Gaji Perawat S1 di Jakarta, Yogyakarta Terlengkap 2023

Gaji Perawat S1 – Perawat merupakan salah satu profesi tenaga medis yang banyak diminati orang-orang. Di Indonesia sekarang banyak SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) yang menyediakan jurusan Keperawatan.

Di jenjang pendidikan selanjutnya, orang-orang juga bisa memilih Universitas yang menyediakan jurusan Keperawatan. Disamping itu, kuliah di Jurusan Keperawatan biasanya tersedia pilihan untuk S1 atau hanya sampai D3.

Mungkin disini banyak dari kalian yang menjadi lulusan S1 jurusan Keperawatan dan berniat mendaftar pekerjaan sebagai Perawat di salah satu Rumah Sakit di Indonesia. Jika demikian, kami punya informasi penting mengenai gaji atau upah Perawat S1 di Indonesia.

Jadi untuk para lulusan S Keperawatan dan berhasil bekerja di Rumah Sakit Indonesia nantinya bakal menerima upah sesuai standar gaji yang berlaku. Selain itu, pemberian gaji juga ditentukan dari Faskes yang mempekerjakan Perawat tersebut. Supaya lebih jelas, berikut telah kami siapkan informasi selengkapnya.

Citayam

Gaji Perawat S1

Gaji Perawat S1

Dalam Dunia Medis, Perawat memiliki peran cukup penting untuk melayani pasien serta membantu para Dokter yang bertugas. Seperti  hal nya Dokter, setiap Perawat di Indonesia wajib tahu serta memahami Kode Etik Perawat sebagai acuan dalam menjalankan tugas.

Sementara itu, untuk lokasi bertugas Perawat di Indonesia terbagi menjadi beberapa pilihan, antara lain sebagai Perawat di Klinik, Perawat di Puskesmas, Perawat di Rumah Sakit, Perawat Gawat Darurat hingga Perawat Home Care.

Tempat dimana Perawat itu bertugas menentukan besaran upah atau gaji yang diperoleh setiap bulan. Ya, sesuai janji diatas bahwa pada pembahasan kali ini tim Kodebpjs.com punya informasi khusus mengenai besaran upah Perawat di Indonesia.

Selain lokasi bertugas, jenjang pendidikan juga menjadi faktor penting mengenai besar kecil nya gaji yang diterima. Untuk Perawat yang memiliki jenjang pendidikan S1 Fakultas Keperawatan, mereka akan menerima upah yang lebih besar dibandingkan gaji Perawat D3 dan SMK.

Persyaratan hingga tata cara menjadi Perawat yang Profesional pastinya sudah kalian terima ketika duduk di bangku Kuliah. Para Dosen juga pastinya sudah menjelaskan apa saja tugas dan kewajiban seorang Perawat, apa itu STR, apa itu SIPP hingga memberikan kisi-kisi soal tes Ujian seleksi Perawat di Indonesia.

Kembali lagi ke urusan gaji, berikut adalah beberapa upah yang akan diterima seorang Perawat lulusan S1 yang bekerja di Rumah Sakit, Puskesmas, Klinik, Unit Gawat Darurat dan di rumah pasien Perawat Home Care :

1. Perawat Klinik

Pertama, jika kalian merupakan S1 Keperawatan dan ingin mendaftar sebagai Perawat di Klinik, maka upah yang dijanjikan bekisar 2,5 sampai 7 juta rupiah per bulan. Besaran upah tersebut nantinya menyesuaikan kualitas kinerja Perawat dan Dokumen pendukung yang dimiliki. Namun ketentuan gaji tersebut hanya berlaku untuk Perawat Klinik di wilayah Jawa Timur, Jawa Tengah dan Jawa Barat.

Untuk gaji Perawat Klinik di wilayah Jakarta, Sumatera, Kalimantan, Bali dan lain sebagainya mungkin berbeda. Pemberian upah untuk Perawat Klinik memang menyesuaikan ketentuan UMK di wilayah Klinik tersebut. Akan tetapi, setiap Perawat S1 yang bertugas di Klinik tetap akan menerima tunjangan berupa uang transport, uang makan dan lain sebagainya.

2. Perawat Puskesmas

Selanjutnya untuk Perawat S1 yang bekerja di Puskesmas, gaji per bulan yang dijanjikan antara 2,4 sampai 4  juta rupiah. Kenapa lebih kecil dari Perawat Klinik? Sebab, di Puskesmas biasanya memiliki setidaknya 5 Perawat, bahkan bisa lebih.

Dengan begitu, pihak Puskesmas bisa menerapkan jadwal kerja Shift Perawat sehingga tugas yang dibebankan tidak terlalu berat. Sementara itu, para Perawat di Puskesmas nantinya juga akan menerima tunjangan makan, biaya untuk kegiatan operasional kesehatan, perjalanan dinas, insentif dan lain sebagainya.

3. Perawat Rumah Sakit

Sedangkan untuk Perawat S1 yang tugas di Rumah Sakit Swasta maupun Rumah Sakit milik Pemerintah akan menerima gaji antara 2,5 sampai 10 juta rupiah per bulan. Selain dilihat dari latar belakang pendidikan, gaji Perawat di Rumah Sakit juga ditentukan dari sertifikat keahlian yang dimiliki.

Misal, Perawat S1 sudah memiliki sertifikat Anestesi maupun spesialis lainnya, maka gaji yang diberikan tentu akan lebih besar. Selain gaji pokok, Perawat di Rumah Sakit juga akan menerima tunjangan sesuai standar gaji Perawat S1 Ners.

4. Perawat Gawat Darurat

Untuk kalian yang berhasil lulus S1 Keperawatan dan memiliki sertifikat khusus seperti BTCLS (Basic Trauma Cardiac Life Support), GELS (General Emergency Life Support), ACLS (Advanced Cardia Life Support), PPGDON (Pelatihan Penanganan Gawat Darurat Obstetri dan Neonatal) dan lain sebagainya bisa mendaftar sebagai Perawat di Unit Gawat Darurat.

Tugas seorang Perawat Gawat Darurat jelas berbeda dengan Perawat umum, disini kalian akan mengemban tugas yang lebih berat, karena menangani pasien dalam kondisi Gawat Darurat. Oleh karena itu, gaji pokok Perawat Gawat Darurat bisa mencapai 7 juta rupiah, belum ditambah dengan tunjangan dimana total gaji per bulan bisa sampai 13 juta rupiah.

5. Perawat Home Care

Terakhir, selain bertugas di Fasilitas Kesehatan seperti Klinik, Puskesmas dan Rumah Sakit Swasta maupun Pemerintah, Perawat juga bisa ditugaskan di rumah pasien, profesi ini disebut  sebagai Perawat Home Care.

Para Perawat ini bisa ditugaskan untuk melayani pasien Balita, Anak-anak, Remaja, Lansia hingga pasien berkebutuhan khusus yang perlu perawatan medis secara ekstra di rumah. Perawat Home Care di Indonesia bakal di gaji antara 5 sampai 10 juta per bulan dari Pemerintah,  belum lagi tunjangan makan, tunjangan transport dan lain sebagainya.

Bahkan tidak menutup kemungkinan, dari pihak Keluarga yang menggunakan jasa Perawat Home Care bakal memberikan bonus secara pribadi pada Perawat. Bagaimana, tertarik untuk menjadi Perawat Home Care?

KESIMPULAN

Itu dia informasi dari Kodebpjs.com mengenai gaji Perawat S1 di Rumah Sakit Swasta, Rumah Sakit milik Pemerintah, Unit Gawat Darurat, Puskesmas, Klinik hingga Perawat rumah (Home Care). Dalam memberikan gaji pada setiap Perawat S1, pihak Faskes mengacu pada standar gaji yang berlaku.

Meskipun gaji Perawat S1 tidak sebesar gaji para Dokter atau tenaga medis lainnya, tetap saja profesi ini banyak diminati orang. Mungkin tidak sedikit dari mereka yang kurang tertarik dengan gaji bulanan seorang Perawat, melainkan terketuk hati nya untuk membantu sesama dalam Dunia Medis.

sumber gambar :

  • pintarjualan.id
  • kumparan.com