Gaji Asisten Apoteker & Tunjangan Per Bulan 2023

Gaji Asisten Apoteker – Di dunia pendidikan ada banyak jurusan yang bisa diambil, salah satunya adalah farmasi. Farmasi ialah ilmu yang mempelajari tentang obat-obatan, tidak heran seorang lulusan jurusan farmasi memiliki peluang kerja yang cukup besar di sebuah apotek baik menjadi apoteker, asisten apoteker, dan tenaga teknisi kefarmasian.

Selain itu penawaran gaji yang dikenal cukup besar juga menjadi faktor mengapa lulusan farmasi ingin menjadi apoteker atau asisten apoteker. Jika pada pembahasan sebelum kami sudah pernah bahas mengenai gaji apoteker di apotek, rumah sakit, dan puskesmas. Tentu banyak dari Anda penasaran akan besaran gaji asisten apoteker.

Dengan berada di artikel ini maka Anda berada dipilihan yang tepat, mengapa begitu? Hal itu dikarenakan pada pembahasan kali ini kami akan sampaikan informasi mengenai gaji, pendapatan atau uang yang diterima oleh seorang yang berprofesi sebagai asisten apoteker.

Sebenarnya gaji asisten apoteker pada umumnya akan berbeda-beda satu sama lain tergantung dengan pengalaman kerja dan juga pendidikan atau lulusan terakhir. Namun untuk bisa menjadi seorang asisten apoteker minimal Anda perlu menempuh pendidikan SMK jurusan farmasi.

Citayam

Gaji Asisten Apoteker

Tugas Asisten Apoteker

Namun sebelum lanjut ke pembahasan mengenai gaji per bulan yang diterima oleh seorang asisten apoteker, alangkah baiknya Anda mengetahui dahulu apa saja. Secara umum, ada beberapa tugas yang nantinya harus dikerjakan dan menjadi tanggung jawab asisten apoteker.

Seperti tugas utama asisten apoteker umumnya adalah membantu apoteker dalam melayani pasien sesuai dengan kebijakan kefarmasiaan. Lalu untuk tugas pokok asisten apoteker yaitu melaksanakan penyiapan pekerjaan kefarmasian.

Di mana meliputi penyiapan rencana kerja kefarmasian, penyiapan pengelolaan perbekalan farmasi, dan penyiapan pelayanan farmasi klinik. Selain itu, tugas apoteker juga terbagi atas tingkatannya seperti yang dimuat pada pasal 8 di jurnal simpadupakfarmasi.kemkes.go.id, lihat di bawah ini:

1. Asisten Apoteker Pelaksana Pemula

Pada tingkatan ini asisten apoteker akan memiliki tugas siapkan ruangan dan peralatan di apotik, melakukan distribusi perbekalan farmasi, menyiapkan dan menyimpan alat untuk sterilisasi sentral. Nantinya jenjang jabatan fungsional berpangkat Pengatur Muda, golongan ruang II/a.

2. Asisten Apoteker Pelaksana

Lalu pada tingkatan asisten apoteker pelaksana akan bertugas kumpulkan bahan dan sumber acuan pelaksanaan tugas untuk mempersiapkan rencana kefarmasian, pengukuran bahan baku non steril, terlibat menyediakan alat dan ruangan untuk persiapkan produksi steril.

Selain itu juga bertugas juga dalam perhitungan harga obat, dan seleksi persyaratan administrasi resep. Kemudian untuk jenjang jabatan fungsional berpangkat Pengatur Muda Tingkat I, golongan ruang II/b; Pengatur, golongan ruang II/c; dan Pengatur Tingkat I, golongan ruang II/d.

3. Asisten Apoteker Pelaksana Lanjutan

Untuk tugas asisten apoteker pelakasana lanjutan mulai dari mengatur kegiatan kefarmasian, melakukan pemilihan dan rekapitulasi pembekalan farmasi, terlibat dalam produksi farmasi non steril dalam bagian etiket dan mengemas obat.

Bahkan pada tingkatan ini asisten apoteker juga memiliki tugas mempersiapkan obat berdasarkan resep, membuang limbah obat-obatan, dan menyusun laporan kegiatan farmasi klinik. Terkait jenjang jabatan fungsional berpangkat Penata Muda, golongan ruang III/a; dan Penata Muda Tingkat I, golongan ruang III/b.

4. Asisten Apoteker Penyelia

Terakhir asisten apoteker dengan tingkatan penyelia yang bertugas mengemas obat dan memberikan etiket, melaksanakan penghapusan perbekalan farmasi, membuat rincian pemakaian dan biaya dispensing obat dosis unit.

Tidak lupa juga bertugas untuk menyiapkan ketersediaan sitostatika dan intravena. Lalu untuk jenjang jabatan fungsional berpangkat Penata, golongan ruang III/c; dan Penata Tingkat I, golongan ruang III/d.

Gaji Asisten Apoteker

Jika sudah berhasil tahu tugas asisten apoteker, maka selanjutnya Anda tinggal mengetahui besaran gaji yang didapatnya. Dari informasi yang kami dapat, seorang asisten apoteker akan mendapat gaji berkisar Rp 2.084.545 – Rp7.670.858.

Namun untuk asisten apoteker pemula pada bulan awal bekerja hanya akan mendapatkan bersih sebesar kisaran Rp 2.084.545 – Rp 3.795.509. Namun jika sudah bekerja selama 5 tahun akan mendapatkan sebesar Rp 2.112.978 – Rp 4.514.593 per bulan dengan kerja selama 40 jam / minggu.

Selain itu, pendidikan juga akan berpengaruh terhadap besaran bayaran seorang asisten apoteker. Seperti misalnya gaji asisten apoteker lulusan SMK, S1 dan D3 akan berbeda. Selain itu tempat kerja juga berpengaruh urusan gaji asisten apoteker, misal di rumah sakit, apotek kecil, klinik kecantikan akan ada perbedaan.

Adapun asisten apoteker yang memilki jabatan karier yang hanya dapat diduduki oleh seseorang yang telah berstatus sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS). Seperti sudah dijelaskan pada golongan di atas, berarti gaji yang diterima oleh asisten apoteker PNS berkisar mulai:

Golongan II (lulusan SMA & D-III)

  • Golongan IIA : Rp 2.022.200 – Rp 3.373.600
  • Golongan IIB : Rp 2.208.400 – Rp 3.516.300
  • Golongan IIC : Rp 2.301.800 – Rp 3.665.000
  • Golongan IID : Rp 2.399.200 – Rp 3.820.000

Golongan III (lulusan S1 – S3)

  • Golongan IIIA : Rp 2.579.400 – Rp 4.236.400
  • Golongan IIIB : Rp 2.688.500 – Rp 4.415.600

Selain itu, gaji di atas akan bertambah dengan tunjangan-tunjangan yang didapat per bulannya. Untuk tunjangan sendiri umum layaknya apoteker atau tenaga medis lain seperti misalnya tunjangan kerja, lembur, THR, uang makan, transportasi dan lainnya.

Kesimpulan

Namun kembali lagi, gaji asisten apoteker di setiap daerah tidak selalu sama dan bahkan ada perbedaan satu sama lain. Jadi bisa saja bayaran yang didapat asisten apoteker bisa saja lebih besar atau lebih kecil di setiap wilayah tempat kerja.

Mungkin itu saja yang dapat kodebpjs.com sajikan mengenai gaji per bulan asisten apoteker. Semoga dengan adanya pembahasan di atas seputar gaji di atas bisa bermanfaat untuk semua yang membutuhkan. Terutama bagi Anda yang penasaran bayaran saat menjadi asisten apoteker.

Sumber Gambar : training-sdm.com