan.

Namun untuk mengakses layanan tersebut setiap peserta wajib melakukan registrasi terlebih dahulu. Syarat yang harus disiapkan ketika membuat akun di layanan e-Saldo JHT antara lain nomor peserta BPJS TK dan Kartu Tanda Penduduk ( KTP ). Sedangkan untuk tata caranya sangat mudah, kalian tinggal mengikuti instruksi yang tertera di layar.

Cek Saldo BPJS via SMS 2757 Terbaru : BPJS Ketenagakerjaan

Cek Saldo BPJS via SMS 2757 Terbaru BPJS Ketenagakerjaan

Sampai disini apakah kalian semakin penasaran mengenai langkah-langkah cek saldo BPJS via SMS dan cara lainnya ? Baiklah, untuk menjawab semua pertanyaan kalian, berikut telah kami sajikan rangkuman lengkap seputar tata cara cek saldo JHT via SMS, aplikasi dan lain sebagainya. Bukan hanya itu, kami juga memiliki informasi mengenai fungsi JHT dan waktu pencairan saldo JHT.

Cek Saldo BPJS via SMS 2757

Cek Saldo BPJS via SMS 2757

Untuk mengetahui saldo BPJS Ketenagakerjaan bisa dilakukan dengan beberapa metode, salah satunya adalah via SMS 2757. Nah, berikut kami sajikan langkah-langkah cek saldo BPJS TK via SMS 2757 :

  1. Buka menu pesan pada ponsel.
  2. Lalu ketik DAFTAR kirim ke 2757.
  3. Kemudian pilih Cek Saldo pada SMS balasan -> KIRIM.
  4. Terakhir, saldo BPJS TK kalian akan tertera di layar ponsel.
  5. Selesai.

Atau

  1. Ketik SALDO (spasi) Nomor Peserta BPJS Ketenagakerjaan.
  2. Setelah itu kirim ke nomor 2757.
  3. Terakhir, kalian akan menerima SMS balasan berupa rincian saldo terakhir BPJS Ketenagakerjaan.

Cek Saldo BPJS via Aplikasi BPJSTK Mobile

Cek Saldo BPJS via Aplikasi BPJSTK Mobile

Selain melalui SMS 2757, saldo BPJS Ketenagakerjaan juga bisa diketahui via aplikasi BPJSTK Mobile. Layanan ini telah tersedia di Google Play Store dengan ukuran kurang dari 50 MB. Disamping itu,bagi kalian para pengguna iOS bisa mengunduh aplikasi tersebut di Apps Store. Sedangkan untuk tata caranya, simak tutorial berikut ini :

  1. Lakukan registrasi di aplikasi BPJSTK Mobile.
  2. Jika sudah, silahkan Login menggunakan akun yang sudah terdaftar.
  3. Kemudian tap menu Cek Saldo.
  4. Terakhir, informasi saldo terakhir dari kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan akan terlihat di layar ponsel.

Cek Saldo BPJS via E-Saldo JHT

Cek Saldo BPJS via e Saldo JHT

Bukan hanya via SMS 2757 dan aplikasi BPJSTK Mobile, untuk melihat rincian saldo BPJS Ketenagakerjaan kalian bisa menggunakan layanan E-Saldo JHT. Untuk mengakses layanan tersebut kalian wajib melakukan registrasi terlebih dahulu. Jika sudah, silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini :

  1. Buka tab browser pada smartphone.
  2. Kemudian kunjungi website resmi dari BPJS Ketenagakerjaan.
  3. Pada menu utama silahkan klik Cek Saldo JHT.
  4. Masukkan nomor PIN yang dikirimkan melalui SMS.
  5. Terakhir, saldo BPJS Ketenagakerjaan yang sudah terkumpul akan ditampilkan di layar smartphone.

Cek Saldo BPJS via Offline

Cek Saldo BPJS via Offline

Terakhir, kami mempunyai cara cek saldo BPJS via offline. Nah, untuk cara ini kalian tidak memerlukan aplikasi atau biaya apapun. Melainkan cukup kunjungi kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat. Setelah itu ambil antrian untuk layanan Customer Service. Setelah tiba giliran, kalian bisa menanyakan informasi saldo BPJS dan lain sebagainya seputar program tersebut. Mudah bukan ?

Fungsi Saldo BPJS Ketenagakerjaan

Fungsi Saldo BPJS Ketenagakerjaan

Sampai disini mungkin kalian bertanya-tanya apa sih fungsi saldo BPJS atau JHT ? ya, sesuai dengan namanya, layanan ini tentu berguna untuk menunjang kesejahteraan hidup di masa tua. Dengan memiliki tabungan hari tua setiap peserta BPJS Ketenagakerjaan bisa mempersiapkan tabungan sebagai modal usaha atau investasi. Oleh karena itu, rencanakan tabungan hari tua kalian semaksimal mungkin.

Kapan Saldo BPJS Ketenagakerjaan Bisa Dicairkan ?

Kapan Saldo BPJS Ketenagakerjaan Bisa Dicairkan

Sesuai dengan ketentuan yang berlaku, saldo BPJS TK hanya bisa dicairkan setelah peserta lepas kontrak dengan perusahaan terkait. Disamping itu, proses pencairan juga harus melewati berbagai proses, diantaranya pendaftaran klaim saldo JHT, pemeriksaan berkas baru kemudian proses penerimaan tabungan JHT.

Seperti kalian simak pada ulasan diatas dimana ada dua metode cek saldo BPJS via SMS 2757, yakni dengan ketik DAFTAR lalu kirim ke 2757 dan ketik SALDO -> Nomor BPJS TK baru kirim ke 2757. Kedua cara tersebut sama-sama mudah dilakukan. Disamping itu, untuk klaim BPJS Ketenagakerjaan setiap peserta wajib mematuhi segala ketentuan yang berlaku, termasuk langkah-langkah dan persyaratan yang harus dipenuhi.