12 Contoh Soal PPPK Perawat & Kunci Jawabannya 2023

Contoh Soal PPPK Perawat – Bagi Anda yang berniat untuk ikuti sebuah tes, seleksi atau Uji Kompetensi (UKOM) perawat. Mencari informasi contoh soal dan berlatih untuk menjawabnya merupakan sebuah keharusan.

Dengan berlatih menjawab contoh soal bisa membantu nantinya ketika saat berhadapan langsung dengan soal yang diberikan. Sehingga saat dihadapkan dengan soal tersebut Anda bisa menjawabnya dengan benar.

Bagi Anda para calon PNS, kali ini kami akan membahas contoh soal PPPK (P3K) Perawat yang sering muncul pada soal. Tidak hanya contoh soal saja, di sini kami juga berikan lengkap dengan kunci jawabannya.

Semoga dengan adanya prediksi soal PPPK Perawat ini, nantinya diharapkan bisa menjadi rujukan bagi para calon PNS. Sehingga peluang saat dihadapkan dengan soal yang sesungguhnya bisa terjawabkan.

Citayam

Contoh Soal PPPK Perawat

Contoh Soal PPPK Perawat

Tidak usah berlama-lama lagi, kami sudah rangkumkan beberapa contoh soal PPPK perawat lengkap kunci jawabannya. Jadi lebih jelas terkait contoh soal P3K Perawat bisa simak dan ikuti di bawah ini:

1. Seorang perawat di ruangan akan melakukan fisioterapi dada pada pasien laki-laki berusia 35 tahun dengan keluhan batuk dan dahak susah keluar. Dari hasil pemeriksaan muncul hasil dengan bunyi ronkhi pada bronchial kiri bagian posterior. TD : 110/70 mmHg, Nadi : 100 x/menit, RR : 28 x/menit, Suhu : 370C.

Bagaimana pengaturan posisi yang tepat pada pasien di atas?

A. Duduk sambil merangkul bantal
B. Tengkurap miring ke kanan dengan kepala lebih rendah dari badan
C. Tengkurap miring ke kiri dengan kepala lebih rendah dari badan
D. Terlentang miring ke kiri dengan kepala sejajar dengan badan
E. Terlentang dengan posisi kepala lebih rendah dari badan

Jawaban : A

2. Wanita usia 30 tahun dirawat dengan keluhan nyeri dibagian lengan kanan akibat luka bakar akibat terkena air panas, dari hasil pengkajian di peroleh data pasien mengalami luka bakar derajat I, TD 120/80 mmHg, Nadi 100 x/menit, Suhu 370C, RR 20 x/menit.

Apa yang harus dilakukan oleh perawat dengan kasus di atas?

A. Memantau pernafasan pasien
B. Melakukan perawatan untuk syok
C. Mendinginkan luka bakar dengan air dingin
D. Melepaskan pakaian yang menempel pada luka
E. Menutup luka bakar dengan kassa steril atau bersih yang kering dan tidak lengket

Jawaban: C

3. Seorang pria dengan usia 35 tahun dirawat di ruang penyakit dalam dengan diagnosis keracunan baygon 2 jam yang lalu. Pasien kini terpasang NGT untuk mengeluarkan cairan lambung, pada saat pemasangan NGT pasien tampak mual dan ingin muntah.

Apa tindakan yang dilakukan perawat selanjutnya sesuai kasus di atas?

A. Mengeluarkan selang NGT
B. Menambahkan lidocain jelly
C. Menghentikan prosedur sementara
D. Menganjurkan klien untuk menelan
E. Menekan ujung NGT hingga masuk

Jawaban: C

4. Seorang pasien laki-laki berusia 30 tahun dirawat dengan keluhan sulit bernafas mendadak dan perasaan tercekik, kuku sianosis, warna kulit pucat, denyut nadi lemah cepat, dan distensi vena jugularis. Berdasarkan hasil pemeriksaan analisis gas darah didapatkan hasil pH 7.48, pCO2 30 mmHg, HCO3 21 mmHg.

Apa status asam-basa pasien di atas?

A. Alkalosis respiratorik terkompensasi sebagian
B. Alkalosis metabolic dengan kompensasi asidosis repiratorik
C. Asidosis repiratorik dengan kompensasi alkalosis metabolic
D. Asidosis metabolic dengan kompensasi alkalosis repiratorik
E. Asidosis metabolic tanpa kompensasi

Jawaban: A

5. Pasien umur 35 tahun dirawat dengan keluhan sempat mengalami kejang, nadi lemah cepat, hipotensi dan pusing, hasil pemeriksaan laboratorium menunjukkan kadar natrium dalam serum 165 mEq/L dan kadar natrium dalam urin 225 mEq/24 jam, dan diketahui pasien memiliki riwayat penyakit diabetes dan banyak melakukan aktivitas olahraga yang berlebihan untuk menurunkan berta badan.

Kelainan apa yang terjadi pada pasien ?

A. Hipernatremia
B. Hiponatremia
C. Hipokalemia
D. Hipoalbuminuria
E. Hiperkalsemia

Jawaban: A

6. Perempuan usia 60 tahun dirawat diruang perawatan kardiovaskuler dengan diagnose IMA, pasien mengeluh nyeri dada disebelah kiri menjalar ke lengan kiri sejak satu jam yang lalu dengan skala nyeri 7. Selain itu keluhan pasien disertai sesak nafas, bertambah berat dengan aktivitas dan berkurang dengan istirahat. Menurut hasil pemeriksaan fisik didapatkan TD 100/80 mmHg, Nadi 96 x/menit, RR 32 x/menit.

Apakah diagnose keperawatan utama pada pasien?

A. Penurunan curah jantung berhubungan dengan penurunan karakteristik miokard
B. Gangguan pertukaran gas berhubungan dengan gangguan aliran darah ke alveoli
C. Nyeri akut berhubungan dengan iskemia jaringan sekunder terhadap sumbatan arteri
D. Gangguan perfusi jaringan berhubungan dengan penyempitan pembuluh darah arteri koronaria
E. Intoleransi aktifitas berhubungan dengan ketidakseimbangan suplai oksigenmiokard dan kebutuhan

Jawaban : C

7. Seorang pria usia 35 tahun dirawat dengan keluhan luka pada telapak kaki kiri tidak sembuh-sembuh. Sebelumnya sekitar 3 bulan, pasien menginjak paku yang kemudian lukanya bertambah lebar, bernanah warna kuning kehijauan dan keluar bau. Selama 1 tahun terakhir, pasien mengatakan jika sering makan, sering merasa haus dan sering buang air kecil (BAK). Menurut pemeriksaan fisik didapatkan luka berukuran 4 cm x 3 cm dengan kedalaman 1 cm, bernanah dan berbau. GDS 215 mg/dL, suhu 380C, lalu leukosit 25000 gr %.

Apa masalah yang muncul jika luka tidak sembuh pada pasien di atas?

A. Leukositosis
B. Hiperglikemia
C. Hipertermia
D. Bengkak pada kaki yang terkena
E. Amputasi pada kaki

Jawaban: C

8. Seorang pria usia 37 tahun dirawat di ruang penyakit dalam dengan keracunan obat nyamuk 2 jam yang lalu. Pasien kini terpasang NGT untuk mengeluarkan cairan lambung, pada saat pemasangan NGT pasien tampak mual dan ingin muntah.

Apa tindakan yang dilakukan perawat selanjutnya sesuai kasus diatas?

A. Mengeluarkan selang
B. Menambahkan lidocain jelly
C. Menghentikan prosedur sementara
D. Menganjurkan klien untuk menelan
E. Menekan pangkal NGT hingga masuk

Jawaban: C

9. Seorang pria usia 43 tahun dirawat dengan keluhan tersengat listrik 2 hari yang lalu saat ingin memasang teralis plafon rumah, luka bakar pada telapak tangan sampai ke lengan kanan, kaki kanan sampai alat vital klien.

Berapa persenkah luas luka bakar pada klien erdasarkan rumus nine of rule ?

A. 27 persen
B. 28 persen
C. 42 persen
D. 31 persen
E. 23 persen

Jawaban: B

10. Seorang driver Gojek usia 21 tahun dirawat diruang perawatan bedah dengan keluhan nyeri pinggang pasca mengalami kecelakaan 2 minggu yang lalu. Nyeri dirasakan semakin memberat saat berubah posisi ke duduk dan menjalar hingga ke lutut. Skala nyeri 5. Dari hasil pengkajian secara umum didapatkan pasien sering mengalami kesemutan pada tungkai, kekuatan otot menurun, RR 30x/menit, TD 140/90 mmHg, Frekeunsi nafas 20 x/menit. Pasien juga mengalami gangguan BAB dan BAK.

Apa masalah keperawatan prioritas pada kasus pasien tersebut?

A. Pola nafas tidak efektif
B. Nyeri akut
C. Hambatan mobilitas fisik
D. Wasir
E. Ambeien

Jawaban: B

11. Seorang pria usia 71 tahun dirawat diruang penyakit dalam dengan keluhan batuk dan sesak yang semakin memberat semenjak 1 minggu terakhir. Pada anamnesa didapatkan riwayat perokok, dan didiagnosa PPOK sejak 5 tahun lalu. Pemeriksaan fisik didapatkan tekanan darah 150/90 mmHg, nadi 88 x/menit, frekuensi nafas 32 x/menit, serta edema tungkai.

Data mana yang menunjukkan pasien mengalami Cor Pulmonale?

A. Tekanan darah
B. Edema tungkai
C. Frekuensi nafas
D. Batuk produktif
E. Frekuensi nadi

Jawaban: B

Kesimpulan

Demikianlah beberapa contoh soal PPPK Perawat dan kunci jawaban yang dapat kodebpjs.com sajikan. Semoga dengan adanya informasi contoh soal P3K Perawat di atas bisa bermanfaat untuk Anda semua, terutama bagi Anda yang ingin menjalani tes seleksi PNS.

Sumber Gambar : jurnalmedan.pikiran-rakyat.com